Hal-hal yang harus diperhatikan Sebelum Membeli iPhone Bekas

  • Whatsapp
Hal-hal yang harus diperhatikan Sebelum Membeli iPhone Bekas

recode.ID –  Harga baru iPhone yang relatif mahal, membuat sebagian pengguna memutuskan untuk membeli iPhone bekas dengan harga masih relatif terjangkau.

Meski ini merupakan alternatif yang cukup baik, namun ada beberapa hal yang harus kalian pertimbangkan ketika ingin membeli smartphone bekas besutan Apple tersebut.

Bacaan Lainnya




Ada beberapa faktor yang jadi pertimbangan yang sebaiknya kalian perhatikan, misal apakah ada kerusakan di bagian dalam, iPhone tersebut apakah curian, tidak original dari Apple, atau bahkan bisa jadi itu adalah smartphone replika yang kini sudah semakin marak.

Berkaitan dengan hal tersebut, kali ini redaksi recode.ID akan memberikan pengetahuan dan tips untuk Anda yang mungkin saat ini sedang mencari referensi informasi terkait iPhone bekas.

Tips Membeli iPhone Bekas

Berikut ini adalah beberapa tips serta hal-hal yang sebaiknya Anda pahami lebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli iPhone second.

  • Jangan Beli iPhone 5 atau Versi dibawahnya

Saat ini, seri ponsel iPhone sudah berada di generasi ke12. Itu artinya untuk versi 2 dan kebawah sudah termasuk ponsel jadul meski itu buatan Apple.

Selain sudah termasuk ponsel jadul, untuk spesifikasi yang diusungnya juga sudah kuno. Misalnya saja versi 5 dan dibawahnya tidak mendukung layanan 4G untuk keperluan komunikasi dan internet.

Baca Juga :  Self Destruct Chat Telegram, Pengertian dan Cara Pakai

Jadi, usahakan untuk mencari iPhone bekas dengan versi yang sedikit lebih baru terutama yang sudah mendukung jaringan 4G.

  • Pastikan Itu Bukan Iphone Curian

Berikutnya, ketika ingin membeli perangkat iPhone bekas Anda pastikan bahwa barang tersebut bukanlah barang yang bermasalah atau hasil curian.

Bagaimana memastikannya, caranya cukup sederhana. Untuk iPhone hasil curian biasanya dijual tidak dilengkapi dengan Dus Box, alias di jual batangan saja.

Jika orang yang menjual tersebut bukanlah orang yang anda kenal baik, sebaiknya berhati-hati. Cara kedua untuk memastikan bahwa itu bukan iPhone curian atau tidak adalah dengan mengeceknya secara online dengan cara:

  1. Masuklah ke menu Settings General > About;
  2. Lalu Anda cek nomor IMEI yang tertera pada perangkat tersebut ;
  3. Lalu, silahkan akses situs Stolen Phone Checker;
  4. Masukkan nomor IMEI yang Anda dapat tadi ke kolom yang tersedia;
  5. Nantinya akan muncul keterangan apakah iPhone tersebut dilaporkan hilang, dicuri, atau aman-aman saja.

Jika iPhone tersebut menamiplkan keterangan yang bermasalah, sebaiknya urungkan niat Anda untuk membelinya.

  • Pastikan iPhone Tersebut Normal

Selanjutnya, sebelum membeli iPhone bekas yang harus Anda perhatikan adalah kondisi dari perangkat itu sendiri, apakah masih dalam kondisi bagus atau mungkin sudah ada kerusakan atau cacat.

Baca Juga :  Beberapa Penyebab Kenapa Filter Instagram Tidak Mau Muncul

Cek pada bagian bodi ponsel dan juga layar apakah ada lecet atau retak. Cek juga aksesrosinya, charger dan earphone.

Pastikan semua menu dan fitur berfungsi normal, terutama ada bagian kamera dengan cara:

  • Cek Layar: masuklah ke Notes atau Settings, pastikan layar benar-benar putih. Jika ada sedikit rona pink atau warna lainnya, berarti ada yang tidak beres. Pastikan pula touchscreen berfungsi dengan smooth;
  • Cek Port: coba semua port yang ada. Pastikan headphone dan tempat charging berfungsi dengan baik. Tak ada salahnya mencoba dengan lebih dari satu kabel;
  • Cek Kamera: coba semua bagian dan fitur kamera yang ada. Jika memungkinkan, bandingkan kualitasnya dengan kamera HP lain yang sepadan. Pastikan pula tidak ada goresan pada lensa;
  • Cek Tombol: home button, tombol kunci, dan volume harus kamu coba, apalagi untuk iPhone yang dilengkapi dengan Touch ID;
  • Cek Speaker dan mikrofon: Anda bisa mengetesnya menggunakan bantuan aplikasi Voice Memo dan Siri.
  • Cek Dahulu Activation Lock

Ini masih berkaitan dengan poin ketiga di atas, mengenai apakah perangkat tersebut aman atau perangkat yang bermasalah.

Pada fitur activation lock ini akan secara aktif dengan otomatis ketika pengguna memakai fitur Find My iPhone.

Baca Juga :  Aplikasi Share It Tidak Bisa Mengirim File/Data, Ini Solusinya

Jadi, jika ponsel iPhone yang anda beli dalam kondisi activation lock dan penjual tak bisa mematikannya, maka bisa jadi ini adalah barang yang bermasalah.

  • Cek Bagian Baterari dan Memori

Terakhir hal yang harus kalian pertimbangkan ketika ingin membeli iPhone bekas adalah untuk mengecek lebih dahulu kondisi daya baterai ponsel tersebut.

Silahkan di cek apakah daya tahan baterai bisa bertahan cukup baik atau justru cepat nge-drop. Bagaimana caranya? silahkan masuk ke menu Settings > Battery > lalu Battery Health.

Perhaitkan pada bagian menu Maximum Capacity yang tertera pada layar. Apabila menunjukan angka yang semakin mendekati angka 100 persen, semakin baik kualitas dan maish normal betarainya.

Sedangkan untuk bagian memorinya, pastikan bahwa perangkat tersebut memiliki memori internal yang cukup.

Karena iPhone tidak dilengkapi dengan slot eksternal memori, jadi bagian ini juga harus mendapat perhatian. Usahakan unttk memilih iPhone bekas dengan memori internal diatas 32GB.

Demikian informasi mengenai beberapa hal yang harus diperhatikan dan juga tips untuk mengetahui kondisi sebuah perangkat iPhone sebelum Anda untuk memutuskan membeli sebuah perangkat iPhone bekas tersebut.

Semoga bermanfaat.

Editor   : Andra
Penulis : Firdhia Azzahra

Pos terkait