Zoom Rilis Fitur Baru Bernama Focus Mode, Ini Gunanya

Begini Cara Merekam Zoom Meeting Dengan Mudah

recode.ID – Platform meeting online paling populer saat ini, Zoom dikabarkan baru saja merilis fitur baru pada layanan mereka. Fitur bernama Focus Mode tersebut, di jelaskan oleh pihak Zoom sangat berguna untuk membantu pelajar saat PJJ (pembelajaran jarak jauh).

Seperti kita ketahui bersama, wabah pandemi covid-19 yang masih melanda diseluruh dunia termasuk di Indonesia membuat sekolah banyak melakukan pembelajaran dengan sistem daring dengan media Zoom.

Hal inilah yang membuat pihak Zoom berusaha untuk memaksimalkan layanan mereka dengan merilis fitur baru tersebut.

Menurut penjelasan dari pihak Zoom, fitur baru bernama focus mode tersebut dirancang secara khusus untuk menjaga agar para siswa tidak saling mengganggu satu sama lainpada  saat belajar di ruang kelas virtual.

Zoom Rilis Fitur Baru Bernama Focus Mode, Ini Gunanya

Seperti yang redaksi recode.ID lansir dari laman Ubergizmo, dengan adanya fitur Focus Mode di Zoom ini memungkinkan para guru atau pematei untuk dapat melihat semua siswa, akan tetapi setiap siswa hanya dapat melihat sang guru saja saat kelas virtual.

Sehingga nantinya, sesama pelajar atau peserta Zoom tidak akan bisa melihat satu sama lain di layar mereka dan hanya ada akun guru atau pemateri yang bisa dilihat.

Diaharapkan dengan adanya fitur baru di Zoom ini selama proses pembelajaran secara daring ataupun sejenisnya bisa meminimalisir gangguan saat kelas virtual berlangsung, sehingga peserta bisa lebih fokus kepada guru atau pemateri.

Ketika fitur ini diaktifkan, selain hanya bisa melihat guru atau pemateri, murid atau peserta Zoom hanya akan bisa melihat video mereka sendiri dan slide presentasi dari shared screen yang berlangsung selama kelas virtual.

Jika pembelajaran sudah selasai dan fitur ini di nonaktifkan, para siswa atau peserta Zoom yang tergabung dalam kelas virtual dapat melihat semua siswa lainnya dan reaksi mereka seperti biasanya.

Untuk bisa menggunakan fitur ini, akun yang bertindak sebagai host atau pemateri sangat disarankan untuk mengupdate aplikasi Zoom PC yang mereka gunakan.

Fitur ini bisa digunakn untuk semua tipe akun Zoom baik yang gratis maupun yang berbayar.

Penulis: Firdhia Azzahra
Editor: Andra

Pos terkait