Terapkan Langkah Ini, Agar Akun WhatsApp Aman Dari Hacker

Terapkan Langkah Ini, Agar Akun WhatsApp Aman Dari Hacker

recode.ID – Agar akun whatsapp aman dari hacker, beberapa langkah pencegahan dan tips khusus berikut ini bisa kalian terapkan supaya terhindar dari aksi peretasan yang saat ini makin marak terjadi.

Pasalnya, sebagai salah satu aplikasi berkirim pesan paling populer saat ini, wajar jika platform whatsapp ini menjadi incaran para penjahat dunia maya untuk mengambil alih akun.

Bacaan Lainnya

Sudah banyak berita dan informasi mengenai kasus peretasan akun whatsapp para petinggi dan pesohor dunia. Kerana itu, menjaga akun whatsapp kita tetapa aman dari upaya peretasan merupakan langkah preventif yang paling tepat agar data pribadi kalian tidak bocor ke tangan yang tidak bertanggung jawab.

Guna menjamin akun kalian aman dari serangan hacker, berikut ini adalah beberapa langkah yang harus kalian terapkan yang sudah redaksi rangkum dari laman resmi WhatsApp itu sendiri.

Baca Juga :  Yuk Cari Tahu, Siapa Saja yang Sering Mengintip Profil Facebook Kita

Agar Akun WhatsApp Aman Dari Hacker

Berikut adalah lima tips mudah yang di sarankan oleh pihak WhatsApp untuk melindungi akun WA milik pengguna:

  • Lakukan Verifikasi Dua Langkah

Fitur Verifikasi Dua Langkah ini akan memberikan keamanan tambahan, dimana pengguna diharuskan untuk memasukkan PIN enam digit saat mengatur ulang dan memverifikasi akun WhatsApp kamu.

Dengan adanya fitur ini, berguna untuk mencegah oknum tak bertanggung jawab untuk mengakses akun WhatsApp kamu apabila kartu SIM kamu dicuri atau nomor kamu rusak.

Jadi, ketika ada orang lain yang berusaha masuk akun WA kamu dari perangkat baru, akun WA kalian tidak akan bisa terbuka karena di lindungi oleh fitur ini.

Untuk mengatur fitur Verifikasi Dua Langkah juga sangat mudah, kalian bisa menemukan fitur ini tab ‘Akun’ dalam pengaturan WhatsApp.

  • Privasikan Profil WA Kalian

Sebagai pengguna, kalian memiliki kewenangan untuk mengontrol informasi apa saja yang boleh dibagikan dengan orang lain dalam profil pribadi kamu di layanan WhatsApp.

Baca Juga :  Awas Jangan Di Buka. Pesan Di WhatsApp Ini Bisa Bikin Smartphone Hang

Pihak WhatsApp sendiri sudah menyediakan fitur yang memungkinkan pengguna untuk memutuskan dengan siapa ingin membagikan informasi profil kamu.

Apakah profil kamu bisa diliat semua orang, daftar kontak kamu, atau tidak ke siapa-siapa.

Fitur terkait privasi profil kalian seperti Terakhir Dilihat (Last Seen), Foto Profil, Tentang (About) dan Status bisa kalian temukan dalam menu pengaturan privasi di WhatsApp kalian.

  • Pengaturan Privasi Grup

Kalian juga harus lebih berhati hati ketika ada orang lain yang memasukan akun kalian ke grup WA yang belum jelas.

Dengan Pengaturan Privasi Grup  ini memungkinkan pengguna untuk mengontrol siapa saja yang dapat menambahkan kamu ke dalam grup WhatsApp.

Dengan demikian, sebagai pengguna kalian dapat memilih obrolan dari grup mana yang diinginkan untuk menjadi bagian dari grup WA kalian.

Untuk memanfaatkan fitur ini, silahkan buka menu Setelan/Pengaturan dalam aplikasi, lalu ketuk Akun > Privasi > Grup dan pilih salah satu dari ketiga opsi berikut: “Kontak Saya Kecuali”, “Kontak Saya”, atau “Semua Orang”.

Disarankan untuk memilih opsi “kontak saya”, dimana opsi ini berarti hanya pengguna yang tercantum di buku alamat kamu yang dapat menambahkan kamu ke grup.

  • Aktifkan Fitur Touch ID atau Face ID

Berikutya agar akun whatsapp aman dari hacker, sebaiknya juga mengaktifkan fitur Touch ID atau Face ID jika perangkat kalian sudah mendukung fitur ini.

  • Selalu Perbaharui Aplikasi

Langkah pencegahan terakhir dari upaya peretasan yang bisa kalian terapkan adalah dengan senantiasa memperbaharui aplikasi WA milik kalian.

Baca Juga :  Google Search Engine Akan Error Ketika Anda Mengetikan Kata the1975..com

Dengan selalu menggunakan aplikasi yang terupdate bisa menjamin bug atau celah pada aplikasi sebelumnya di patch pada versi terbaru.

Selain menerapkan beberapa langkah diatas, agar akun whatsapp kamu aman dari serangan hacker juga harus lebih waspada terhadap kiriman pesan yang berisi tautan yang tidak jelas. Jangan sekali-kali mengklik tautan atau link yang belum jelas.

Selain itu, untuk menjaga peragkat tetap aman, pastikan untuk selalu mengupdate sistem operasi perangkat kalian, serta jangan sembarang menginstall aplikasi yang bukan dari market aplikasi resmi.

Demikan beberapa langkah atau tips yang bisa kalian terapkan, agar akun whatsapp aman dari hacker. Selamat mencoba.

(azzahra)

 

Pos terkait