Ratusan Akun Twitter Pesohor Dunia Jadi Korban Peretasan

  • Whatsapp
Ratusan Akun Twitter Pesohor Dunia Jadi Korban Peretasan

recode.ID – Apabila akun twitter milik pesohor dunia atau orang penting menjadi target peretasan, itu adalah hal yang lumrah. Tapi jika peretasan tersebut terjadi menargetkan dengan ratusan akun sekaligus, ini tentu menjadi hal yang luar biasa.

Dimana ada lebih dari 120 akun twitter milik orang-orang penting, seperti Bill Gates, Elon Musk, Jeff Bezos, Barack Obama dan sejumlah akun milik tokoh yang sudah terverifikasi menjadi korban kejahatan para penjahat dunia maya.

Bacaan Lainnya

Dalam askinya ketika peretas berhasil menguasai akun-akun para pesohor dunia tersebut, mereka membuat cuitan yang menjanjikan akan menggandakan uang siapa pun yang mengirim dana melalui Bitcoin dalam 30 menit.

Baca Juga :  Komplotan Peretas Asal Surabaya diamankan Polisi

Sebagaimana dikutip dari Tech Crunch, Kamis (16/7/2020), peretas diketahui berhasil menjaring ratusan BTC dari mereka yang terkecoh dan mengira itu adalah cuitan asli dari para pemilik akun.

screenshoot akun twitter Bill Gates yang diretas

Diduga, peretasan itu disebabkan oleh zero day vulnerability yang mengeksploitasi sistem untuk mendapatkan akses ke akun tersebut.

Sementara itu, terkiat aksi peretasan yang menimpa platform mereka, pihak Twitter kini tengah melakukan investigasi internal untuk mencari tahu sumber masasalahnya.

Kuat dugaan, aksi peretasan ini justru dilakukan oleh orang dalam perusahaan itu sendiri.

Perusahaan masih mencari tahu apakah karyawan Twitter sendiri yang membajak akun itu, atau apakah mereka memberi akses terhadap alat itu kepada para peretas.

Baca Juga :  Hari Pertama UNBK, Laman Website Kemdikbud Justru Di Jahili Hacker

“Kami mendeteksi apa yang diyakini sebagai serangan rekayasa sosial terkoordinasi oleh orang-orang yang berhasil menargetkan beberapa karyawan dengan akses ke sistem dan alat internal.” jelas juru bicara Twitter.

Setelah melakukan investigasi, yang saat ini masih berjalan, perusahaan menyatakan ada sekitar 130 akun yang menjadi target peretasan.

“Berdasarkan apa yang kami ketahui saat ini, sekitar 130 akun ditargetkan penyerang dalam beberapa cara sebagai bagian dari insiden ini. Untuk sebagian kecil dari akun-akun ini, penyerang dapat memperoleh kendali atas mereka dan kemudian mengirimkan twit darinya,” tutur perusahaan melalui akun Twitter Support (@TwitterSupport).

Menindaklanjuti atas aksi peretasan yang menyerang akun terverifikasi tersebut, pihak Twitter pun segera mengambil tindakan cepat dengan segera melakukan pembatasan sementara dari para akun yang terkena peretasan.

Baca Juga :  Retas Situs Bawaslu, Pemuda 18 Tahun Di Amankan Polisi

Akan tetapi, kabar terbaru menyebut jika perusahaan sudha mulai membuka pembatasan itu secara bertahap. Karenanya, sejumlah akun yang terdampak sudah diberikan kesempatan untuk mulai menuliskan twit lagi.

“Banyak akun yang sudah bisa mencuit lagi. Kami terus melanjutkan upaya penyelesaian, sehingga pembatasan sewaktu-waktu dapat muncul dan hilang lagi. Kami juga berupaya untuk mengembalikan kondisi normal secepatnya,” tulis akun Twitter Support.

(ikhsan)

Pos terkait