Apa Itu Kuota Aplikasi Telkomsel, Ini Penjelasannya

Internet Telkomsel Lemot, Lakukan Hal Ini Untuk Mengatasinya

recode.ID – Operator seluler Telkomsel, memiliki banyak jenis paket internet yang bisa dipilih oleh pengguna dan disesuaikan dengan kebutuhan, salah satunya adalah paket internet atau kuota aplikasi.

Meski jenis kuota ini sudah ada cukup lama, namun masih banyak pengguna yang masing belum tahu tentang apa itu kuota aplikasi Telkomsel.

Jika Anda termasuk salah satu pengguna yang tidak tahu dengan jenis paket internet yang satu ini, berikut akan redaksi berikan informasiĀ  tentang detail menganai paket ini.

Diharapkan, dengan mengetahui apa kegunaan atau fungsi dari jenis kuota Telkomsel yang satu ini bisa menjadikan Anda lebih paham dan tidak salah pilih dalam membeli paket internet dari operator telkomsel.

Apa Itu Kuota Aplikasi Telkomsel, Ini Penjelasannya

Cara Gift Kuota Internet Telkomsel, Mudah dan Cepat

Seperti yang redaksi kutip dari laman situs resmi Telkomsel, disebutkan jika kuota aplikasi Telkomsel adalah paket internet dari Telkomsel yang hanya bisa digunakan untuk mengakses aplikasi tertentu saja.

Biasanya jenis aplikasi yang terdaftar dalam paket ini adalah apliaksi chat, semisal WhatsApp, Line atau aplikasi media sosial seperti Instagram, Facebook ataupun TikTok.

Ada perbedaan mendasar antara jenis paket internet berupa kuota aplikasi dan paket internet kuota utama yang jarang diketahui pengguna.

Untuk kuota utama adalah jenis paket internet yang bisa digunakan untuk mengakses internet secara full tanpa dibatasi oleh aplikasi apapun. Misal untuk browsing, streaming, main game, medsos dan lain-lain.

Sementara untuk kuota aplikasi, hanya bisa digunakan untuk mengakses aplikasi yang terdaftar dalam paket tersebut.

Jadi misalnya, ketika Anda memiliki kuota aplikasi yang hanya bisa akses media sosial, ketika digunakan untuk membuka Youtube atau main game tentu saja tidak bisa karena bukan peruntukkannya.

Jenis Kuota Aplikasi Telkomsel

Setelah Anda memahami secara ringkas penjelasan dari redaksi mengenai apa itu kuota aplikasi Telkomsel diatas, sebagai informasi tambahan perlu juga Anda ketahui mengenai jenis-jenis kuota aplikasi ini.

Masih mengutip dari laman resmi Telkomsel, setidaknya ada dua macam jenis kuota aplikasi ini. Berikut detailnya.

  • Paket Combo SAKTI di bawah Rp100.000

Untuk yang pertama, paket kuota ini dikenal juga dengan nama combo sakti yang bisa dibeli oleh pengguna dengan harga dibawah Rp 100 ribu.

Untuk jenis paket ini hanya bisa digunakan untuk mengakses aplikasi WhatsApp, LINE, MusicMAX, GamesMAX, Facebook, Instagram, dan TikTok .

  • Paket Combo SAKTI di atas Rp100.000

Sementara untuk jenis paket yang kedua adalah paket combo sakti dnegan harga yang bisa dibeli diatas Rp 100 ribu. Jika pengguna membeli paket internet ini, bisa digunaan untuk akses aplikasi berikut WhatsApp, LINE, MusicMAX, GamesMAX, Facebook, Instagram, TikTok, MAXstream, dan Youtube.

Jika Paket Habis Apakah Masih Bisa Akes Aplikasi

Pertanyaan lain yang juga kerap ditanyakan oleh pengguna adalah terkait jumlah kuota yang didapat jika sudah habis apakah aplikasi yang masuk dalam daftar diatas masih bisa diakes.

Jawabannya adalah bisa, namun dengan beberapa ketentuan. Jika pengguna telah melewati kuota batas pemakaian wajar, maka kecepatan akan disesuaikan menjadi 64Kbps atau 128Kbps dan tetap bisa mengakses internet selama paket masih aktif.

Biasanya Anda akan mendapatkan SMS notifikasi bahwa batas pemakaian wajar akan habis ketika sisa 500MB saat periode batas pemakaian wajar berlaku. Jika paket sudah habis, maka kecepatan akan diturunkan seperti yang redaksi sebutkan diatas.

Demikian informasi dari redaksi mengenai apa itu kuota aplikasi Telkomsel, berserta informasi tambahan lainnya yang berkaitan dengan paket internet tersebut. Semoga informasi yang redaksi sampaikan pada artikel kali ini bermanfaat untuk Anda semuanya.

Penulis: Firdhia Azzahra
Editor: Andra

Pos terkait