Bug RCE di Smartphone Google Pixel di hargai Rp 14 M

recode.ID – Salah satu raksasa di industri teknologi, Google dikabarkan akan memberikan hadiah yang cukup fantantis bagi siapa saja yang berhasil menembus kemanan perangkat smartphone buatan mereka, yakni Google Pixel 3 dan Pixel 4.

Uang sebanyak 11 juta USD atau setara dengan Rp 14 Milliar bisa kalian bawa pulang jika menemukan bug dan mampu untuk mengeksploitasi bug tersebut.

Sebagai catatan, pihak Google siap memberikan bounty tersebut  apabila ada yang bisa melakukan serangan dengan cara remote code execution  atau RCE yang bisa memberikan akses berkesinambungan ke perangkat besutan Google, masing-masing di perangkat Google Pixel 3 atau Pixel 4.

Editors’ picks

Baca Juga :  $ 500.000 Bisa Anda Bawa Pulang Jika Berhasil Meretas WhatsApp

Program bug bounty yang diselenggarakan oleh google ini berfokus pada menguji kemampuan chip keamanan Titan M yang ditanamkan pada ponsel Google Pixel miliknya.

Seperti diketahui, Chip keamanan tersebut pertama kali dibenamkan dan digunakan oleh Google pada perangkat Pixel 3 yang dirilis tahun 2018 lalu.

Selanjutnya, Chip tersebut mendapat sejumlah pembaharuan dan kemudian diterapkan pada perangkat Google Pixel 4 yang baru-baru saja di rilis oleh Google.

Chip Titan M ini, di klaim oleh Google mampu menghadang upaya peretasan yang dilakukan terhadap perangkat ponsel Pixel 3 atau Pixel 4, seperti dengan mencegah loading malware serta mampu mengamankan informasi password pada perangkat.

Hadiah Rp 12 M Bagi Penemu Celah OS Android

Baca Juga :  Waspada, Pembaruan Software ASUS Disusupi Malware

Tak hanya hadiah bagi penemu celah RCE di perangkat Pixel, perusahaan yang bermarkas di Mountain View, California, Amerika Serikat tersebut juga siap memberikah hadiah hingga 1,5 juta dollar AS (Rp 21 miliar) untuk hacker yang bisa menemukan celah keamanan di OS Android versi developer preview.

Selain itu, pihak Google turut mengumumkan sejumlah kategori baru dalam Android Security Rewards Program yang telah digulirkan sejak tahun 2015 lalu.

Untuk besaran hadiahnya sendiri cukup variatin mulai 500.000 dollar AS atau sekitar Rp 7 miliar jutaan USD, sesuai bug yang ditemukan.

Sepanjang tahun 2019, pihak Google sudah menggelontorkan uang hadiah sebesar 1,5 juta dollar AS untuk program bug bounty yang mereka selenggrakan.

Baca Juga :  Protokol Keamanan WPA2 Berhasil Dibobol, Pengguna Wi-Fi Di minta Waspada

Sementara dalam kurun waktu empat tahun terakhir,  Google setidaknya telah merogoh kocek lebih dari 4 juta dollar AS untuk membiayai dan memberikan hadiah bagi penemu dan bug hunter dalam program tersebut.

Pihak Google diketahui memberikan rata-rata lebih dari 15.000 dollar AS (Rp 210 juta) untuk peretas yang berhasil membobol sistem keamanan dari produk-produk besutan mereka.

Jadi, bagaimana dengan kalian? Tertarik untuk mengikuti program Bug Bounty Google ini ?

(andra)

Topic:

Menarik Untuk Anda Baca: