Cara Hapus Aplikasi Bawaan Smartphone Android Tanpa Root

recode.ID – Bagi anda yang belum begitu paham dengan cara root smartphone Android, cara hapus aplikasi bawaan smartphone android berikut ini sangat di sarankan, karena lebih mudah dan tak beresiko merusak smartphone anda.

Untuk pengguna smartphone dengan basis sistem operasi Android, pasti kerap kali melihat sejumlah aplikasi yang terinstall di smartphone anda, yang anda sendiri tidak tahu apa kegunaan aplikasi tersebut.

Seperti kita tahu, ketika kita membeli smartphone baru, maka di dalam smartphone tersebut sudah terpasang atau terinstall beberapa aplikasi standar bawaan pabrikan dari smartphone tersebut, yang kita tak pernah menggunakan aplikasi tersebut.

Editors’ picks

Baca Juga :  Mau Pasang 2 Akun WhatsApp Dalam Satu HP ?, Coba 3 Cara Mudah Ini

Kendati demikian, sebagian besar aplikasi bawaan yang dinemakna dalam sistem operasi android memiliki peran yang cukup penting dalam menjalankan setiap perintah pada smartphone anda.

Oleh karenanya, Anda harus paham dan tak boleh sembarangan menonaktifkan atau menghapus aplikasi bawaan tersebut agar smartphone Anda tidak mengalami masalah nantinya.

Namun ada juga beberapa tipe samrtphone yang menyematkan aplikasi bawaan berupa game ataupun aplikasi lain yang justru menjadikan kapasitas memori penyimpanan smartphone penuh

Nah, dari pada aplikasi yang tak terpakai tersebut memenuhi ruang penyimpanan anda, ada baiknya anda uninstall saja aplikasi-aplikasi yang tak digunakan tersebut.

Selain membuat memori smartphone anda menjadi lega, juga bisa meningkatkaan performa smartphone anda.

Baca Juga :  3 Cara Mudah Membuka Smartphone Android Yang Terkunci Atau Lupa Pola

Jika dulu beberapa vendor smartphone tak mengizinkan pengguna untuk meng-uninstall aplikasi bawaan pabrik atau bloatware, namun kini anda bisa melakukan hal tersebut dengan mudah, dan pastinya tidak perlu  me-root perangkat Android yang anda gunakan.

Cara Hapus Aplikasi Bawaan Smartphone Android Tanpa Root

Untuk cara hapus aplikasi bawaan smartphone android yang anda gunakan, anda memerlukan bantuan aplikasi pihak ketiga bernama CCleaner yang merupakan aplikasi resmi Google Play Store yang bisa anda download disini.

Selanjutnya ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Setelah anda unduh dan install aplikasi CCleaner dari Google Play Store, selanjutnya silahkan buka aplikasi tersebut.
  2. Kemudian, tap pada garis tiga yang berada di bagian sudut kiri atas aplikasi. Akan muncul beberapa opsi menu, kemudian pilih App Manager.
  3. Pilih tap System lalu tap aplikasi bawaan smartphone android/bloatware yang ingin anda hapus dari smartphone. Pastikan anda memilih aplikasi dengan benar dan pastikan pula aplikasi tersebut memang tidak anda perlukan sama sekali.
  4. Langkah terakhir, Klik tombol Uninstall untuk mengahapus aplikasi bawaan smartphone android yang anda gunakan.
Baca Juga :  #3 Cara Memperbaiki Flashdisk Yang Tidak Terbaca di PC atau Laptop

Namun perlu anda ingat, menghapus aplikasi bawaan smartphone android kemungkinan dapat menyebabkan beberapa masalah terhadap sistem Android.

Jadi sekali lagi, pastikan anda benar dalam memilih aplikasi yang ingin anda hapus.

Demikian cara hapus aplikasi bawaan smartphone android tanpa harus melakukan root terhadap perangkat yang anda gunakan. Bagaimana, cukup mudah bukan ?.

Selamat Mencoba !

(azzahra)

Topic:

Menarik Untuk Anda Baca: