Cara Membuat Folder Rahasia di Smartphone Android

  • Whatsapp
Cara Membuat Folder Rahasia di Smartphone Android

recode.IDCara Membuat Folder Rahasia di Smartphone Android – Keamanan data adalah salah satu hal yang paling penting, termasuk untuk yang ada di smartphone kalian. Karena jika data penting kalian jatuh ke tangan yang tidak berhak maka bisa saja ada oknum yang tak bertanggung jawab yang menyalahgunakan data-data milik kalian.

Sebagai contoh, banyak diantara kita yang menyimpan dokumen penting kita misal foto KTP, atau identitas lain seperti kartu keluarga (KK), Akta Kelahiran dan juga dokumen penting lainnya misal Ijazah, di galery smartphone.

Bacaan Lainnya

Sebenarnya, tujuan menyimpan aneka dokumen penting ini dm smartphone bertujuan untuk memudahkan jika sewaktu-waktu dokumen ini di perlukan, misal untuk mendaftar lamaran kerja dan sebagainya.

Tapi apa jadinya, jika dokumen penting yang ada di galery smartphone kalian bisa terekspose dan dengan mudah di lihat orang lain. Tentu sangat mengkhawatirkan bukan?

Nah, disinilah letak peran penting folder rahasia yang akan kita bahas kali ini. Ada baiknya kalian membuat folder rahasia khusus yang menyimpan aneka dokumen dan berkas penting tersebut dan hanya anda sendiri yang bisa melihatnya.

Dengan membuat folder rahasaia dan tersembunyi di ponsel android milik kalian, ini bisa menjadi salah satu opsi alternatif untuk menyimpan berkas itu supaya tak sembarang orang tak bisa mengaksesnya.

Cara Membuat Folder Rahasia di Ponsel Android

Berikut ini langkah-langkah dalam membuat folder rahasia untuk menyimpan aneka berkas dan dokumen penting milik kalian.

Kita membutuhkan aplikasi pengelola file untuk melakukan tips ini. Beberapa smartphone android ada yang sudah di lengkapi dengan aplikasi ini.

Akan tetapi jika ponsel kalian belum tersedia aplikasi file manager ini, kalian bisa mengunduhnya terlebih dahulu di Google Play Store.

Berikut caranya:

  • Silahkan buka aplikasi pengelola file (file manager) yang ada di smartphone kalian
  • Selanjutnya, pilih opsi membuat folder baru (create new folder).
  • Beri nama folder rahasia yang akan kalian buat
  • Setelah folder selesai dibuat dan diberi nama, selanjutnya masih di aplikasi file manager tersebut, masuk ke folder yang berisi berkas penting yang ingin kamu simpan ke folder baru.
  • Copy atau salin semua dokumen penting yang ingin kalian simpan, lalu pastekan di folder baru yang barusan kalian buat. (jangan lupa untuk menghapus file/dokumen lawas)
  • Atau bisa gunakan fitur pidahkan agar tidak ada duplikat dokumen.
  • Setelah semua berhasil dipindahkan, lalu rubah nama folder yang sudah di buat dengan menambahkan tanda titik (.) di awal sebelum nama folder itu.
  • Kini folder itu beserta isinya kini menjadi tersembunyi.

Lantas, bagaimana cara mengaksesnya jika suatu saat kalian membutuhkan dokumen-dokumen tersebut ? Caranya cukup mudah, kalian tinggal buka aplikasi File Manager tersebut, lalu pilih menu setelan (Settings). Selanjutnya cari opsi tampilkan folder tersembunyi (Shows hidden folder).

Pastikan kalian mengingat dengan pasti dimana letak atau path folder itu berada. Kalau kamu berada di path yang benar, kamu akan mendapati folder rahasia kalian yang nampak sama seperti folder pada umumnya tetapi terlihat agak transparan.

Bagaimana, cukup mudah bukan cara membuat folder rahasia ini. Dijamin dokumen penting milik kalian akan tersimpan dengan aman dan hanya anda sendiri yang bisa membukanya. Selamat mencoba!

(ikhsan)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.