Usung Fitur Dark Mode, Android Q Diklaim Lebih Hemat Daya Hingga 50%

recode.ID – Setelah sukses dengan seri sebelumnya yakni  Android P (Pie), salah satu sistem operasi paling populer di dunia buatan Google ini kini tengah bersiap untuk peluncuran seri berikutnya yakni Android Q.

Meski belum di ketahui secara pasti, nama yang aka diusung untuk seri ke 10 dari Android Q ini, namun kabar yang beredar mengenai fitur yang akan hadir dalam OS Android Q ini sudah marak di internet.

Salah satunya adalah, sistem operasi Android Q ini akan hadir dengan mengusung fitur bernama dark mode. Sesuai dengan namanya, dark mode bakal memungkinkan pengguna perangkat yang menjalankan OS Android untuk menggunakan smartphone di malam hari tanpa merasa silau karena cahaya yang dihasilkan.

Editors’ picks

Baca Juga :  Daftar Aplikasi dan Game Android Terbaik Versi Google Play Store 2019

Fitur ini diklaim ramah pada mata manusia, karena cahaya yang dihasilkan dari layar LCD ponsel tak akan membuat silau mata sehingga tak mengganggu kesehatan mata penggunanya.

Tak hanya menjanjikan keunggulan dalam hal pencahayaan yang ramah terhadap mata pengguna, fitur dark mode juga diklaim akan membuat perangkat lebih baterai ketika aktif hingga 50 persen.

Pasalnya, berkurangnya cahaya yang terpancar lewat layar tentunya berpengaruh pada berapa banyak kapasitas baterai yang terpakai.

Melansir dari laman PhoneArena (3/2) yang melakukan pengujian OS Android Q ini pada perangkat smartphone Google Pixel 3 menjelaskan, pengujian yang merekan lakukan adalah dengan mengatur tingkat kecerahan layar di level sedang, kemudian memantau perubahan konsumsi daya smartphone itu dari mode default ke dark mode.

Dari hasil pengujian yang dilakukan oleh PhoneArena tersebut, ternyata penggunaan daya untuk aplikasi bawaan standar bisa berkurang cukup drastis hingga 50 persen. Beberapa aplikasi bawaan tersebut diantaranya daftar kontak, telepon, riwayat panggilan, pengaturan, searching di Google dan menelusuri hasil pencarian.

Baca Juga :  Facebook Ungkap Alasan Mengapa Layanan Mereka Tumbang Kemarin

Sementara untuk aplikasi pihak ketika, ketika fitur dark mode ini diaktifkan dapat melakukan penghematan dalam penggunaan daya baterai sebanyak 20 persen.

Android Q Akan Dilengkapi Dengan Face ID dan Screen Recording Bawaan

Sementara itu, hasil pengujian lain yang dilaporkan oleh 9to5Google seperti di kutip dari laman GSM Arena menyebutkan, jika Android Q ini akan di bekali dengan fitur pengenalan wajah atau Face ID serta fitur perekam layar atau Screen Recording.

Sistem pengenalan wajah ini, kemungkinan akan mirip dengan kemampuan pengenalan wajah di iPhone XS yang mendukung kamera infrared, dot projector, dan flood iluminators.

Menu pengaturan untuk sistem pengenalan wajah ini nantinya akan mirip dengan sistem finger print sensor atau pemindai sidik jari . Karena itu pengaturannya akan terpisah dari fitur trusted face yang ada saat ini.

Baca Juga :  #BloggerMelawan, 12 Ribu Lebih Netizen Tanda Tangani Petisi Online Cabut Blokir Tumblr

Android Q dilengkapi pula opsi fitur Emergency baru yang dapat diakses dengan menekan tombol Power. Opsi untuk memanggil nomor darurat ini misalnya 911 akan muncul bersama opsi power off, restart, dan screenshot.

Laporan lainnya juga  menyebut jika Android Q juga akan mendukung 5G dan Wi-Fi WPA3, serta fitur Sensor Privacy yang memungkinkan pengguna mematikan akses untuk sejumlah sensor.

[artikel number=3 tag=”informasi” ]

Pihak Google sendiri di kabarkan akan memperkenalkan sistem operasi untuk seri ke 10 Android Q saat konferensi I/O pada Mei 2019 mendatang.

(azzahra)

Topic:

Just For You