Cara Mengatasi Hp Bootloop, Samsung, Vivo, Oppo, Xiaomi

  • Whatsapp
Cara Mengatasi Hp Bootloop, Samsung, Vivo, Oppo, Xiaomi

recode.ID – Pernahkah kalian mengalami kejadian perangkat yang kalian gunakan terjadi Bootloop?  Tapi, tahukah kalian ternyata untuk cara mengatasi Hp Bootloop di beberapa merk ponsel seperti Samsung, Oppo, Vivo, Xiaomi, Asus atau brand lain bisa dilakukan sendiri dengan mudah.

Buat yang masih belum paham, Bootloop adalah istilah yang digunakan untuk masalah yang terjadi piranti lunak atau software terutama pada perangkat dengan basis sistem operasi Android yang ditandai dengan munculnya kegagalan untuk masuk ke dalam sistem perangkat.

Bacaan Lainnya




Ciri-ciri jika sebuah  perangkat smartphone mengalami kasus Bootloop adalah hanya menampilkan logo Android saja atau nama/merk smartphone saja ketika dihisupkan dan terjadi terus secara berulang-ulang.

Jika kalian mengalami kejadian seperti itu jangan panik, jangan pula langsung menuju konter atau tukang servis Hp untuk memperbaikinya.

Kalian bisa memperbaiki masalah Bootloop ini sendiri. Bagaimana caranya? silahkan simak dan baca artikel berikut hingga selesai.

Macam-Macam Bootloop

Sebelum beranjak pada cara mengatasi masalah ini, pertama-tama akan kita bahas dulu macam atau jenis Bootloop itu sendiri, agar kalian bisa paham tentang jenis bootloop mana yang saat ini sedang kalian alami.

Secara umum, Bootloop dibagai menjadi 2 jenis, yaitu:

  • Light Bootloop atau Bootloop Ringan
Baca Juga :  Tips Dengarkan Musik Di Spotify Lewat Browser

Biasanya jika perangkat yang mengalami jenis bootloop ringan, masih bisa hidup dan masuk ke sistem secara normal. Namun, kondisi ini muncul kembali di lain waktu, atau hanya kadang-kadang saja.

  • Hard Bootloop atau Bootloop Parah

Untuk jenis bootloop yang kedua, biasanya ditandai dengan kegagalan masuk ke sistem secara permanen walaupun sudah dicoba berulang kali. Bahkan, terparah proses pengisian daya tidak berfungsi sama sekali.

Cara mengatasi Hp Bootloop

Setelah kalian paham jenis-jenis bootloop sesuai dengan yang sudah redaksi jelaskan diatas, langkah berikutnya adalah mengatasi kondisi tersebut.

Untuk cara mengatasi kondisi ini, terdapat dua langkah yang bisa kalian lakukan, yakni berdasarkan jenis bootloop yang terjadi pada perangkat yang kalian gunakan.

  • Jika Bootloop Ringan

Jika perngkat yang kalian mengalami light bootloop, maka untuk cara mengatasi relatif mudah.  Kalian cukup matikan atau nonaktifkan  perangkat yang kalian gunakan, kemudian cabut memori, SIM card dan yang terpenting adalah baterai.

Selanjutnya, kalian diamkan saja perangkat kalian selama beberapa jam atau maksimal 24 jam. Setelah itu pasang kembali semua yang sudah kalian copot tadi, mulai baterai, kartu sim dan memory card lalu hidupkan kembali.

Lalu kalian amati, apakah smartphone kalian bisa hidup dan masuk dengan sistem dengan normal atau masih dalam kondisi yang sama. jika masalah bootloop tersebut masih saja terjadi maka lanjutkan ke solusi kedua, yaitu mengatasi bootloop parah (hard bootloop).

  • Jika Bootloop Parah
Baca Juga :  Mau Daftar BPJS Secara Online, Begini Caranya

Jika perangkat yang kalian gunakan mengalami hard bootloop, atau bootloop yang cukup parah maka untuk mengatasinya harus dilakukan flash atau factory reset.

Melakukan factory reset akan mengembalikan sistem kepengaturan awal pabrikan, sehingga perangkat akan seperti baru lagi.

Berikut adalah cara melakukan factory reset, jika Hp mengalami mengalami bootloop parah:

  • Karena perangkat dalam kondisi gagal booting, maka harus dilakukan dengan cara masuk ke Recovery Mode.
  • Untuk proses masuk ke recovery mode kalian bisa menekan tombol Home + Volume Up + Power secara bersamaan selama beberapa detik.
  • Nantinya, layar perangkat kalian akan berubah warna hitam dan muncul beberapa menu. Selanjutnya, kalian gunakan tombol volume naik atau turun untuk menggerakka kursor dalam memilih menu dan tombol Power untuk mengesekusi atau enter.
  • Arahkan kursor ke  menu Wipe data/factory reset dan tekan tombol power.
  • Selanjutnya arahkan kembali kursor ke Yes — delete all user data dan tekan tombol power.
  • Pada proses ini, sistem perangkat akan memproses permintaan reset yang Anda minta tunggu beberapa saat.
  • Jika sudah, maka secara otomatis perangkat akan restart dan menyala dengan sendirinya.
  • Namun, apabila ternyata perangkat tidak mau restart, kalian cukup arahkan kursor ke opsi reboot system now dan tekan tombol power.
  • Tunggu beberapa saat, maka proses pembersihan perangkat sedang berjalan dan siste akan mengembalikan pengaturan seperti awal ponsel kalian beli.
  • Jika ponsel sudah berhasil hidup, selanjutnya kalian tinggal atur seperti saat kalian membeli ponsel ini pertama kali, seperti mengatur bahasa, waktu, mengunduh dan mengintsall aplikasi-aplikasi yang  diinginkan atau bisa juga melakukan restore hasil backup jika  kalian sudah mencadangkan file backup secara cloud di google drive.

Namun sekedar saran dari redaksi, jika kalian memang sangat awam dan tak mau ambil resiko ketika mengalami kondisi bootloop parah seperti ini, sebaiknya minta tolong kepada orang lain yang paham atau bisa membawanya ke tukang servis agar tidak terjadi hal-hal yang diinginkan.

Baca Juga :  #4 Tips Membersihkan Dan Merawat Earphone Agar Tetap Awet

Informasi Tambahan

Berikut adalah cara masuk ke recovery mode berdasarkan merk smartphone:

  • Samsung
    Untuk versi Galaxy Gio / Fit / Mini / ACE: Home + tombol Power
    Galaxy Young / young duos / Pocket: Tekan tombol Home + Volume Up + Power
  • H T C
    Power + Volume Down + Power On (secara bersamaan sampai muncul recovery mode)
  • HUAWEI
    tombol Power + volume up + Tombol Power
  • L G
    tombol Home + Volume Up + Power
  • Andromax
    tombol Home + Volume Up + Power
  • ADVAN VANROID
    Power + Tekan Volume Down sampai keluar gambar Android dan tanda segitiga lalu tekan tomboh Home
  • CROSS
    Power + Volume DOWN

Demikian informasi mengenai apa ttu bootloop, jenisnya dan bagaiamana cara mengatasi Bootloop pada Hp Android dari berbagai type dan merk. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Editor   : Andra
Penulis : Ikhsan Aufa

Pos terkait