Cara Menonaktifkan Download Otomatis di WhatsApp

Mengatasi WA Tidak Bisa Download Foto atau Video

recode.ID – Fitur unduh atau dowload otomatis yang ada di platform WhatsApp memang cukup berguna. Dengan fitur ini, maka setiap kirimaan media, baik itu foto, video ataupun suara akan secara otomatis terunduh dan langsung tersimpan di memori perangkat.

Akan tetapi, banyak yang mengeluhkan jika keberadaan fitur download otomatis di WhatsApp ini membuat ruang penyimpanan menjadi cepat penuh.

Terutama para pengguna yang intents menggunakan platform yang satu ini untuk berkirim pesan, dengan banyaknya kiriman file dan media yang masuk dan tersimpan secara otomatis maka kapasitas ruang penyimpanna akan menjadi cepat penuh.

Apalagi, jika kalian termasuk pengguna yang aktif di berbagai group yang biasanya cukup sering menerima kiriman file foto, video dan gambar, maka ini akan berdampak pada membludaknya file media yang ada di perangkat yang kalian gunakan.

Imbasnya, kalian harus lebih rajin menghapus kiriman file media tersebut agar ruang penyimpanan menjadi lega kembali.

Nah, sehubungan dengan hal tersebut kenapa tidak dimatikan saja fitur pengunduh otomatis tersebut. Meski sedikit ribet karena harus unduh manual, namun kita bisa menyeleksi kira-kira kiriman media mana yang layak untuk disimpan dan mana yang sebaiknya di hapus sehingga ruang penyimpanan tetap lapang.

Cara Menonaktifkan Download Otomatis di WhatsApp

Tolak Kebijakan Privasi WhatsApp, 8 Fitur Ini Bakal Tak Berfungsi

Untuk mengatasi permasalahan yang sudah redaksi ulas diatas, maka pengguna disarankan untuk menonaktifkan saja fitur pengunduh otomatis tersebut.

Jadi, setiap kiriman media yang masuk ke WhatsApp, kalian bisa menentukan apakah kiriman ini sebaiknya di save atau dihapus saja.

Untuk menonaktifkan fitur download otomatis di WhatsApp tersebut, kalian bisa mengikuti panduannya berikut ini.

  1. Langkah pertama, silahkan kalian buka aplikasi WhatsApp di perangkat yang kalian gunakan
  2. Selanjutnya, silahkan pilih dan klik menu Options . yang berada di kanan atas layar dengan ikon tiga titik
  3. Selanjutnya, kalian pilih menu Settings. Kemudian kalian menu Storage and data
  4. Scrool dan cek pada opsi Media auto-downloa. Selanjutnya, kalian hilangkan tanda checklist untuk Photos, Audio, Videos, dan Documents pada bagian When using mobile data, When connected on Wi-Fi, dan When roaming
  5. Kemudian, tekan tombol OK
  6. Selesai, kini fitur Media auto-download pun telah dimatikan pada WhatsApp yang kalian gunakan.

Ketika fitur tersebut di nonantifkan, maka ketika kalian mendapat kirima pesan yang berisi file media nantinya sistem WhatsApp tidak akan lagi langsung download file yang dikirim tersebut.

Kalian harus mengunduh pesan tersebut secara manual satu per satu yang berisi kiriman file yang disertakan, baik untuk kiriman dalam chat pribadi maupun kiriman fike didalam group WhatsApp.

Sebagai ilustrasi, misal kalian menerima kiriman foto, maka foto tersebut tidak akan langsung ditampilkan di dalam chat. Kalian harus menekan tanda download di bagian tengah file agar bisa disimpan dan dilihat karena jika tidak kiriman foto hanya akan terlihat seperti kotak buram.

Dengan menerapkan cara  ini, meski ribet dan terkesan buang-buang waktu namun jika dilihat dari segi penggunaan ruang penyimpanan akan lebih hemat. Karena kalian bisa menentukan kiriman pesan mana yang harus diunduh dan mana yang sebaiknya di abaikan.

Penulis: Ikhsan Aufa
Editor: Andra

Pos terkait