Cara Transfer Kuota Telkomsel Via UMB, USSD, SMS, dan Aplikasi

Kode Cepat Cek Kuota Telkomsel, Cukup 1 Kali Kirim

recode.ID – Ingin berbagai kuota internet Telkomsel dengan teman, keluarga atau pasangan? Simak ulasan mengenai bagaimana cara transfer kuota Telkomsel lewat UMB, USSD, SMS, dan aplikasi pada artikel yang sudah redaksi siapkan dibawah ini.

Saat ini, kebutuhan jaringan online terus meningkat. Selaras dengan hal itu, fitur transfer kuota pun akan sangat berguna untuk dapat memenuhi kebutuhan online Anda, termasuk bagi pengguna Telkomsel yang cukup banyak.

Nah, jika Anda ingin tahu bagaimana cara transfer kuota ke sesama pengguna Telkomsel, Anda bisa ikuti panduannya pada lanjutan artikel dibawah ini.

Syarat Transfer Kuota Telkomsel

Cara Gift Kuota Internet Telkomsel, Mudah dan Cepat

Sebelum perlu Anda ketahui lebih dahulu mengenai syarat dan ketentuan untuk bisa melakukan transfer kuota internet ke sesama pengguna.

Layanan transfer kuota ini hanya diperuntukkan bagi pelanggan kartu prabayar Telkomsel saja. Untuk dapat melakukan transfer kuota, minimal kuotanya adalah 50 MB dengan maksimal 500 MB.

Sementara itu, dalam satu hari maksimum transaksinya adalah enam kali atau maksimal total kuota yang ditransfer dalam satu hari adalah 3 GB saja.

Selanjutnya, setelah Anda memahami syarat dan ketentuannya, berikut ini adalah langkah-langkah transfer kuota Telkomsel

Daftar Cara Transfer Kuota Telkomsel

Ada beberapa metode yang bisa dilakukan untuk proses transfer kuota ini, mulai dari UMB, USSD, SMS dan jug alewat aplikasi.

Berikut penjelasan lengkap dari masing-masing metode tersebut.

  • Via UMB

Cara pertama yang dapat Anda lakukan untuk mentransfer kuota telkomsel Anda adalah melalui UMB.

Cara ini memungkinkan Anda untuk mengirimkan kuota secara manual, yang jumlahnya dapat diatur sendiri. Transfer kuota melalui cara ini akan dikenai biaya hingga Rp. 5.000,00.

Kuota yang dapat Anda kirimkan minimal sejumlah 50 MB, dengan batas maksimal pengiriman kuota 500 MB.

Sebelum mengirimkan kuota ini ke teman atau saudara Anda, pastikan kuota yang tersisa sebanyak 500 MB setelah melakukan transfer.

Ikuti juga langkah transfer kuota melalui UMB dengan baik. Pertama, bukalah menu ‘Panggilan’ di smartphone Anda. Selanjutnya, ketikkan *500*2# pada menu dial untuk mengakses transfer kuota.

Langkah berikutnya adalah pilih opsi ‘Ya’ dengan mengetikkan angka ‘1’ untuk berbagi kuota telkomsel.

Tahap berikutnya adalah memasukan nomor ponsel penerima transfer kuota atau nomor ponsel yang dituju. Lalu, ketiklah jumlah kuota yang ingin dikirimkan.

Berikutnya, pilih kembali opsi ‘Setuju’ untuk mengkonfirmasi transfer kuota telkomsel dengan mengetikkan angka ‘1’.

Setelah serangkaian tahapan tersebut selesai, Anda akan menerima notifikasi atau pemberitahuan bahwa berbagi kuota Telkomsel telah berhasil. Nomor yang dituju pun telah menerima kuota yang ditransfer oleh Anda.

  • Via USSD

Transfer kuota telkomsel melalui UMB memungkinakn mengirimkan kuota yang jumlahnya dapat Anda atur manual.

Sedangkan cara transfer kuota telkomsel melalui USSD ini lebih ke arah mengirimkan paket kuota yang Anda miliki.

Tahapan pertama yang harus Anda lakukan adalah membuka menu ‘Panggilan’ pada ponsel. Selanjutnya tekan *363# pada menu dial.

Berikutnya, pilihlah menu ‘Paket Lainnya’. Setelah itu, pilihlah layanan ‘Gift’. Barulah setelah itu Anda masukkan nomor penerima transfer kuota atau nomor yang dituju.

Setelah itu, pilihlah menu ‘Paket Flash Gift’ dan pilih opsi sesuai dengan keinginan Anda, apakah Bulanan, Mingguan, atau yang Harian.

Setelah paket yang diinginkan dipilih, konfirmasi dengan memilih opsi ‘Setuju’. Paket pilihan pun akan di transfer.

Tunggulah prosesnya, dan tak lama notifikasi bahwa transfer kuota telah berhasil dilakukan pun akan muncul. Nomor yang dituju pun akan menerima paket spesial dari Anda.

  • Via SMS

Tak hanya melalui menu panggilan saja, transfer kuota pun dapat dilakukan melalui SMS. Pertama, bukalah menu ‘Pesan’ pada ponsel Anda.

Kemudian ketik ‘TRF (spasi) jumlah kuota yang ingin di transfer (sapsi) nomor tujuan. Kemudian, kirimkan pada nomor 363.

Setelah itu, tunggulah hingga masuk pesan konfirmasi dari operator. Setelah pesan konfirmasi masuk balas dengan mengetik ‘TRF “YA”‘. Transfer kuota pun telah selesai dilakukan, silahkan Anda tunggu konfirmasi transfer kuota berhasil.

  • Via Aplikasi My Telkomsel

Untuk melakukan transfer kuota melalui aplikasi My Telkomsel, unduh dan instal terlebih dahulu aplikasinya di Google Play Store atau App Store.

Setelah berhasil, bukalah aplikasinya kemudian pilih menu ‘Beri Hadiah’. Selanjutnya, pilih opsi ‘Transfer Kuota’ dan masukkan nomor penerima kuota.

Pastikan nomor yang tercantum telah sesuai, dan ketik nominal kuota yang ingin dibagikan. Setelah itu, Anda hanya perlu menunggu balasan dari Telkomsel dan verifikasi transaksi yang dilakukan. Sampai di sini, cara transfer kuota telkomsel telah berhasil dilakukan.

Demikian informasi dari redaksi mengenai bagaimana cara mengirim kuota Telkomsel yang bisa Anda lakukan lewat beberapa metode yang sudah redaksi jelaskan diatas.

Semoga informasi ini berguna untuk Anda, selamat mencoba dan semoga berhasil.

Penulis: Ikhsan Aufa
Editor: Andra

Pos terkait