Ternyata Ini Beda Prabayar dan Pascabayar Pada Kartu SIM

Ternyata Ini Beda Prabayar dan Pascabayar Pada Kartu SIM

recode.ID – Istilah prabayar dan pascabayar barangkali telah sering Anda dengar dikehidupan sehari-hari. Akan tetapi apakah Anda sudah tahu mengenai arti kata dan juga beda dari Prabayar dan Pascabayar?

Sebagaimana kita tahu, kedua istilah ini biasanya sering dipergunakan untuk menunjukkan jenis layanan pada kartu seluller atau provider.

Sehubungan dengan hal tersebut, pada kesempatan kali ini redaksi akan memberikan informasni mengenai beda prabayar dan pascabayar beserta informasi lain mengenai keuntungan dan kelemahannya masing-masing dari jenis kartu seluller tersebut.

Definisi Prabayar dan Pascabayar

Masih Banyak Masyarakat Yang Gagal Registrasi Ulang Kartu SIM. Bagaimana Nasib Nomor Mereka

Informasi pertama akan kita habas lebih dahulu mengenai definisi atau arti daari masing-masing istilah ini, yakni istilah Prabayar dan Pasca Bayar.

Tercatat dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Jilid 5, kata ‘Pra-‘ ini merupakan salah satu bentuk kata terikat yang menunjukkan arti sebelum, atau di depan.

Dengan begitu, kata ‘Prabayar’ dapat dimaknai sebagai kegiatan membayar sebelum digunakan atau bayar dimuka.

Sementara itu, masih meninjau dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Jilid 5, kata ‘Pasca-‘ juga merupakan bentuk terikat yang dimaknai sebagai sesudah. Oleh karena itulah, kata ‘Pascabayar’ berartikan suatu kegiatan membayar tagihan setelah digunakan.

Persamaan dari kedua kata ‘Pra-‘ dan ‘Pasca-‘ adalah bentuk katanya yang terikat. Kata bentuk terikat ini merupakan kata yang harus disatukan atau tak terpisahkan dengan kata dasar yang mengikutinya.

Selain itu, keduanya juga memiliki makna yang menunjukkan waktu pelaksanaan yaitu sebelum dan sesudah.

Plus Minus Prabayar

  • Kelebihan Prabayar

Seperti namanya, kartu prabayar mengharuskan pengguna membayar seluruh tagihan kartu dimuka. Oleh karena itu, Anda tak akan direpotkan dengan tagihan di akhir pemakaian layanan. Hal ini dikarenakan Anda telah membeli paket layanan di awal penggunaan.

Untuk mengaktifkan kartu prabayar ini, Anda hanya akan diminta untuk memasukan Nomor Induk Keluarga (NIK) dan nomor Kartu Keluarga.

Karena itu, sebelum mengaktifkannya, siapkanlah terlebih dahulu Kartu Keluarga Anda atau juga Kartu Tanda Penduduk (KTP) bila perlu.

Setelah melakukan aktivasi kartu prabayar, barulah Anda dapat menikmati ragam layanan yang disediakan oleh kartu tersebut. Kartu prabayar ini memiliki rentang harga yang beragam.

Harga yang ditawarkan tersebut, bergantung pada jenis layanan yang digunakan, atau merek kartu tersebut.

Masa aktif layanan pun beragam, terdapat yang bulanan, mingguan, dan harian, sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Jika masa aktif layanan telah habis, tak perlu khawatir Anda dapat memperpanjangnya dengan melakukan isi ulang pulsa.

  • Kelemahan Prabayar

Kelemahan yang pertama adalah Anda hanya dapat memilih nomor telepon yang telah disiapkan dan ditawarkan oleh perusahaan kartu prabayar.

Oleh karena itu, nomor telepon Anda nantinya cenderung terdiri dari susunan angka acak dan tak terkesan cantik. Ini adalah salah satu beda prabayar dan pascabayar yang cukup mencolok.

Kelemahan selanjutnya adalah harga paket yang digunakan atau dipilih, jika dikalkulasikan dalam jangka waktu tertentu, maka akan jauh lebih mahal.

Hal tersebut, memungkinkan Anda mengeluarkan biaya untuk penggunaan layanan kartu yang cenderung tidak stabil antara bulan yang satu dengan yang lain.

Perbedaan harga yang harus Anda bayarkan setiap bulannya akan dipengaruhi oleh pemakaian. Semakin masif atau tingginya kebutuhan akan penggunaan layanan, maka akan semakin tinggi pula pengeluaran Anda untuk membeli paket layanan.

Kekurangan lainnya adalah tidak adanya informasi mengenai kalkulasi banyaknya pulsa yang dikeluarkan dalam jangka waktu tertentu. Jika ingin mengetahui pengeluaran Anda, maka diharuskan untuk menghitungnya sendiri.

Plus Minus Pasca Bayar

  • Kelebihan Pascabayar

Keuntungan menggunakan kartu pascabayar adalah Anda dapat mengatur limit penggunaannya. Jadi, apabila pemakaian sudah mencapai limit, maka penggunaan akan terhenti.

Dengan begitu, maka Anda dapat meminimalisir terjadinya pembengkakan tagihan. Tagihan pembayaran kartu pasca bayar akan diberikan di akhir bulan.

Selain itu, jaringan kartu pascabayar cenderung lebih stabil. Anda juga memiliki kesempatan untuk memilih nomor cantik sehingga mudah diingat.

  • Kelemahan Pascabayar

Untuk menggunakan kartu pascabayar, Anda perlu melalui serangkaian pendaftaran yang cukup rumit, mengingat data yang dibutuhkan pun akan jauh lebih kompleks.

Berdasarkan ulasan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa kartu prabayar dapat diartikan sebagai kartu yang tagihannya dibayar di muka.

Sebaliknya, kartu pascabayar adalah kartu yang tagihan dibayarkan setelah pemakaian. Beda prabayar dan pascabayar terletak pada layanan dan waktu pembayaran.

Pos terkait