oleh

3 Cara Mudah Cek Followers Instagram Asli Atau Palsu

recode.ID – Kalian merupakan salah satu pengguna media sosial Instagram ?, pasti pernah dong melihat akun yang mempunyai pengikut atau followers Instagram hingga mencapai jutaan followers.

Biasanya, akun dengan followers hingga mencapai jutaan ini adalah akun Instagram milik orang-orang ternama, seperti artis, penyanyi, pemain film, para pejabat negara, atau orang yang memiliki keahlian khusus sehingga banyak yang tertarik untuk mengikuti mereka di Instagram.

Di Sponsori Oleh:

Namun sekarang, tidak cuma orang orang terkenal saja yang memiliki followers yang begitu banyak, mereka yang hanya orang-orang biasa pun bisa memiliki jutaan followers. Bagaimana caranya, tentu saja dengan memanfaatkan jasa penambah followers atau membeli followers bot.

Karena itu, jika kalian mendapati akun Instagram teman kalian tiba-tiba memiliki jumlah followers yang sangat banyak, kalian bisa mengeceknya untuk mengetahui apakah followers tersebut adalah akun asli atau akun bot dari jasa penambah followers.

3 Cara Mudah Cek Followers Instagram Asli Atau Palsu

  • Coba Bandingkan Jumlah Like dengan Jumlah Followers

Cara pertama yang bisa kalian lakukan untuk mengecek apakah akun Instagram tersebut followersnya asli atau palsu adalah dengan cara membandingkan jumlah like dan jumlah para pengikutnya.

Biasanya, sebuah foto yang diunggah lebih dari satu hari akan memiliki jumlah like sekitar 5% – 25% dari total followers akun tersebut.

Hitung-hitungan kasarnya bisa seperti ini, jika sebuah akun memiliki 1000 followers asli, maka seharusnya foto yang baru diunggah sehari sebelumnya memiliki 150 like.

Namun apabila suatu akun memiliki jumlah followers 1000, tetapi jumlah like di foto yang baru diunggah sehari sebelumnya hanya sekitar 50 like atau kurang dari 100, berarti orang tersebut telah beli followers, tapi tidak begitu banyak.

Sedangkan jika memiliki 1000 pengikut, tetapi jumlah like di foto yang baru diunggah sehari sebelumnya hanya 10 like saja, sudah bisa di pastikan lebih dari 70 persen pengikutnya adalah bot.

Namun, perlu juga di analisa lebih lanjut karena jumlah like ternyata juga bisa dimanipulasi dengan cara beli like. Untuk pengecekan lebih lanjut, coba lita foto-foto lama yang belum di suntik like untuk melihat perbandingannya.

  • Bandingkan Juga Komentar dengan Jumlah Followers

Sama halnya degan cara ditas, cara kedua untuk mengecek apakah suatu akun Instagram memiliki followers asli atau palsu yaitu, dengan membandingkan jumlah komentar dan jumlah para pengikutnya.

Pasti kalian sering melihat, suatu akun Instagram yang memiliki jumlah follower yang banyak, tapi di setiap postingannya hanya sedikit orang yang berkomentar. Hal ini juga bisa dijadikan sebagai tolak ukur apakah follower akun tersebut adalah asli atau palsu.

Cara menganalisanya adalah, misal akun Instagram memiliki total 5000 follower, jika itu adalah akun asli semua maka setidaknya akan ada sekitar 15 hingga 2kan komentar.

Akan tetapi, jika followers Instagram lebih dari 5000, tetapi komennya bahkan tidak mencapai 10, atau bahkan tidak ada sama sekali, bisa dipastikan akun tersebut di follow oleh akun bot.

Namun perlu diingat juga, karena ada juga jasa like dan komentar otomatis, maka apabila ada postingan memiliki banyak komentar namun mirip atau komentar yang tidak nyambung, bisa jadi akun tersebut merupakan akun dengan followers palsu.

  • Coba Cek Akun Followers

Cara terakhir yang bisa kalian coba untuk mengecek apakah followers akun instagram tersebut palsu atau asli adalah dengan mengecek profil akun followers tersebut.

Meski terbilang merepotkan, namuan cara ini dirasa yang paling efektif untuk mengetahui apakah followers tersebut asli atau bot.

Kalian bisa secara acak memilih akun followers dan melihat profil mereka. Akun palsu biasanya menggunakan profile picture yang di dapat dari Google Images dan biasanya belum pernah memposting apapun dalam timeline mereka. Selain itu, biasanya akun followers palsu tidak memiliki follower, tapi memiliki sangat banyak akun yang di follow.

Lakukan pengecekan lanjut dengan memilih sampel secara random, apabila akun yang kamu lihat memiliki followers dengan ciri-ciri yang disebutkan di atas, berarti kemungkinan besar akun tersebut memiliki followers palsu.

Demikian 3 Cara Mudah Cek Followers Instagram Asli Atau Palsu, semoga bermanfaat. Selamat mencoba!

(aufa)

Silahkan Download Aplikasi Baca Berita recodeApps Melalui Google Play Store Untuk Akses Berita Lebih Cepat Di Smartphone Android Anda.


Topik Menarik Lainnya