Ciri-ciri Jika WA Disadap atau Dibajak Oleh Hacker

  • Whatsapp
Ciri-ciri Jika WA Disadap atau Dibajak Oleh Hacker

recode.ID – Meski diklaim sebagai aplikasi yang cukup aman karena menerapkan enkripsi end-to-end, namun nyatanya banyak berita yang menyebutkan jika aplikasi WhatsApp kerap mengalami peretasan dan disadap oleh peretas.

Karena itu, mengenali sejak awal ciri-ciri wa disadap sangat penting di ketahui oleh pengguna agar segera bisa dilakukan penanganan agar data-data penting milik Anda tidak bocor dan disalah gunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Bacaan Lainnya

Pasalnya, seperti kita ketahui saat ini jumlah pengguna WhatsApp bahkan telah mencapai 1 miliar lebih di seluruh dunia.

Dengan banyaknya jumlah pengguna dari semua kalangan, mulai dari pejabat, tokoh, hingga publik figur, hal ini memungkinkan para penjahat cyber untuk melakukan tindak kejahatan dengan manargetkan para pengguna WA tersebut.

Lantas, bagaimanakah cara mengetahui WhatsApp kita sudah dibajak? seperti apa ciri-ciri jika WA disadap oleh hacker? berikut ini ulasan lengkapnya untuk Anda.

Ciri-ciri Jika WA Disadap Oleh Hacker

Menurut penjelasan dari pakar keamanan digital, terdapat beberapa ciri-ciri jika aplikasi WhatsApp  sedang disadap dan dintiai oleh peretas, yakni:

  • Pesan Sudah Terbaca Padahal Anda Belum Membukanya
Baca Juga :  Gawat, Smartphone Samsung Galaxy S7 Rentan Di Retas

Jika Anda menerima pesan di aplikasi WA, nantinya pesan tersebut akan ditandai dengan tanda centang 2 berwarna gelap jika belum dibaca, dan akan berubah jadi warna biru ketika pesan tersebut telah di buka.

Nah, jika kalian merasa belum pernah membuka pesan dan tanda centang sudah berubah jadi biru hal itu berarti pesan Anda telah di buka sebelumnya.

Ini jadi indikasi awal jika memang whatsapp anda sedang dibajak. Perhatikan secara seksama, apakah hal itu terjadi hanya satu waktu atau berulang kali.

Jika terjadi berulang maka bisa dipastikan WhatsApp Anda telah disadap.

  • Ada Riwayat Instalasi WhatsApp Web

Ciri-ciri WA disadap berikutnya adalah adanya pemberitahuan riwayat mengenai pemasangan aplikasi whatsapp web dari perangkat baru yang tidak dikenal.

Jika nomor WA kalia digunakan untuk login di WhatsApp web maka biasanya akn muncul pemberitahuan di aplikasi WA pada smartphone yang kalian gunakan.

Jika kalian merasa tidak pernah menggunakan atau login pada aplikasi WhatsApp web maka bisa jadi nomor WA anda sudah di sadap.

Baca Juga :  Waspada, 24 Aplikasi Android Ini Terjangkit Malware Joker

Cara mengeceknya, silahkan klik pada titik tiga di pojok kanan atas aplikasi, lalu pilih WhatsApp Web. Nantinya akan muncul sebuah halaman riwayat penggunaan WhatsApp Web Anda.

Jika ada akses dari browser yang tidak dikenal, yang Anda merasa tidak pernah melakukaanya, maka kemungkinan peretas memanfaatkan fitur ini untuk menyadap percakapan Anda.

  • Akun WA Anda Tiba-Tiba Logout/Keluar dari Aplikasi

Jika Anda mengalami ciri yang berikut ini sudah bisa dipastikan jika akun WA Anda sudah berpindah tangan, mengapa?

Karena jika WhatsApp yang tiba-tiba logout atau keluar dengan sendirinya, artinya akun WhatsApp seseorang tersebut sudah berpindah dan di gunakan untuk login pada perangkat lain.

Jal ini bisa terjadi jika kode One Time Password atau OTP diberikan kepada pihak lain yang tidak diketahui identitasnya.

Karena pada dasarnya, satu akun WhatsApp hanya dapat digunakan pada satu perangkat mobile saja. Untuk berpindah perangkat, memerlukan OTP yang akan dikirim ke nomor pemilik akun.

Entah bagaimana peretas bisa mengetahui kode OTP ini, harus dilakukan pemeriksana lajutan apakah ponsel anda yang sudah diretas, cloning simcard, atau jika nomer WA dan HP terpisah.

  • Ada Pesan Terkirim, Padahal Bukan Anda yang Melakukannya
Baca Juga :  Yuk Cari Tahu Cara Hack Akun Instagram dan Cara Pencegahannya

Selain pesan yang terbuka dengan sendirinya, ketika pesan yang terkirim padahal anda tidak melakukannya maka bisa jadi akun WA Anda sudah dikuasai oleh peretas.

Ini bisa menjadi cukup berbahaya jika pesan yang dikirim digunakan untuk menipu daftar teman dalam kontak Anda.

  • Ada Aplikasi Tak dikenal yang Terpasang di Smartphone Anda

Jika Anda mendapai ada aplikasi baru yang tidak ada ketahui dan anda merasa tidak pernah menginstall aplikasi tersebut,maka bisa jadi itu merupakan malware yang di tanam oleh peretas.

Umumnya anda terkecoh dengan kiriman tautan yang tidak jelas, menginstall aplikasi dari pihak ketiga yang tidak jelas kemanannya.

Demikian informasi mengenai beberapa ciri-ciri jika WA disadap atau sudah dibajak oleh hacker.

Mengenali sejak awal adanya tanda-tanda tersebut bisa menghindarkan Anda dari kemungkinan kerugian yang lebih parah, misalnya pencurian data perbankan, penipuan yang mengatasnamakan diri Anda dan lain sebagainya.

Tetap waspada dan lindungi data pada perangkat Anda.

(ikhsan)

Pos terkait