Daftar Aplikasi Pendeteksi Gempa Paling Akurat Yang Wajib Kalian Install

recode.IDDaftar Aplikasi Pendeteksi Gempa Paling Akurat Yang Wajib Kalian Install – Akhir -akhir ini, Indonesia sedang banyak mengalami berbagai macam cobaan bencana, mulai dari gempa, gelombang tsunami, erupsi gunung dan, banjir dan juga tanah longsor.

Salah satu yang jadi perhatian khusus adalah masalah bencana gempa bumi. Karena dalam beberapa kejadian gempa bumi biasanya juga akan menimbulkan bencana lain yang lebih mengerikan yakni gelombang tsunami.

Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk tetap waspada dan mengtahui informasi terkini secara real time saat terjadinya bencana gempa bumi, agar kita bisa waspada dan bersiap-siap menyelamatkan diri jika ada potensi terjadinya hantaman gelombang tsunami.

Salah satu yang bisa kita lakukan adalah dengan menginstall salah satu aplikasi pendeteksi gempa di smartphone yang kita gunakan. Agar begitu terjadi bencana gempa bumi kita bisa langsung tahu, lokasi pasti gempa tersebut dan apakah berpotensi terjadinya gelombang tsunami.

Baca Juga :  Golek, StartUp Lokal Pesaing Go-Jek Asal Kota Tahu Kediri

Berikut Ini Adalah Daftar Aplikasi Pendeteksi Gempa Paling Akurat Yang Wajib Kalian Install

Beberapa daftar aplikasi pendeteksi gempa yang kami rekomendasikan berikut ini adalah untuk pengguna smartphone dengan basis sistem operasi Android. Berikut ulasannya:

  • Aplikasi Info BMKG

Aplikasi pendeteksi gempa ini saat ini sudah di unduh lebih dari 1 juta kali unduhan di Google Play Store sehingga menjadikan aplikasi ini ckup terpercaya dalam menyajikan informasi mengenai bencana alam gempa bumi.

Aplikasi Info BMKG ini sudah dirilis sejak 2016 lalu, tak hanya menyajikan informasi menganai bencana gempa bumi namun juga informasi lain mengenai prakiraan cuaca dalam tiga harian di seluruh kabupaten/kota yang ada di Indonesia disertai cuaca terkini di lokasi pengguna.

  • MAGMA Indonesia

Aplikasi pendeteksi gempa yang pertama yang kami rekomendasikan adalah aplikasi yang di buat dan dikembangkan oleh tim developer PNS dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Badan Geologi, Kementerian ESDM, bernama MAGMA Indonesia

Baca Juga :  Dengan Sistem Nego Harga, Ojek Online 'Anterin' Siap Bersaing Dengan Go-Jek Dan Grab

Informasi mengenai bencana yang disajikan oleh aplikasi MAGMA Indonesia ini sangat lengkap dan yang paling akurat serta dapat dipertanggung jawabkan. Segala informasi kebencanaan, mulai dari Informasi Aktivitas Gunungapi, Informasi Letusan/Abu Vulkanik untuk Penerbangan, Informasi dan Tanggapan Gempabumi/Tsunami, dan banyak informasi lain yang bisa anda akses terkait bencana alam.

  • Aplikasi WRS-BMKG 

Masih aplikasi buatan resmi oleh Pemerintah, aplikasi pendeteksi gempa berikutnya adalah yang dinamakan WRS-BMKG.

Aplikasi ini merupakan aplikasi resmi yang dibuat oleh BMKG Indonesia sebagai media penyebaran informasi mengenai gempa bumi dan tsunami dirasakan yang terjadi khususnya di wilayah Indonesia.

Dalam aplikasi ini pihak pengembang banyak menyediakan berbagai macam fitur seperti daftar 30 kejadian tsunami dan gempabumi, peta guncangan, peta perkiraan waktu kedatangan tsunami, dan banyak lagi.

  • Info Gempa Indonesia (BMKG)

Meski bukan aplikasi resmi yang dikeluarkan oleh pihak pemerintah, tapi aplikasi dari pihak ketiga ini juga memberikan data dan informasi berdasarkan BMKG indonesia.

Baca Juga :  Salam Browser, Peramban Web Yang Di Klaim Aman Dan Halal Untuk Umat Muslim

Aplikasi pendeteksi gempa ini juga memiliki sejumlah fitur yang tak kalah penting  yang dapat memberikan anda informasi seputar gempa seperti gempa bumi terkini, lokasi gempa di peta, dan info Gempa dirasakan.

  • Aplikasi MyShake 

Berikutnya adalah aplikasi buatan luar bernama MyShake. Aplikasi pendeteksi gempa bumi akan mengumpulkan data berupa data seismograf atau getaran dari sensor yang ada di smartphone yang kalian punya.

Selanjutnya data ini dikumpulkan ke sistem yang nantinya akan dijadikan sebagai bahan early warning atau pemberitahuan dini jika terjadi gempa bumi.

Nantinya aplikasi MyShake akan memberi tahu anda jika sekitar lokasi di sekitar anda akan terjadi gempa. Bahkan, melalui aplikasi ini anda juga bisa memantau beberapa titik lokasi gempa yang baru terjadi atau gempa yang terjadi dalam kurun waktu 7 hari terakhir.

(aufa)

Topic:

Menarik Untuk Anda Baca: