Mengenal Beberapa Fungsi Tombol ALT di Laptop

Mengenal Beberapa Fungsi Tombol ALT di Laptop
Mengenal Beberapa Fungsi Tombol ALT di Laptop

recode.ID – Banyak pengguna yang ternyata masih belum paham mengenai apa fungsi dai tombol ALT yang ada di keybaord laptop. Jika Anda termasuk salah satunya, simak ulasan redaksi bawah ini penjelasan lengkapnya.

Sebagaimana kita tahu, dalam penggunaan laptop tombol-tombol pada keyboard memiliki peran penting dalam menyelesaikan tugas-tugas komputasi sehari-hari.

Salah satu tombol yang sering digunakan adalah tombol Alt (Alternate). Dimana ternyata tombol Alt memiliki beragam fungsi yang dapat membantu pengguna dalam meningkatkan efisiensi dan produktivitas saat menggunakan komputer, tanpa perlu bergantung pada mouse.

Sehubungan dengan hal tersebut, apada artikel ini redaksi akan menjelaskan secara lengkap tentang fungsi tombol Alt di laptop, dengan penjelasan yang mudah dipahami agar pembaca dapat dengan mudah memahami manfaat dari tombol ini. Silahkan disimak.

Fungsi Tombol ALT di Laptop

Cara Cek Keyboard Laptop Rusak atau Tidak

Tombol Alt terletak di samping kiri dan kanan tombol spasi pada keyboard laptop. Fungsi utama dari tombol Alt adalah mengubah fungsi tombol lainnya yang ditekan.

Dengan kombinasi tombol Alt dan tombol lain, pengguna dapat melakukan berbagai tindakan dengan cepat dan efisien.

Berikut ini detail penjelasan dari beberapa fungsi yang dimaksud.

1. Mengubah Fungsi Tombol Lainnya

Salah satu fungsi tombol Alt yang paling umum adalah mengubah fungsi tombol lainnya yang ditekan.

Sebagai contoh, tombol Alt + F4 digunakan untuk menutup jendela program yang sedang aktif, sementara tombol Alt + Tab digunakan untuk beralih antara program yang sedang berjalan.

Kombinasi tombol Alt ini memungkinkan pengguna untuk dengan cepat mengakses perintah-perintah yang umum digunakan tanpa harus menggunakan mouse.

2. Membuka Menu Perangkat Lunak Tanpa Mouse

Tombol Alt juga berperan penting dalam membuka menu perangkat lunak tanpa menggunakan mouse.

Dalam program-program seperti program Windows, kombinasi tombol Alt + huruf tertentu dapat membuka menu yang sesuai dengan huruf tersebut.

Sebagai contoh, tombol Alt + F membuka menu File, tombol Alt + E membuka menu Edit, dan sebagainya.

Dengan menggunakan tombol Alt, pengguna dapat mengakses opsi-opsi penting pada perangkat lunak dengan cepat dan efisien.

3. Shortcut Keyboard pada Program Teks dan Spreadsheet

Tombol Alt juga berfungsi sebagai shortcut keyboard pada program-program teks dan spreadsheet.

Dalam program seperti Microsoft Word, pengguna dapat menggunakan tombol Alt + huruf atau angka untuk membuka menu dan perintah dengan cepat.

Misalnya, tombol Alt + N membuka menu Insert, tombol Alt + H membuka menu Home, dan sebagainya.

Pada program spreadsheet seperti Microsoft Excel, kombinasi tombol Alt juga memberikan akses cepat ke berbagai menu dan perintah, seperti tombol Alt + W untuk membuka menu View dan tombol Alt + E untuk membuka menu Edit.

4. Shortcut Keyboard yang Lebih Kompleks

Selain kombinasi tombol Alt dengan satu tombol lainnya, pengguna juga dapat menggabungkan tombol Alt dengan tombol Ctrl dan Shift untuk menghasilkan shortcut keyboard yang lebih kompleks.

Misalnya, dalam Microsoft Excel, tombol Alt + Ctrl + V digunakan untuk membuka menu Paste Special, yang memberikan opsi-opsi penggabungan dan format data yang lebih kompleks.

Begitu pula, tombol Alt + Shift + F1 digunakan untuk membuka menu Insert Function, yang memungkinkan pengguna untuk dengan cepat memasukkan rumus-rumus yang kompleks ke dalam sel-sel spreadsheet.

5. Mengaktifkan atau Menonaktifkan Mode Layar Penuh

Tombol Alt juga memiliki fungsi dalam mengaktifkan atau menonaktifkan mode layar penuh pada beberapa program, terutama dalam konteks permainan.

Dengan menekan tombol Alt, pengguna dapat mengalami permainan dengan ukuran layar yang lebih besar, memaksimalkan pengalaman bermain.

Namun, perlu diingat bahwa pengguna juga perlu berhati-hati dalam penggunaan tombol Alt pada program-program tertentu, seperti program Remote Desktop.

Di program ini, kombinasi tombol Alt + Ctrl + Del digunakan untuk mengunci komputer.

Oleh karena itu, pengguna perlu memahami fungsi tombol Alt yang tepat dalam setiap program untuk menghindari tindakan yang tidak diinginkan.

Selain itu, ada beberapa manfaat tambahan yang dapat diperoleh dengan menggunakan tombol Alt. Pertama, dengan mengandalkan tombol Alt, pengguna dapat mengurangi ketergantungan pada mouse.

Kedua, tombol Alt juga membantu dalam meningkatkan produktivitas pengguna, karena pengguna dapat dengan cepat mengakses perintah-perintah penting tanpa harus melakukan navigasi melalui menu dan submenu yang panjang.

Kesimpulan

Dalam dunia komputasi, penggunaan tombol Alt pada laptop memiliki peran penting dalam meningkatkan efisiensi dan produktivitas.

Fungsi tombol Alt yang mencakup pengubahan fungsi tombol lainnya, akses cepat ke menu perangkat lunak, shortcut keyboard pada program teks dan spreadsheet, serta pengaturan mode layar penuh pada beberapa program, membantu pengguna dalam menyelesaikan tugas-tugas komputasi dengan lebih cepat dan efisien.

Dengan memahami dengan baik fungsi tombol Alt dan menggabungkannya dengan kombinasi tombol lainnya, pengguna dapat memanfaatkan potensi penuh keyboard mereka dan meningkatkan pengalaman penggunaan komputer secara keseluruhan.

[darsitek number=3 tag=”laptop”]

Demikian informasi dari redaksi mengenai beberapa fungsi dari tombol ALT yang ada dikeyboard laptop.

Semoga informasi yang redaksi sampaikan pada artikel kali ini bermanfaat untuk Anda.

Penulis: Ikhsan Aufa
Editor: Andra

Pos terkait