Tips Agar Laptop Tetap Dingin Saat Digunakan Dalam Waktu Lama

Tips Agar Laptop Tetap Dingin Saat Digunakan Dalam Waktu Lama

recode.ID – Durasi pemakaian laptop saat digunakan untuk kerja ataupun aktifitas lainnya misalnya untuk gaming dan nonton hiburan, bisa menyebabkan perangkat laptop yang digunakan menjadi panas. Karena itu, penting untuk kalian ketahui, bagaimana cara agar laptop tetap dingin meski digunakan dalam waktu yang cukup lama.

Pasalnya, jika kalian tidak menjaga suhu laptop yang kalian gunakan tetap dalam kondisi normal hal tersebut dapat berpengaruh pada kinerja dan performa laptop yang kalian gunakan.

Dalam beberapa kasus ditemui, masalah panas yang berlebihan atau overheat pada laptop dapat menyebabkan laptop terkadang mati dengan sendirinya.

Jika hal tersebut terjadi tentu akan sangat merugikan kalian, terutama jika kalian sedang mengerjakan tugas atau sejenisnya lalu tiba-tiba laptop mati karena overheat, tentu hal ini akan terasa cukup menjengkelkan.

Agar Laptop Tetap Dingin

Tips Agar Laptop Tetap Dingin Saat Digunakan Dalam Waktu Lama

Untuk menjaga temperatur atau suhu laptop tetap dingin, ada beberapa tips yang bisa kalian terapkan di perangkat laptop kalian masing-masing.

Tips ini sering diabaikan oleh pemilik laptop karena dianggap hal sepele, padahal sangat berpengaruh dalam menjaga perangkat laptop kalian tetap adem.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini tips agar laptop tetap dingin yang sudah redaksi siapkan untuk kalian pelajari dan praktekkan:

  • Gunakan CoolingPad

Permukaan bawah laptop merupakan bagian yang paling panas karena pada area ini letak semua komponen laptop berada.

Sehingga salah satu trik agar permukaan bawah laptop tetap adem, adalah dengan menggukan aksesoris tambahan berupa collingpad yang bisa kalian letakkan di bawah laptop selama kalian menggunakan laptop kalian.

Dengan menggunakan kipas eksternal seperti ini, maka temperatur atau suhu dibawah laptop akan tetap terjaga dan tentu akan membuat kinerja dan performa laptop kalian tetap normal.

  • Hanya Buka Program yang diperlukan

Salah satu penyebab mengapa sebuah perangkat laptop mengalami panas yang berlebihan adalah karena laptop di paksa untuk bekerja di luar batas kemampuanya.

Misalnya, pengguna membuka banyak program sekaligus padahal program tersebut tidak digunakan hal ini akan membuat prosesor bekerja ekstra dan menimbulkan panas yang berlebihan.

Nah, untuk mengurangi beban CPU tersebut kalian bisa mematikan beberapa program yang sedang tidak kamu pakai.

Caranya cukup dengan mengklik kanan pada taskbar, lalu silahkan kalian pilih menu task manager, dan klik performance.

Pada opsi ini, silahkan kalian pilih program mana yang tidak kalian gunakan dan silahkan kalian klik disable untuk menonaktifkanya.

  • Menggunakan Laptop dipermukaan yang Datar

Panas pada laptop yang cukup tinggi, hal itu juga bisa disebabkan oleh cara penggunaan terutama cara menaruh laptop yang salah.

Misalnya, kalian menggunakan laptop diatas kasus sambil tiduran maka sudah tentu hal tersebut akan membuat laptop kalian menjadi overheat.

Oleh karena itu, selalu gunakan laptop pada permukaan yang datar misalnya di meja. Jikalaupun kalian harus menggunakan laptop di kasur, taruh laptop kalian di meja laptop portable khusus untuk menjaga sirkulasi udara.

  • Pastikan Lubang Ventilasi Laptop Bersih

Tips agar laptop tetap dingin saat digunakan dalam waktu yang cukup lama adalah dengan memastikan area lubang ventilasi laptop kalian tetap bersih dan tidak ada debu yang menyumbat.

Karena ventilasi pada laptop berfungsi sebagai tempat untuk membuang panas yang dihasilkan oleh kinerja mesin laptop, sehingga area ini harus tetap bersih agar panas dari laptop bisa dibuang dengan sempurna.

Apabila area ini tersumbat, maka hal itu akan membuat panas dari dalam mesin laptop tidak bisa dibuang dan tertahan dalam.

Oleh karena itu, selalu bersihkan secara rutin area ini, setidaknya seminggu sekali agar tidak ada kotoran atau debu menempel yang akan menganggu proses pembuangan panas.

  • Tips Lainnya

Selain beberapa tips yang sudah redaksi ulas diatas, kalian juga bisa menerapkan tips-tips lainnya agar panas pada laptop kalian bisa menurun.

Beberapa tips lainnya, seperti menambah atau mengganti kapasitas RAM yang digunakan, melakukan pengaturan yang tepat pada laptop, menggunakan laptop pada ruangan yang sejuk, serta memastikan bahwa laptop yang kalian gunakan tidak terinfeksi virus ataupun malware.

Demikianlah informasi mengenai tips agar laptop tetap dingin meski kalian gunakan dalam waktu yang cukup lama. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kalian.

Penulis: Ikhsan Aufa
Editor: Andra

Pos terkait