oleh

Segera Ganti Password Akun Instagram Anda Sekarang, Ini Alasannya

recode.ID Segera Ganti Password Akun Instagram Anda Sekarang, Ini Alasannya – Salah satu media sosial berbagi foto yang cukup populer, Instagram dikabarkan tengah diterpa isu tak sedap terkait keamanan akun penggunanya.

Melansir dari laman Mashable, ratusan pengguna akun Instagram melaporkan jika akun mereka telah menjadi korban peretasan. Para pengguna layanan photo sharing ini mendapati akun mereka secara tiba-tiba logout atau keluar dari aplikasi Instagram secara otomatis dan tak bisa login kembali.


Berbeda dengan kasus peretasan pada umumnya, aksi peretasan akun Instagram kali ini tergolong cukup lihai dalam skenario men-take over akun Instagram para korbannya. Para hacker yang belum diketahui identitasnya ini mampu membypass fitur keamanan otentikasi dua faktor (two-factor-authentication) yang diaktifkan oleh penggunanya.

Selain itu, ketika pengguna mencoba memulihkan akun dengan mereset password akun Instagram milik mereka maka informasi mengenai pergantian password tersebut telah di rubah dan dikirim kealamat email yang baru dengan email yang berdomain dari negara Rusia.

Para peretas ini nampaknya cukup lihai dan memiliki kemampuan yang tak bisa di anggap enteng. Pasalnya dengan di tembusnya sistem keamanan dan menon-aktifkan mode otentikasi dua faktor (two factor authentication/2FA) di akun pengguna, membuaktikan jika sistem ini tak begitu efektif dalam mengamankan akun pengguna Instagram.

Seperti kita tahu, sistem otentikasi dua faktor ini seharusnya cukup ampuh dalam menjamin keamanan akun penggunanya, sebab sistem keamanan berlapis hanya akan mengrimkan notifikasi ke nomor kontak yang terkait yang hanya dimiliki oleh pengguna yang sah.

Sementara itu, pihak Instagram sendiri langsung mendalami insiden peretasan ini dengan segera membentuk tim investigasi khusus untuk menelusuri kasus tersebut. Instagram juga dikabarkan tengah menyediakan sistem keamanan khusus untuk password akun Instagram dengan menggunakan aplikasi Google Authenticator. Aplikasi ini akan mengirimkan nomor token atau kode keamanan ke pengguna hanya untuk sekali pakai dalam beberapa detik.

Lantas, Bagaimana Cara Yang Efektif Untuk Mengamankan Akun Instagram Kita ?

Seperti kata pepatah, mencegah lebih baik dari mengobati maka cara terbaik untuk melindungi akun Instagram kita adalah dengan menerapkan penggunaan password yang cukup aman dan kuat sehingga sulit di tebak maupun di tembus oleh para penjahat dunia maya.

Selain itu, jangan menggunakan password yang sama untuk setiap akun baik email ataupun akun media sosial yang lain. Dengan menggunakan password berbeda-beda di setiap akun juga akan membantu mengurangi potensi peretasan.

Disarankan juga untuk rutin mengganti password akun Instagram yang anda gunakan setidaknya setiap 3 bulan sekali dengan password yang baru. Jika anda sering lupa dengan password akun yang anda gunakan, anda bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk menyimpan password anda seperti Dashline, Last Pass, atau Keeper yang bisa anda temukan di market aplikasi resmi seperti App Store atau Google Play Store.

Mengaktifkan fitur otentikasi dua faktor (two factor authentication/2FA) juga tetap menjadi pilihan terbaik untuk mengamankan akun anda agar terhindar dari percobaan peretasan. Anda bisa mengunjungi tautan yang telah disediakan oleh pihak Instagram dalam mengelola atau mengamankan password akun Instagram anda melalui Link Berikut.

(andra/rcd)

Silahkan Download Aplikasi Baca Berita recodeApps Melalui Google Play Store Untuk Akses Berita Lebih Cepat Di Smartphone Android Anda.


Topik Menarik Lainnya