EventBot, Malware Android Baru Ini Bisa Curi Password Perbankan

  • Whatsapp
EventBot, Malware Android Baru Ini Bisa Curi Password Perbankan

recode.ID – Kembali lagi malware baru di temukan untuk sistem operasi Android bernama Eventbot. Malware ini cukup berbahaya karena menargetkan pencurian password perbankan, kode 2FA, serta dompet digital mata uang kripto korban.

Seperti di laporkan oleh laman Techcrunch, malware ini pertama kali ditemukan oleh kolompok peneliti kemanan digital, Cybereason.

Bacaan Lainnya

Dalam penjelasannya, Cybereason menyebut jika malware ini menyamarkan diri sebagai aplikasi Android resmi yang cukup populer seperti Adobe Flash atau Microsoft Word for Android.

Apabila pengguna tidak waspada, ketika menginstall aplikasi tersebut dari pihak ketiga atau bukan dari laman resmi bisa saja yang di uduh justru malware berbahaya ini.

Baca Juga :  Google Tendang 85 Aplikasi Dari Playstore Yang Berisi Adware

Pembuat malware EventBot juga menyalahgunakan fitur aksesibilitas bawaan Android untuk mendapatkan akses lebih dalam OS perangkat pengguna, demikian penjelasan lebih lanjut dari pihak Cybereason.

Bagaimana Cara Kerja Malware EventBot Ini ?

Lebih lanjut pihak peneliti menjelaskan, jika malware ini berhasil masuk dan terinstall di perangkat korban maka EventBot ini akan menyedot kata sandi untuk lebih dari 200 aplikasi perbankan dan mata uang kripto yang ada di perangkat korban.

Tak hanya itu, malware canggih ini juga akan menghadang pesan kode otentikasi dua faktor atau 2FA (two factor autentication) milik korbannya.

Inilah yang patut untuk di khawatirkan, karena malware ini mampu mencegat kode 2FA maka pembuat malaware ini bisa dengan leluasa menyedot uang dari rekening bank milik korban, aplikasi dan dompet digital, dan mencuri uang kripto milik korban.

Baca Juga :  Waspada, Game Online Ini Bisa Curi Password Pengguna Android

“Pengembang di balik malware EventBot telah menhabiskan waktu dan sumber daya untuk membuat kode yang berkemampuan tinggi dan canggih” ucap Assaf Dahan, selaku kepala penelitian ancaman siber di Cybereason, seperti dikutip dari laman TechCrunch.

Menurut peneliti, malware ini mengalami sejumlah update dan terus di kembangkan oleh pembuatnya dengan menambahkan fitur-fitur baru yang lebih kompleks.

Temuan lain juga menyebutkan jika malware ini dapat mencuri kode kunci perangkat, yang memungkinkan malware akses lebih tinggi ke dalam perangkat korban, seperti pengaturan sistem hingga metode pembayaran.

Tips Agar Terhindar Dari Ancaman Malware

Maraknya kejahatan digital yang kian canggih seperti ini, mengaharuskan kita untuk lebih aware dengan perangkat yang kita gunakan.

Baca Juga :  Opera Mobile Browser Untuk Sistem Operasi Andoid dan iOs Sekarang Bisa Memblok Cryptocurrency Mining

Agar terhindar dari ancaman malware seperti malware EventBot ini, berikut tips yang bisa anda lakukan:

  • Jangan sembarang menginstall aplikasi yang tidak jelas sumbernya.
  • Pastikan untuk selalu mengunduh aplikasi dari sumber resmi, misal dari situs pembuatnya atau dari layanan terpercaya seperti Google Play Store.
  • Jangan mudah tergoda untuk membuka kiriman tautan atau link yang tidak jelas, baik lewat email, chat mesengger dan sebagainya.
  • Pastikan untuk selalu mengupdate perengkat dan juga aplikasi yang digunakan dengan versi terbaru.
  • Lengkapi perangkat dengan aplikasi tambahan keamanan seperti antivirus dan antimalware untuk mendeteksi sedini mungkin jika ada keanehan dengan perangkat yang anda gunakan.

(ikhsan)

Pos terkait