Waspada, 24 Aplikasi Android Ini Terjangkit Malware Joker

recode.ID – Bukan hanya Film layar lebarnya saja yang menarik perhatian para penikmat film, namun kehadiran malicious software yang bernama malware Joker ini juga cukup menyita perhatian para pengguna gadget, terutama gadget dengan basis sistem operasi android.

Pasalnya, beberapa waktu lalu perusahaan keamanan cyber CSIS Security Group  melaporkan bahwa pihak mereka telah menemukan setidaknya 24 aplikasi Android di Google Play yang terinfeksi oleh virus Joker.

Ke 24 aplikasi tersebut, menurut para periset merupakan aplikasi aplikasi yang sudah cukup populer dengan jumlah unduhan lebih dari 472.000 oleh pengguna Android.

Editors’ picks

Baca Juga :  Password iPhone Bisa Di Bobol Lewat Kabel Data

Dari laporan yang dirilis, malware Joker ini secara diam-diam akan mendaftarkan smartphone pengguna yang telah mengunduh dan menginstall aplikasi yang sudah terinfesksi dengan malware ini untuk berlangganan ke layanan premium yang tak diinginkan.

Tak hanya itu, malware ini juga memiliki kemampuan untuk mencuri pesan SMS pada perangkat anda, daftar kontak, dan informasi sensitif lainnya lainnya yang di simpan pada perangkat pengguna.

Berikut daftar nama-nama ke 24 aplikasi yang terjangkit malware joker:

  1. Advocate Wallpaper
  2. Age Face
  3. Altar Message
  4. Antivirus Security–Security Scan
  5. Beach Camera
  6. Board picture editing
  7. Certain Wallpaper
  8. Climate SMS
  9. Collate Face Scanner
  10. Cute Camera
  11. Dazzle Wallpaper
  12. Declare Message
  13. Display Camera
  14. Great VPN
  15. Humour Camera
  16. Ignite Clean
  17. Leaf Face Scanner
  18. Mini Camera
  19. Print Plant scan
  20. Rapid Face Scanner
  21. Reward Clean
  22. Ruddy SMS
  23. Soby Camera
  24. Spark Wallpaper
Baca Juga :  Di serang WannaCry, Fasilitas Produksi Pesawat Boeing Lumpuh

Menanggapi laporan dari CSIS Security Group terkait adanya sejumlah aplikasi yang terhangkit oleh malware joker ini, pihak Gogle pun langsung bereaksi dengn segera menghapus daftar aplikasi tersbut dari layanan Google Play Store.

Pihak Google juga mewanti-wanti pengguna smartphone dengan sistem operasi Android yang sudah menginstall salah satu dari 24 aplikasi yang sudah disebutkan di atas untuk segera menghapus atau uninstall aplikasi tersebut dari perangkat anda.

Malware Joker sendiri, diketahui menargetkan sejumlah pengguna di 37 negara, termasuk untuk pengguna di Indonesia.

Beberapa pengguna di Negara lainnya, seperti Australia, Austria, Belgia, Brasil, China, Cyprus, Mesir, Prancis, Jerman, Ghana, Yunani, Honduras, dan India juga di kabarkan menjadi korban dari malware yang terinspirasi dari judul film yang di sutradarai oleh Todd Phillips tersebut.

Baca Juga :  Sarahah, Aplikasi Kejujuran Yang Sedang Viral Itu Ternyata Bisa Mencuri Daftar Kontak Anda

Karena itu, jika anda merupakan pengguna atau setidaknya pernah menginstall salah satu aplikasi diatas, ada baiknya untuk segera menghapusnya dan melakukan pemerikasaan keamanan pada perangkat anda.

(azzahra)

Topic:

Menarik Untuk Anda Baca: