oleh

Hal-hal Yang Perlu Anda Perhatikan Sebelum Membeli Smartphone Bekas

recode.IDHal-hal Yang Perlu Anda Perhatikan Sebelum Membeli Smartphone Bekas – Memiliki smartphone dengan beragam fitur dan teknologi terkini merupakan impian sebagian orang. Namun terkadang, harga yang di tawarkan untuk meminang unit smartphone baru masih di luar batas kemampuan kita yang memiliki penghasilan pas-pasan.

Salah satu cara mensiasati untuk bisa memiliki gadget impian tersebut adalah dengan membeli smartphone bekas atau second karena harganya yang relatif lebih terjangkau.


Namun, sebelum anda memutuskan untuk membeli smartphone bekas, ada baiknya anda perhatikan terlebih dahulu hal-hal berikut agar keputusan anda untuk lebih memilih membeli smartphone second tidak berbuah penyesalan di masa akan datang.

1. Usahan Untuk Membeli Smartphone Bekas dari Orang Yang Sudah Anda Kenal

Untuk menghindari terjadinya penipuan, ada baiknya anda mencari informasi terlebih dahulu kepada rekan anda atau kerabat jika ada dari mereka yang ingin menjual smrtphone yang anda idam-idamkan.

Cara ini terbilang lebih efektif ketimbang anda harus membeli lewat online atau situs jual beli, karena selain anda bisa memastikan kondisi unit smartphonenya terlebih dahulu, juga bisa mengurangi biaya ongkir (ongkos kirim).

2. Pake Sistem COD (Cash On Delivery)

Selain melalui kerabat, membeli smartphone bekas juga bisa dengan cara lewat jalur online di situs jual beli barang bekas, atau lewat group jual beli di sosial media.

Untuk memastikan smartphone yang akan anda beli masih layak, ada baiknya anda mencari penjual yang bisa di ajak sistem COD, atau bayar di tempat agar terhindar aksi penjual yang nakal.

3. Periksa Semua Kelengkapan Unit Smartphone

Sebelum memtuskan untuk membelinya, pastikan terlebih dahulu kelengkapan dan aksesoris smartphone bekas yang akan anda beli.

Periksa secara menyeluruh, mulai dari pengisi daya (charger), headset, kabel USB, dan kelengkapan lain seperti Dus atau kotak penyimpanan serta surat-surat garansi.

4. Cari Terlebih Dahulu Informasi Pasaran Harga Ponsel Bekas

Mengetahui kisaran harga smartphone second yang akan anda beli merupakan salah satu hal yang wajib anda ketahui agar terhindar dari aksi penipuan.

Anda bisa memperoleh informasi harga smartphone bekas melalui internet yang biasanya di sediakan oleh beberapa situs jual beli online.

5. Cek Semua Fitur dan Kinerja Smartphone

Hal terakhir yang harus anda perhatikan sebelum membeli smartphone bekas adalah memastikan semua fitur dan kinerja smartphone yang akan anda beli dalam kondisi normal.

Cek semua fitur, mulai dari kamera, sinyal Wi-Fi, bluetooth, dan beberapa fitur lainnya yang anda anggap penting. Jangan lupa untuk mengetes panggilan telepon dan video call.

Selain itu, pastikan performa smartphone yang anda incar tersebut dalam kondisi normal, misalnya kondisi baterai yang tidak cepat drop, tidak ada goresan atau garis pada layar, serta tombol fisik mulai dari tombol power, tombol volume masih berfungsi normal.

Demikian beberapa hal yang perlu anda perhatikan ketika ada akan membeli smartphone bekas. Dengan meneliti terlebih dahulu unit smartphone second yang akan anda beli, niscaya anda tidak akan tertipu dan menyesal di kemudian hari.

(Andra/rcd)

Silahkan Download Aplikasi Baca Berita recodeApps Melalui Google Play Store Untuk Akses Berita Lebih Cepat Di Smartphone Android Anda.


Topik Menarik Lainnya