Mengatasi Sertifikat Vaksin Tidak Muncul di PeduliLindungi

Mengatasi Sertifikat Vaksin Tidak Muncul di Aplikasi PeduliLindungi

recode.ID – Kementrian Kesehatan Republik Indonesia selaku pihak yang bertanggung jawab atas aplikasi PeduliLindungi menyebutkan, bahwa ada banyak sekali keluhan dari masyarakat tanah air yang mengatakan jika sertifikat vaksin mereka tidak muncul di aplikasi PeduliLindungi.

Hal itu seperti yang diungkap oleh Chief Digital Transformation Officer Kemenkes, Setiaji yang mengatakan jika ada cukup banyak pengguna yang mengeluhkan masalah tersebut.

“Masyarakat langsung komplain atas tidak adanya sertifikat vaksin di PeduliLindungi. Untuk kasus seperti ini, masyarakat bisa terlebih dahulu cek di dalam website pedulilindungi.di, jadi jangan langsung ke aplikasi PeduliLindungi,” jelas Setiaji.

Nah, jika Anda adalah satu pengguna yang mengalami kejadian ini, pihak Kemenkes memberikan tips atau panduan bagaimana cara mengatasi masalah tersebut. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Mengatasi Sertifikat Vaksin Tidak Muncul

Waspada, Ada Situs PeduliLindungi Palsu Yang Berbahaya

Seperti diketahui, PeduliLindungi saat ini menjadi  salah satu aplikasi yang cukup penting dan merupakan salah satu syarat utama untuk mendukung  berbagai aktivitas utama masyarakat Indonesia di tengah pandemi Covid-19.

Hal ini idikarenakan, dengan  berbekal aplikasi PeduliLindungi, masyarakat diperbolehlan untuk bermobilitas atau beeprgian, dengan salah satu syaratnya yakni sudah memiliki sertifikat vaksinasi yang dicantumkan dalam aplikasi PeduliLindungi.

Namun yang jadi masalah, ketika Anda sudah di Vaksin namun ketika akan mengecek status vaksinasi pada sertifikat di aplikasi tersebut ternyata sertifikat dimaksud tidak bisa tampil.

Jangan panik dahulu, karena redaksi akan mmeberikan tips yang sudah redaksi rangkum dari penjelasan pihak Kemenkes selaku penanggung jawab aplikasi ini.

Seperti yang redaksi kutip dari situs resmi Kementerian Kesehatan (Kemenkes), berikut adalah beberapa cara dan hal yang dapat kamu lakukan.

  • Silahkan Anda kirimkan email ke pengelola aplikasi PeduliLindingi yang berlamat di sertifikat@pedulilindungi.id
  • Pada email yangg dikirim cantumkan data yang diperlukan meliputi, Nama Lengkap, NIK KTP, Tempat Tanggal Lahir, dna juga Nomor Ponsel yang Anda gunakan untuk mendaftar.
  • Lampirkan juga foto kartu vaksin saat menerima suntikan pertama atau kedua.

Perlu diingat, bahwa cara diatas bisa Anda lakukan apabila Anda sudahterdaftar pada aplikasi PeduliLindungi namun sertifikat vaksin tidak mau muncul.

Apabila Anda belum terdaftar, disarankan untuk mendaftar lebih dahulu di aplikasi tersebut lewat perangkat Anda masing-masing.

Cara daftarnya juga cukup mudah, setelah Anda mengunduh aplikasi PeduliLindungi baik lewat Play Store maupun App Store, selanjutnya silahkan buka aplikasinya dan langsung klik Login/Register.

Silahkan Anda masukan nama lengkap berserta nomor ponsel yang Anda gunakan. Nantinya, setelah Anda melakukan input data tersebut, sistem akan  mengirim kode verifikasi ke nomor yang sudah Anda daftarkan.

Langkah berikutnya, tingga Anda masukkan kode OTP yang masuk lewat SMS tersebut, ke aplikasi PeduliLindungi dan Anda akan dibawa masuk kedasboard aplikasi. Selanjutnya, silahkan masukan semua data yang diminta.

Pos terkait