Pesan WhatsApp Sering Pending & Suka Error, Begini Cara Ampuh Mengatasinya

recode.ID – Bagi pengguna smartphone merk atau jenis apapun, bisa dipastikan aplikasi WhatsApp selalu ada dalam daftar aplikasi yang mereka install.

Meski selama ini dikenal sebagai salah satu aplikasi chatting yang cukup populer dengan milliaran pengguna di seluruh dunia, nyatanya apalikasi WhatsApp juga tak luput dari berbagai masalah yang terkadang bikin kesal penggunanya.

Salah satu masalah yang paling kerap terjadi adalah, kiriman pesan WhatsApp sering pending atau error sehingga pesan kita menjadi tidak terkirim dan tidak diterima dengan baik oleh lawan chat kita. pasti bikin kesel banget, kan?

Oleh karena itu, kali ini recode.ID akan memberikan tips bagaimana cara mengatasi pesan WhatsApp sering pending atau error. Di jamin works 100%.

Cara Ampuh Mengatasi Pesan WhatsApp Sering Pending & Suka Error

Sebenarnya ada beberapa penyebab mengapa pesan WhatsApp yang kita kirim sering tertunda atau pending, mulai dari jaringan internet yang bermasalah, aplikasi lain yang mengganggu, hingga aplikasi WhatsApp itu sendiri yang error. Simak tips cara mengatasinya berikut ini:

  • Periksa lebih dahulu jaringan internet yang anda gunakan
Baca Juga :  Cara Download Video Instagram Dengan Mudah Dengan Bantuan Aplikasi

Dalam beberapa kasus, masalah tertundanya pesan whatsapp yang kita kirim adalah di karena jaringan internet yang kita gunakan bermasalah.

Karenanya, langkah pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan memeriksa jaringan internet yang sedang aktif di perangkat yang kalian gunakan.

Pastikan kuota data anda mencukupi, sinyal tidak bermasalah, atau jika menggunakan koneksi Wi-Fi, pastikan jaringan wi-fi bisa di akses dengan normal.

  • Restart jaringan dengan mengaktifkan mode pesawat.

Fitur mode pesawat yang ada di samrtphone kalian, sebenarnya digunakan atau di aktifkan ketika sedang berada di pesawat.

Tapi, sebenarnya fitur tersebut juga bisa kalian gunakan untuk merestart jaringan pada smartphone yang kalian gunakan. Ketika fitur tersebut di aktifkan, maka semua konektifitas atau jaringan smartphone akan mati.

Ketika beralih ke mode normal, maka jaringan akan aktif kembali. Dengan cara tersebut, anda telah me-restart segala jaringan yang terhubung di smartphone anda. Cara ini terbukti ampuh untuk mengembalikan koneksi ineternet yang terganggu.

  • Cek fitur penghemat daya di Android

Pesan whatsapp sering pending, biasanya disebabkan oleh aplikasi penghemat daya terutama pada smartphone berbasis sistem operasi Android.

Hal ini berkaitan dengan daya baterai smartphone anda yang pada saat digunakan berada di kondisi kritis dan harus segera melakukan pengisian ulang atau di charge.

Ketika baterai menipis, fitur penghemat daya aktif, dan akan mematikan sejumlah aplikasi yang menyedot penggunaan baterai terbanyak, salah satunya aplikasi WA.

Baca Juga :  Untuk Pengguna Android, Begini Cara Membuka Website yang Diblokir Kemkominfo Tanpa VPN

Untuk mengatasinya, silahkan nonaktifkan fitur tersebut atau segera isi ulang daya baterai smartphone anda.

  • Copot Aplikasi Pembersih RAM

Aplikasi pembersih RAM, diklaim mampu meningkatkan kinerja sebuah smartphone. Umumnya Aplikasi pembersih RAM ini akan membersihkan aplikasi Android yang berjalan di latar belakang alias background.

Karena aplikasi WhatsApp berjalan di latar belakang untuk menerima pesan, bisa saja aplikasi pembersih RAM sengaja menutupnya agar performa smartphone anda tetap terjaga.

Karenanya, jika di rasa cukup menggangu ada baiknya uninstall saja aplikasi pembersih RAM di smartphone Android anda.

  • Rutin Bersihkan Cache Aplikasi

Cache adalah data yang disimpan sementara guna mempercepat pemrosesan sebuah dari sebuah aplikasi. Namun apabila chache ini sudah menumpuk dan tidak dibersihkan, efeknya akan membuat performa smartphone anda akan lemot, dan aplikasi akan terganggu.

Dengan membengkaknya cache pada aplikasi WA, terkadang akan membuat WhatsApp error dan berakibat pesan WhatsApp sering pendingketika dikirim.

Karenanya, membersihkan cache WhatsApp juga sangat di anjurkan untuk mengatasi permasalahan ini. Caranya cukup mudah, buka menu Settings > Apps & notifications > WhatsApp > Storage > Clear cache. Tunggu beberapa saat hingga WhatsApp kembali normal dalam mengirim dan menerima pesan yang tertunda.

  • Cek dan Bersihkan Data Aplikasi
Baca Juga :  Cara Mengunci Aplikasi Android Agar Tidak Bisa Dibuka Orang Lain

Selain membersihkan cache, untuk mengatasi pesan whatsapp sering pending anda juga bisa membersihkan data aplikasi WhatsApp untuk alternatifnya.

Namunperlu diingat, untuk melakukan proses back up terlebih dahulu, semua pesan dan media yang ada diaplikasi WA anda. Selajutnya, untuk membersihkan data WhatsApp, silahkan buka menu Settings > Apps & notifications > WhatsApp > Storage > Clear data.

Meski efeknya, semua history chat anda hilang, namun aplikasi whatsapp anda di jamin akan normal kembali. Untuk mengembalikan chat yang terhapus, silahkan lakukan restore dari file back up yang sudah ada lakukan sebelumnya.

  • Update atau Install Ulang Aplikasi WA

Beberapa pengguna sengata mematikan update otomatis aplikasi di smartphone mereka. Meski bisa menghemat penggunaan kuota internet, namun cara ini memiliki dampak buruk yakni aplikasi tidak akan berjalan normal seperti semestinya.

Begitu juga dengan aplikasi WhastApp yang anda gunakan, bisa saja WhatsApp error dan pesan WhatsApp sering pending dikarenakan aplikasi WA yang anda gunakan merupakan versi lama dan belum diperbaharui dengan versi terbaru.

Bagaimana, cukup mudah bukan dalam mengatasi permasalahan pesan WhatsApp sering pending di smartphone yang kalian gunakan. Selamat mencoba.

(azzahra)

Topic:

Just For You