3 Langkah Mudah Menonaktifkan Iklan di HP Xiaomi

recode.ID3 Langkah Mudah Menonaktifkan Iklan di HP Xiaomi – Siapa yang tak kenal dengan brand Smartphone asal Tiongkok yang satu ini, Xiaomi. Dikenal sebagai salah satu produsen smartphone dengan harga yang  murah, tak heran jika produk smartphone besutan Xiaomi laris manis di pasaran.

Jika anda merupakan salah satu pengguna smartphone keluaran Xiaomi, pasti sering menemui beberapa tayangan iklan yang sering muncul pada aplikasi bawaan smartphone yang anda gunakan tersebut.

Ketika pengguna sedang menjajal sebuah aplikasi bawaan di ponsel Xiaomi, akan muncul iklan (ads) dalam aplikasi tersebut. Bahkan, tak hanya dalam aplikasi bawaan, iklan juga kerap kali diselipkan  dan muncul di notifikasi dan halaman pengaturan ponsel.

Tayangan iklan yang muncul tersebut, bukanlan malware atau virus, namun iklan yang sengaja di selipkan oleh pihak Xiaomi. Hal ini dikarenakan pabrikan smartphone tersebut menanamkan sistem untuk menampilkan iklan di sebagian antarmuka MIUI dan aplikasi bawaannya.

Sistem ini biasa di sebut sebagai “MIUI System Ads” (MSA). Sebenarnya MSA yang terpasang pada ponsel Xiaomi tidak bisa dihapus (uninstall) oleh pengguna.

Kendati demikian, ada cara untuk menonaktifkannya agar ponsel Xiaomi bebas iklan yang di rasa cukup mengangu kenyamanan pengguna. Bagaimana caranya ? Simak ulasan lengkpnya berikut ini:

Baca Juga :  #4 Tips Atasi Kecanduan Sosial Media Facebook

3 Langkah Mudah Menonaktifkan Iklan di HP Xiaomi

Berikut 3 langkah yang harus anda lakukan untuk menonaktifkan iklan yang muncul di smartphone Xiaomi:

Langkah 1: Pastikan untuk menonaktifkan fitur sistem iklan (MSA)

langkah pertam yang harus andalakukan adalah dengan mematikan fitur MSA tersebut yang jadi sumber masalah. Caranya:

  • Silahkan menuju ke menu pengaturan ponsel atau settings
  • Selanjutnya pilih menu “Additional settings”, lalu pilih “Authorization & revocation”
  • Cari menu atau fitur bernama MSA dalam daftar, lalu geser toggle ke sebalah kanan.
  • Akan muncul jendela notofikasi, lalu tunggu beberapa saat.
  • AKhiri dengan Tekan tombol “Revoke” pada jendela notifikasi yang muncul.

Dengan menonaktifkan fitur utama MSA ini, maka sistem yang memunculkan iklan pada ponsel Xiaomi pun tidak akan berjalan.

Namun, biasanya iklan masih tetap bisa muncul karena akan terus dilacak oleh fitur rekomendasi iklan yang masih aktif.

Karena itu, lengkah selanjutnya adalah pengguna harus mematikan fitur “Personalized Ad” pada ponsel Xiaomi pada langkah kedua berikut.

Langkah 2: Mematikan fitur ads tracking

Setelah anda mematikan sistem MSA pada langkah pertama di atas, langkag berikutnya dalah dengan mematikan fitur “Personalized Ad” yang jadi pemicu munculnya iklan. Caranya:

  • Buka menu “Settings” > “Additional settings” > “Privacy” > “Ad services”.
  • Pada halaman “Ad services”, silahkan anda matikan opsi “Personalized ad recommendations”.

Langkah ini csudah cukup efektif untuk memblokir iklan yang kerap muncul di smartphone Xiaomi. Kendati demikian, dalam beberapa kasus, biasanya iklan juga masih muncul sesekali pada beberapa aplikasi bawaan MIUI seperti Mi Apps, Mi Browser, Mi Music, Mi Video dan beberapa aplikasi lain.

Baca Juga :  Cara Download Video Di Facebook Dengan Mudah Lewat Smartphone

Karena itu, agar ponsel Xiaomi anda benar-benar bebas iklan spenuhnya, langkah ketiga ini wajib anda lakukan.

Langkah 3: Matikan fitur rekomendasi iklan di aplikasi bawaan Xiaomi

Sebagai langkah pamungkas untuk menonaktifkan iklan pada ponsel Xiaomi, pengguna di sarankan untuk mematikan fitur rekomendasi iklan pada aplikasi bawaan smartphone. Caranya:

  • Mi Browser

Untuk mematikan fitur rekomendasi iklan pada aplikasi browser bawaan Xiaomi caranya, silahkan aplikasi Mi Browser, lalu masuk ke menu pengaturan dengan mengetuk ikon “tiga garis vertikal”.

Kemudian pilih “Settings” > “Privacy & security”. Selanjutnya matikan fitur bernama “Recommended for you”.

Selain itu, pengguna juga disarankan untuk mengatur halaman utama aplikasi Mi Browser agar tak muncul iklan. Caranya, buka menu “Settings” di Mi Browser  lalu pilih “Advanced” > “Set start page”. Danti halaman utama menjadi www.google.com. Setelah itu, klik OK.

  • MIUI Security

Untuk mematikan fitur rekomendasi dan menonaktifkan iklan pada aplikasi MIUI Security, caranya: buka aplikasi Miui Security lalu buka menu “Settings” dengan mengetuk ikon pengaturan di sebelah kanan atas. Selanjutnya, matikan opsi “Receive recommendations”.

  • Mi Cleaner

Untuk mematikan fitur rekomendasi iklan pada aplikasi MIUI Security, caranya buka aplikasi tersebut lalu buka menu pengaturan. “Settings” > “Cleaner”Pada halaman pengaturan “Cleaner”, matikan opsi “Receive recommendations”.

  • MIUI Downloads
Baca Juga :  #4 Tips Atasi Smartphone Yang Licin Dan Mudah Jatuh

Untuk mematikan fitur rekomendasi iklan pada aplikasi MIUI Downloads, caranya buka aplikasi MIUI Downloads lalu pergi ke menu “Settings”. Kemudian matikan opsi “Show recommended content”. Tekan “Ok” pada jendela yang muncul.

  • Mi Music

Untuk mematikan fitur rekomendasi iklan pada aplikasi Mi Music, caranya buka aplikasi tersebut lalu ketuk tanda 3 titik di atas pada menu “Settings” lalu “Advanced Settings” Selanjutnya matikan opsi “Receive recommendations”.

  • Mi Video

Untuk mematikan fitur rekomendasi iklan pada aplikasi Mi Video, carnya buka aplikasi Mi Video kemudian ke tab “Account” yang terletak pada bagian kanan bawah aplikasi Mi Video.

Selanjutnya pilih menu “Settings”, kemudian nonaktifkan opsi “Online recommendations” dan “Push notifications”.

  • MIUI Folders

Xiaomi juga diketahui menyisipkan iklan tak hanya di aplikasi bawaan tetapi juga folder-folder aplikasi Xiaomi. Untuk menonaktifkan iklan pada folder di smartphone Xiaomi, buka salah satu folder lalu ketuk nama folder tersebut. Nonaktifkan sub-menu “Promoted apps” yang terletak di bawah kolom nama folder.

[artikel number=3 tag=”tips” ]

Demikian 3 langkah mudah dalam menonaktifkan iklan yang sering muncul pada smartphone Xiaomi. Tips ini telah diuji coba oleh penulis sehingga di jamin keberhasialnnya. Selamat Mencoba.

(aufa)

Topic:

Just For You