Penyebab dan Cara Mengatasi “Sayangnya Instagram Telah Berhenti”

  • Whatsapp
Penyebab dan Cara Mengatasi “Sayangnya Instagram Telah Berhenti”

recode.ID – Pengguna Instagram kerap mengeluhkan jika saat menggunakan sosial media berbagai foto ini, sering muncul notifikasi Sayangnya Instagram Telah Berhenti dan aplikasi tersebut tertutup secara otomatis.

Tentu ini terasa menyebalkan, pada saat kita harus segera online namun aplikasi Instagram justru mengalami error dan menampilkan pesan seperti itu.

Bacaan Lainnya

Lantas apa sebenarnya yang jadi penyebab masalah ini? Nah, pada kesempatan kali ini redaksi recode.ID akan menjelaskan mengenai berbagai penyabab serta cara mengatasi masalah Sayangnya Instagram Telah Berhenti yang mungkin saat ini sedang anda alami.

Penyebab Instagram Berhenti Tiba-tiba

Penyebab utama munculnya pemberitahuan tersebut ketika membuka aplikasi Instagram kalian adalah adanya error aplikasi yang dikarenakan beberepa hal.

Misalnya, banyaknya file sampah atau cache pada perangkat yang kalian gunakan, terlalu banyak aplikasi yang di buka secara bersamaan sehingga menyebabkan coflict, jaringan internet yang tidak stabil serta kemungkinan error aplikasi karena masih menggunakan versi yang lawas.

Untuk mengatasi persoalan tersebut kita harus paham dan kenali lebih dahulu apa yang jadi penyebabnya seperti yang sudah di ulas di atas.

Setelah Anda mengetahui secara pasti, apakah salah satu penyebab di atas yang jadi biang keroknya, maka tahap selanjutnya adalah mengatasi masalah tersebut agar tidak muncul kembali saat digunakan di lain waktu.

Baca Juga :  Mau Online Shop Ramai Pembeli ?, Coba Tips Berikut Ini

Cara Mengatasi Sayangnya Instagram Telah Berhenti

Untuk cara mengatasi masalah ini harus didasarkan pada masalah atau penyebabnya. Berikut beberapa lagkah yang bisa anda coba untuk mengatasi kondisi ini:

  • Bersihkan Cache Atau Data Aplikasi

Masalah cashe atau file sampah pada perangkat merupakan masalah yang umum yang jadi penyebab mengapa banyak aplikasi mengalami error ketika dibuka, termasuk Aplikasi Instagram.

Masalah cache yang menumpuk ini juga menjadi penyebab mengapa smartphone menjadi lemot, atau menurun performanya.

Karena itu, segera bersihkan cache atau file sampah ini dengan cara:

  • Silahkan buka menu Settings atau Pengaturan pada smartphone yang Kalian gunakan
  • Selanjtnya klik pada menu Apps
  • Lalu pilih aplikasi Instagram
  • Kemsuain pilih menu Storage.
  • Pada menu ini silahkan kalian tekan tombol Clear Data atau Clear Cache

Dengan cara ini cache atau file sampah terutama pada aplikasi Inatagram agak dibersihkan oleh sistem. Ini juga akan membuat performa smartphone yang kalian gunakan akan menjadi lebih baik.

Untuk membersihkan cache pada aplikasi lain, lakukan langkah yang sama dengan cara di atas, hanya saja kalian tinggal menyesuaikan nama aplikasi mana yang akan dibersihkan.

  • Restart Smartphone
Baca Juga :  Cara Jual Barang di Facebook Agar Cepat Laku, Mudah dan Cepat

Berikutnya, bagaimana cara mengatasi sayangnya instagram telah berhenti adlaah dengan cara melakukan restart pada smartphone yang kalian gunakan.

Umumnya smartphone yang sudah berhari hari selalu dalam kondisi ON akan mengalami penurunan performa dan menyebabkan beberapa aplikasi tidak bisa dibuka.

Karena itu, kalian bisa mencoba menyegarkan smartphone kalian dengan memuat ulang atau merestart ponsel yang kamu gunakan. Dengan cara ini, semua sistem akan berjalan dari awal dan performa smartphone biasanya akan membaik.

  • Cek Koneksi Internet yang Kalian Gunakan

Saat muncul masalah ini, coba kalian cek koneksi internet kalian apakah dalam keadaan lancar dan stabil. Untuk mengeceknya juga cukup gampang, silahkan buka aplikasi lain misal aplikasi FB atau browser dan gunakan untuk berselancar,

Jika kalian tidak bisa browsing atau menggunakan aplikasi FB berarti memang jaringan atau koneksi internet kalian yang bermasalah.

Ini bisa terjadi karena beberapa hal, misal sinyal yang jelek, pulsa data habis atau kalian sedang dalam ruangan yang tertutup sehingga mengganggu kekuatan sinyal internet kalian.

  • Paksa Berhenti Aplikasi

Selain dengan membersihkan cache kalian juga bisa force close atau paksa berhenti aplikasi untuk memuat kembali aplikasi IG kalian dari awal.

Baca Juga :  Cara Mengamankan Akun Tokopedia Agar Tidak Disalahgunakan Hacker

Caranya, buka Pengaturan ponsel Anda, pilih menu Setelan Tambahan, lalu pilih submenu Manajemen Aplikasi kemudian cari aplikasi “Instagram”. Kemudian ketuk pada “Paksa Berhenti” dan “Hapus Data”.

  • Update atau Instal Ulang Aplikasi

Langkah terakhir yang bisa kalian coba ketika mengalami masalah Kenapa aplikasi Instagram tidak merespon adalah dengan melakukan update aplikasi.

Biasanya beberapa pengguna mematikan opsi update otomatis pada aplikasi, sehingga ketika ada pembaruan aplikasi terbaru kita lupa untuk segera melakukan update.

Coba buka layanan Google Play Store kalian, lalu buka pada menu aplikasi yang terinstall, cek pada aplikasi Instagram apakah ada notifikasi untuk melakukan Update.

Segera lakukan update jika memang kalian masih menggunakan aplikasi versi yang lawas.

Sementara untuk opsi terakhir yakni dengan menginstall ulang aplikasi. Ini merupakan pilihan terakhir yang bisa kalian tempuh jika semua cara diatas masih belum bisa memulihkan masalah yang anda hadapi.

Silahkan hapus aplikasi IG anda, lalu lakukan install ulang aplikasi dengan menggunakan versi yang paling terbaru.

Demikian informasi mengenai cara mengatasi masalah Sayangnya Instagram Telah Berhenti yang mungkin sata ini sedang kalian alami, cukup mudah bukan? Selamat mencoba.

(andra/rcd)

Pos terkait