oleh

Kemkominfo Luncurkan Sirani, Aplikasi Pendeteksi Ponsel Black Market

recode.IDKemkominfo Luncurkan Sirani, Aplikasi Pendeteksi Ponsel Black Market – Ketika membeli sebuah smartphone via online, terkadang ada rasa khawatir apakah nanti smartphone yang kita beli tersebut merupakan produk resmi atau merupakan produk black market.

Pasalnya tak jarang ada seller nakal yang memasarkan produk smartphone black market alias produk tak berijin. Sebagai buyer, tentu kita tidak ingin merasa kecolongan dengan membeli produk black market.


Namun, masih minimnya informasi tentang gadget yang sudah tersertifikasi, tentu membuat konsumen kurang leluasa ketika membeli sebuah perangkat telekomunikasi, terutama smartphone.

Persoalan ini yang kemudian di tanggapi oleh pemerintah, dalam hal ini Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI) serta Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Bertempat di Bogor, Jawa Barat, Rabu (11/7) dalam sebuah event Temu Vendor 2018, pemerintah meluncurkan aplikasi mobile yang mereka namakan SIRANI, yang berfungsi untuk mengecek dan memastikan bahwa perangkat yang kita gunakan merupakan produk resmi atau produk black market.

Direktur Standardisasi Perangkat Pos dan Informatika, Ditjen SDPPI, Mochamad Hadiyana dalam peluncuran aplikasi tersebut mengatakan ” Aplikasi Sirani bisa diunduh oleh masyarakat melalui toko aplikasi Google Play Store. Pengguna dapat mengakses semua informasi mengenai sertifikasi alat atau perangkat telekomunikasi dari smartphone maupun perangkat mobile Android lainnya,”.

Melalui aplikasi Sirani ini, masyarakat dapat mengakses semua informasi mengenai daftar sertifikat, informasi sertifikasi, balai uji, hingga tarif sertifikasi perangkat telekomunikasi dari semua perangkat yang mereka gunakan atau akan mereka beli.

Dengan di luncurkannya aplikasi Sirani ini, pemerintah berharap masyarakat dan konsumen tanah air bisa lebih mudah dalam mencari informasi mengenai gadget atau perangkat telekomunikasi yang akan mereka beli.

Tak hanya sebagai media untuk mencari informasi mengenai sertifikasi sebuah perangkat telekomunikasi, aplikasi Sirani juga dapat digunakan sebagai tempat pendaftaran untuk mendukung perizinan online terpadu One Single Submission bagi vendor atau perusahaan yang ingin melakukan sertifikasi produk.

Kendati demikian, aplikasi Sirani saat ini hanya tersedia untuk pengguna smartphone dengan basis sistem operasi Android, yang dapat di unduh melalui market aplikasi Google Play Store.

Sementara untuk pengguna iPhone dan iPad, pemerintah masih belum mengkonfirmasi apakah aplikasi ini akan tersedia untuk platform iOs tersebut.

(andra/rcd)

Silahkan Download Aplikasi Baca Berita recodeApps Melalui Google Play Store Untuk Akses Berita Lebih Cepat Di Smartphone Android Anda.


Topik Menarik Lainnya