Waspada, Ada Situs PeduliLindungi Palsu Yang Berbahaya

Waspada, Ada Situs PeduliLindungi Palsu Yang Berbahaya

recode.ID – Semakin populernya aplikasi PeduliLindungi di tengah masayarakat tanah air, ternyata membuat sejumlah oknum penjahat cyber terinpirasi untuk mmebuat situs PeduliLindungi palsu.

Seperti kita tahu, aplikasi ini berguna sebagai media untuk memantau dan melakukan pelacakan atau tracing penyebaran virus covid-19 agar bisa di minimalisir.

Selain itu, aplikasi ini juga berfungsi sebagai salah satu persyaratan untuk keperluan pengguna yang ingin bepergian ataupun masuk di suatu kawasan tertentu.

Baru-baru ini, telah di temukan sebuah situs website yang menyerupai situs PeduliLindungi baik secara tampilan visual maupun konten didalamnya.

Akan tetapi, situs tersebut adalah sebuah situs palsu yang cukup berbahaya jika diakses oleh pengguna yang tidak waspada, karena bisa mencuri data dan informasi kredensial pengguna.

Hal itu di sampaikan oleh Dedy Permadi, selaku Juru Bicara Kemenkominfo yang membenarkan bahwasanya ada sebuah situs PeduliLindungi palsu atau abal-abal dengan nama dan tampilan yang mirip.

Menurut Dedy, situs ini merupakan situs jahat yang bertujuan farming atau memanen data nomor ponsel, nama lengkap dan alamat rumah Anda yang di input oleh pengguna yang tidak mewaspadainya.

“Ditemukan situs ‘farming’ nama dan tampilannya persis PeduliLindungi. Tapi ini situs palsu,” jelas Dedy seperti yang redaksi kutip dari laman detikINET, pada Kamis (9/9/2021).

Alamat Situs PeduliLindungi Palsu Mengecoh

Waspada, Ada Situs PeduliLindungi Palsu Yang Berbahaya

Lebih lanjut menurut penjelasan Jubir Kementrian Komunikasi dan Informasi, dijelaskan bahwa aamat situs tersebut sangat mirip dengan aslinya sehingga pengguna yang tidak waspada bisa saja terkecoh.

Situs palsu beralamat di https://www.pedulilindungia.com/, jika dicermati lebih seksama sepintas akan terlihat mirip.

Namun, harap waspada dan perhatikan nama situsnya yang ada tambahan huruf A dibelakangnya. Selain itu, ekstensi domain yang digunakan adalah dot.com berbeda dengan situs asli yang menggunakan ekstensi domain dot.id.

Ketika situs PeduliLindung palsu tersbeut diakses atau di buka lewat browser nantinya akan muncul notifikasi atau pemberitahuan Not Secure dari Google, yang mengindikasikan bahwa situs tersebut memang tidak aman.

Menindaklanjuti temua tersebut, pihak Kemkominfo langsung bertindak cepat dengan segera memblokir situs tersebut agar tidak menimbulkan korban.

“Kementerian Kominfo telah melakukan pemutusan akses terhadap situs palsu pedulilindungia.com. Saat ini sedang dalam proses update sistem dari masing-masing ISP (Internet Service Provider),” ujar Dedy.

Saat tim redaksi mencoba untuk mengakses situs PeduliLindungi palsu tersebut, benar saja situs tersebut kini sudah tidak lagi bisa diakses.

Selanjutnya, pihak Kemkominfo menghimbau kepada seluruh masyarakat di tanah air untuk lebih waspada dengan aksi pencurian data berkedok situs palsu seperti ini.

Dedy menghimbau agar masyarakat hanya mengakses situs resmi pedulilindungi.id dan aplikasi resmi PeduliLindungi yang bisa di download dilayanan resmi seperti App Store dan Google Play store.

“Jadi kalau Anda memperoleh sebaran atau kiriman tautan soal PeduliLindungi dan disuruh klik link, perhatikan linknya secara seksama, pastikan itu adalah situs asli” tutup Dedy.

Pos terkait