Aplikasi PeduliLindungi untuk Lacak Covid-19, Install Sekarang

  • Whatsapp

recode.ID – Setelah sebelumnya mewacanakan akan merilis aplikasi yang berguna untuk melacak virus corona, maka aplikasi dimaksud yang bernama Aplikasi PeduliLindungi sudah bisa di unduh dan di install di smartphone Anda.

Untuk Anda yang masih merasa bingung, sebenarnya apa sih Aplikasi PeduliLindungi diri ini, apa fungsinya dan bagaimana cara kerjanya ? maka berikut ini akan redaksi ulasa secara lengkap mengenai aplikasi yang satu ini.

Bacaan Lainnya

Apa itu Aplikasi PeduliLindungi ?

Seperti dilansir dariĀ  situs resminya https://www.pedulilindungi.id/, aplikasi ini adalah sebuah software atau program perangkat lunak yag khusus di gunakan atau di install pada perangkat smartphone dengan basis sistem operasi Android.

Dijelaskan pula, bahwa aplikasi ini merupakan sebuah aplikasi yang dikembangkan untuk menghentikan penyebaran virus corona atau Covid-19.

Apa Fungsi dan Kegunaan Aplikasi Ini ?

Aplikasi ini berguna untuk melindungi diri kamu, keluarga, dan orang terdekat lainnya, serta menghentikan penyebaran Covid-19 dengan mengandalkan partisipasi masyarakat yang memasang aplikasi untuk saling membagikan data lokasinya saat bepergian.

Tujuan dan fungsinya, agar dapat dilakukan penelusuran riwayat kontak dengan penderita Covid-19. Maksudnya, ketika anda menginstall aplikasi ini, maka jejak anda akan terekam di basis data, mengenai kemana saja lokasi anda pergi, kapan, dan apakah anda bepergian di daerah zona merah dan sebagainya.

Sehingga dengan demikian, dapat di ketahui riwayat perjalanan anda setelah menginstall aplikasi ini pada smartphone dan bepergian dengan membawa smartphone yang sudah terpasang aplikasi ini.

Selain tracing (penelusuran), aplikasi ini juga melakukan tracking (pelacakan), dan fencing (mengurung/isolasi).

Bagaimana Cara Kerja Aplikasi PeduliLindungi ?

PeduliLindungi bekerja dengan menggunakan data yang diproduksi oleh smartphone kamu dengan mengaktifkan Bluetooth pada perangkat untuk merekam informasi yang dibutuhkan.

Ketika anda berada pada area dimana ada perangkat lain dalam radius Bluetooth yang perangkatnya juga terdaftar di PeduliLindungi, maka secara otomatis akan terjadi pertukaran id anonim yang akan direkam oleh gadget masing-masing.

Selanjutnya sistem dalam aplikasi akan mengidentifikasi orang-orang yang pernah berada dalam jarak dekat dengan orang yang dinyatakan positif Covid-19 atau PDP (Pasien Dalam Pengawasan) dan ODP (Orang Dalam Pengawasan).

Hal ini akan sangat membantu ketika orang tersebut tidak dapat mengingat riwayat perjalanan dan dengan siapa saja dia melakukan kontak.

Apakah Data-Data Pribadi Saya Aman ?

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) menjadi pihak yang akan memantau pergerakan Covid-19 pada aplikasi yang di install oleh smartphone milik masyarakat pengguna.

Berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan, Kementerian BUMN, BNPB, dan operator telekomunikasi.

Mereka menjamin akan sangat memperhatikan kerahasiaan data pribadi para pengguna aplikasi ini. Data yang ada akan disimpan aman dalam format yang di enkripsi dan tidak akan dibagikan kepada orang lain.

Data pengguna hanya akan diakses bila pengguna tersebut dalam risiko tertular Covid-19 dan perlu segera dihubungi oleh petugas kesehatan.

Misalnya, Anda pernah berada di tempat yang dekat dengan kasus Covid-19 positif, entah Anda tahu atau tidak dengan orang yang sudah terinfeksi virus corona, maka secara otomatis nanti ada petugas yang akan membantu dan menghubungi Anda lebih cepat berkat aplikasi ini.

Dengan demikian, penyebaran covid-19 ini bisa lebih cepat di hentikan, sehingga Anda bisa melindungi orang-orang tercinta di sekitar Anda.

Bagaimana Cara Memasang Aplikasi PeduliLindungi?

Untuk cara mendapatkan dan memasang aplikasi ini juga sangat mudah, kalian cukup mengunjungi situs web resminya di https://www.pedulilindungi.id/ dan selanjutnya silahkan klik kotak biru yang bertuliskan ‘Unduh untuk Android’

Secara otomatis smartphone anda akan melakukan download aplikasi tersebut. Selanjutnya, setelah proses unduh selesai, silahkan buka berkas unduhan tersebut yang bernama pedulilindingi.apk.

Klik pada nama file tersebut dan lakukan instalasi atau pemasangan dan berikan izin atau hak akses aplikasi seperti biasa.

Sampai pada tahap ini proses instalasi pun sudah selesai dan aplikasi PeduliLindingi siap untuk digunakan.

Kesimpulan

INGAT, aplikasi ini bukan untuk mencegah secara real agar anda tidak terkena virus corona. Namun, aplikasi ini akan membantu pemerintah untuk mengidentifikasi anda, dan mengingatkan anda lewat aplikasi ini agar ketika anda berada di area yang rawan covid-19 anda akan dengan mudah diperingatkan.

Segera install aplikasi ini, dan bantu pemerintah untuk segera menghentikan penyebaran virus ini. Ingat, untuk tetap berada di rumah selama pendemi ini, jaga kesehatan dan jalani pola hidup sehat.

Semoga virus ini segera hilang dari negera tercinta kita.

Tulisan ini didedikasikan sebagai bentuk dukungan recode.ID kepada Pemerintah untuk mengedukasi masyarakat untuk melawan Covid-19.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.