Ratusan Ribu Smartphone Huawei Terinfeksi Malware Joker

  • Whatsapp
Ratusan Ribu Smartphone Huawei Terinfeksi Malware Joker

recode.ID – Dalam sebuah laporan yang dirilis oleh peneliti keamanan internet menyebutkan, jika ada ratusan ribu perangkat Android besutan Huawei yang diketahui telah terinfeksi oleh malware Joker.

Malaware tersebut di ketahui mendompleng pada beberapa aplikasi yang di unduh pada layanan market aplikasi milik Huawei, AppGallery.

Bacaan Lainnya

Hal itu diketahui setelah, sekelompok peneliti keamanan bernama Dr.Web mendapati jika ada sekitar 10 aplikasi yang berada di layanan AppGallery diketahui berisikan kode berbahaya.

Seperti yang redaksi kutip dari laman Bleeping Computer, pada Kamis (14/4/2021), menurut penjelasan dari peneliti mengatakan jika sejumlah aplikasi yang mengandung kode berbahaya ini bertujuan fungsi mendaftarkan perangkat korban ke layanan premium berlangganan tanpa sepengetahuan oleh pengguna.

Baca Juga :  Waspada, Malware Android Ini Menyamar Mirip Aplikasi Uber.

Waspada, 24 Aplikasi Android Ini Terjangkit Malware Joker

Meski aplikasi yang diinstall oleh korban tersebut mengandung malware, namun secara umum tampilan dan fungsi aplikasi tersebut berjalan normal seperti aplikasi pada umumnya, sehingga korban tidak merasa curiga jika perangkat mereka telah terinfeksi oleh malware Joker ini.

Karena agar aktivitas malware ini tidak terdeteksi oleh pengguna perangkat, aplikasi tersebut juga akan meminta izin akses notifikasi, yang berfungsi mencegat SMS konfirmasi langganan.

Tak tangung-tanggung, malware ini diketahui telah mendaftarkan nomor telepon pengguna ke 5 layanan mobile premium sekaligus.

Lebih lanjut, menurut informasi yang dibeberkan oleh para periset dari Dr. Web, diketahui sejumlah aplikasi yang terinfeksi oleh malware tersebut dibuat oleh pengembang Shanxi Kuailaipai Network Technology Co., Ltd, dan dua lainnya dari perusahaan yang berbeda.

Baca Juga :  Ternyata Kopi Luwak Sangat Berbahaya Untuk Komputer

Jenis aplikasi yang terinfeksi meliputi virtual keyboard, aplikasi kamera, launcher, aplikasi pesan singkat, koleksi stiker, aplikasi mewarnai, dan beberapa game.

Parahnya, kesepuluh aplikasi yang terinfeksi oleh malware Joker ini sudah diunduh lebih dari 538.000 pengguna perangkat Huawei.

Sepuluh aplikasi yang terinfeksi tersebut adalah:

  1. Super Keyboard
  2. Happy Colour
  3. Fun Color
  4. New 2021 Keyboard
  5. Camera MX – Photo Video Camera
  6. BeautyPlus Camera
  7. Color RollingIcon
  8. Funney Meme Emoji
  9. Happy Tapping
  10. All-in-One Messenger

Sementara itu, menanggapi laporan yang dirilis oleh Dr.Web pihak Huawei langsung sigap dengan segera menendang kespuluh aplikai yang diketahui telah menginfeksi perangkat Huawei dengan malware Joker tersebut dari layanan AppGallery.

Pihak Huawei juga menyarankan kepada pengguna yang saat ini masih memasang aplikasi tersebut untuk segera mengahapusnya dari perangkat mereka.

Pos terkait