oleh

6 Tips Sederhana Agar Mouse Komputer Anda Awet Dan Tak Cepat Rusak

recode.ID – Salah satu part hardware yang cukup penting dalam perangkat komputer adalah mouse. Bagian ini menjadi sangat penting peranannya, terutama untuk aktifitas mengetik, desain, dan bermain game.

Namun, mouse juga menjadi bagian yang cukup sering mengalami kerusakan dibanding dengan bagian lain. Nah, agar mouse komputer anda bisa tahan lama dan awet di gunakan untuk jangka waktu yang cukup lama, beberapa tips sederhana berikut ini bisa anda terapkan agar “si tikus” tak gampang rusak.

Di Sponsori Oleh:

6 Tips Sederhana Agar Mouse Komputer Anda Awet Dan Tak Cepat Rusak

  •  Jauhkan mouse dari benda-benda cair

Sudah menjadi kebiasaan bagi pengguna ketika mereka sedang beraktifitas menggunakan perangkat komputer, entah mengetik, bermain game, atau aktifitas lainnya mereka akan turut serta membawa segelas kopi atau minuman lainnya untuk menemani aktitas mereka.

Meski terasa mengasyikan, bermain komputer sembari di temani secangkar kopi namun hal ini ternyata dapat membawa bahaya tersendiri. Ketika secara tidak sengaja gelas minuman tersenggol dan tumpah mengenai mouse, bisa di pastikan seketika itu  juga mouse anda akan rusak.

Jadi sebisa mungkin untuk tidak meletakan gelas berisi minuman didekat dekat aktifitas tangan anda dengan mouse, atau anda dapat meletakan gelas minuman di sisi sebelah kiri komputer yang jauh dari jangkauaan mosue.

  • Jangan menekannya terlalu kasar

Ini juga menjadi salah satu kebiasaan umum yang kerap kita temui di sebagian pengguna komputer, terutama para gamer. Karena terlalu bersemangat terkadang mereka menekannya dengan cukup kuat dan cenderung kasar.

Hal ini akan membuat tombol pada mouse menjadi cepat rusak dan tertelan ke dalam. Oleh karena itu, usahakan untuk tidak sering-sering melakukannya, agar mouse komputer anda bisa lebih tahan lama.

  • Gunakan alas/mouse pad

Agar mouse bisa berfungsi dengan baik normal, harus diletakan pada permuakaan yang datar agar mudah di gunakan. Karenanya, menggunakan alas atau mouse pad sangat di anjurkan agar mouse bisa tetap bersih serta membuat sensornya bekerja menjadi lebih lancar.

  • Jangan terlalu sering melepas-pasang colokan USB

Untuk tipe mouse yag masih menggunakan kabel, sangat di sarankan untuk tidak sering-sering melepas kabel colokan USB. Seringnya melepas pasang colokan USB ini, dapat melukai bagian kabel, khususnya bagian port-nya.

  • Gulung kabel dengan baik saat menyimpan mouse

Untuk pengguna laptop, saat akan menyimpannya usahakan untuk menggulung kabel mouse dengan cara yag baik dan tidak asal-asalan.

Menggulung kabel secara asal-asalan dapat menyebabkan mouse terkadang tidak dapat berfungsi dengan baik. Hal itu biasanya disebabkan ada kabel di bagian dalam yang terputus, akibat salah dalam menggulung kabel mouse.

  • Rajin bersihkan optik mouse

Produk mouse keluaran terbaru sudah tak lagi menggunakan bola sebagai sensor geraknya, sebagai gantinya kini sensor optik yang menjadi komponen penggerak pointer mouse.

Karena itu, kotoran sekecil apapun yang terdapat pada sistem optik akan mempengaruhi kinerja mouse. Oleh karenanya, sering-seringlah untuk mengecek dan membersihkan bagian tersebut.

Demikian beberapa tips sederhana yang bisa anda coba agar mouse komputer anda bisa awet dan tak mudah rusak. Selain itu, penggunaan yang wajar juga akan mempengarunhi usia pakai mouse komputer anda. Selamat Mencoba !

(azzahra)

Silahkan Download Aplikasi Baca Berita recodeApps Melalui Google Play Store Untuk Akses Berita Lebih Cepat Di Smartphone Android Anda.


Topik Menarik Lainnya