Tidak Bisa Login di Aplikasi OVO, Begini Cara Mengatasinya

Tidak Bisa Login di Aplikasi OVO, Begini Cara Mengatasinya

recode.ID – Salah satu platform penyedia jasa dompet digital yang memiliki basis pengguna cukup banyak adalah OVO. Namun sayangnya ada sejumlah pengguna yang mengeluhkan jika mereka tidak bisa login di aplikasi OVO sehingga mereka jadi terkendala ketika akan melakukan transaksi.

Hal ini kemudian banyak menimbulkan pertanyaan bagi pengguna, apakah kondisi ini karena akun mereka diblokir atau karena sebab lain sehingga akun mereka tidak bisa login di platform dompet digital tersebut.

Sehubungan dengan hal tersebut, kali ini tim redaksi recode.ID akan membahas mengenai bagaimana solusi dan cara mengatasi masalah tersebut.

Sehingga, jika Anda adalah termasuk salah satu pengguna  yang saat ini mengalami masalah tidak bisa login di aplikasi OVO, bisa menerapkan tips dari redaksi berikut ini untuk mengatasinya.

Mengatasi Tidak Bisa Login di Aplikasi OVO

Tidak Bisa Login di Aplikasi OVO, Begini Cara Mengatasinya

Pihak OVO sendiri sebenarnya sudah memberikan panduan penggunaan dalam layanan bantuan mereka untuk mengatasi masalah ini.

Namun untuk lebih jelasnya, akan redaksi ulas secara lebih detail lagi sehingga akan lebih mudah dipahami ketika  dipraktekkan.

Berikut ini beberapa langkah yang bisa dilakukan ketika pengguna tidak bisa login di aplikasi OVO.

1. Pastikan Koneksi Internet Lancar dan Stabil

Perlu diketahui bahwasanya aplikasi OVO beroperasi dengan menggunakan koneksi internet. Jadi, ketika internet yang Anda gunakan bermasalag, tidak stabil atau bahkan tidak tersedia maka aplikasi OVO tidak bisa digunakan dan pengguna tidak bisa login.

Oleh karena itu, tahap pertama yang harus dilakukan adalah dengan memastikan bahwa koneksi internet yang digunakan tersedia dan cukup stabil.

2. Clear Cache

Langkah selanjutnya, jika koneksi internet tersedia dan cukup lancar namun masih juga belum bisa login langkah yang bisa dilakukana adalah dengan melakukan clear cache pada aplikasi OVO yang digunakan.

Menumpuknya file sampah atau cache terkadang akan memuat sebuah aplikasi menjadi error dan tidak bisa dijalankan dengan normal, termasuk aplikasi OVO ini.

3. Perbarui Aplikasi

Ketika pengguna tidak bisa masuk pada aplikasi OVO, salah satu penyebabnya adalah versi aplikasi yang terpasang pada perangkat adalah versi yang usang atau sudah lawas.

Karena itu, untuk mengembalikan performa aplikasi snagat dianjurkan untuk melakukan update atau pembaruan aplikasi lewat layanan Google Play Store.

4. Jangan Melakukan Root Perangkat

Langkah berikutnya apabila Anda melakukan root pada perangkat smartphone Android yang digunakan, umumnya akan berimbas pada sejumlah aplikasi yang error ketika akan dibuka, termasuk salah satunya adalah aplikasi OVO.

Bahkan pihak OVO sendiri sudah mewanti-wanti penggunanya untuk tidak melakukann rooting pada Hp yang menggunakan aplikasi mereka karena akan membuat aplikasi menjadi error.

5. Copot Aplikasi dan Install Ulang

Selain menerapkan semua tips diatas, Anda juga bisa melakukan pencopotan aplikasi kemudian mengintsall ulang kembali ketika tidak bisa login pada aplikasi OVO.

Cara ini cukup efektif dan bisa mengatasi hampir semua masalah yang terjadi pada sebuah aplikasi yang terpasang di Hp Android.

Hal Lain yang Harus di Perhatikan

Apabila sudah menerapkan beberapa tips diatas namun masih juga belum mengatasi masalah yang Anda alami, coba cek dan perhatikan beberapa hal berikut ini:

  • Pastikan Anda tidak melakukan kloning atau menggandakan aplikasi pada Hp yang digunakan
  • Pastikan Anda tidak menginstall aplikasi device masking atau pengganda IMEI

Sebagai langkah paling akhir jika semua hal yang sudah redaksi sampaikan diatas sudah Anda lakukan namun tetap saja Anda tidak bisa login pada aplikasi OVO, sebaiknya hubunga call center OVO untuk memperoleh bantuan lebih lanjut.

Demikian informasi dari redaksi mengenai beberapa tips yang bisa dilakukan ketika mengalami masalah tidak bisa login pada aplikasi OVO.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda, dan selamat mencoba.

Penulis: Firdhia Azzahra
Editor: Andra

Pos terkait