Berikut ini Tips Aman Saat Meeting Online Ala Kaspersky

  • Whatsapp
Berikut ini Tips Aman Saat Meeting Online Ala Kaspersky

recode.ID – Anjuran pemerintah dan pihak berwenang untuk tetap di rumah selama wabah covid-19 ini, membuat segala sesuatunya harus di kerjakan di rumah, termasuk saat harus rapat dengan rekan kerja atau partner bisnis.

Karenanya tak heran jika saat ini tren penggunaan aplikasi atau layanan untuk bisa melakukan telekonferansi jadi meningkat tajam.

Bacaan Lainnya

Tak hanya untuk urusan pekerjaan, metode ini juga kerap di gunakan untuk kegiatan belajar, ngobrol bareng, serta untuk seru-seruan guna melepas rasa bosan selama pandemi ini masih mewabah.

Namun demikian, patut di waspadai jangan sampai kita ceroboh atau lengah. Pasalnya, disituasi yang seperti ini dimana tren penggunaan aplikasi meningkat tajam hal itu biasanya juga berdampak pada isu keamanan data pengguna yang juga beresiko untuk bocor dan dicuri oleh para peretas.

Ada banyak oknum penjahat dunia maya yang memanfaatkan situasi seperti ini dengan mengirimkan tautan  tau link berbahaya, yang bisa saja berisi malware, scam atau bahkan phising.

Hal itu seperti yang diungkapkan oleh Yeo Siang Tiong, selaku General Manager untuk Asia Tenggara (SEA) di Kaspersky “Dengan banyak negara saat ini menghadapi situasi lockdown yang berbeda-beda, perusahaan telah menemukan cara untuk menggunakan teknologi demi menjaga kelangsungan bisnis mereka”,

“Dari pertemuan tatap muka, kini kita telah menyaksikan sebuah perubahan dengan maraknya konferensi video. Pelaku kejahatan siber mengetahui tren ini dan mereka bisa memanfaatkan, mengeksploitasi dan menyusup melalui entri atau pintu masuk yang berbeda, seperti Wi-Fi yang tidak aman, jaringan tanpa enkripsi, penggunaan kata sandi yang lemah, dan izin aplikasi yang buruk atau diabaikan.” jelas Yeo Siang Tiong.

Karena itu, perusahaan anti virus terkemuka ini memberikan panduan dan tips bagaimana agar aman saat kita melakukan meeting online atau telekonferensi.

Tips Aman Saat Meeting Online Ala Kaspersky

Berikut ini adalah beberapa tips yang di berikan oleh pihak Kaspersky agar aman saat melakukan online conference:

  • Selalu gunakan VPN, terutama untuk perangkat atau device yang sering digunakan untuk melakukan telekonferensi. Tidak hanya untuk perusahaan saja, akan tetapi untuk perorangan juga disarankan untuk menggunakan VPN saat video conference.
  • Atau bisa menggunakan software keamanan yang sesuai dan sudah terpercaya. Pastikan software atau perangkat lunak tersebut sudah mendukung fitur anti malware.
  • Pastikan untuk selalu melakukan update atau pembaruan jika aplikasi yang digunakan melakukan pembaruan aplikasi mereka.
  • Bukan hanya untuk pengguna desktop atau komputer, untuk perangkat seluler juga sebaiknya menerapkan cara yang sama.
  • Jangan mudah percaya dengan segala bentuk kiriman link atau tautan dari kontak alamat yang tidak dikenal. Abaikan saja atau hapus segera.

Demikia informasi mengenai tips aman dalam melakukan meeting online yang diberikan oleh Kaspersky. Selalu waspada dan jangan sampai lengah atau ceroboh.

(ikhsan)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.