Film Pendek “TILIK”, Raih 3 Juta Views dan Viral di Medsos

  • Whatsapp
Film Pendek TILIK, Raih 3 Juta Views dan Viral di Medsos

recode.ID – Bertepatan dengan perayaan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke 75, telah rilis sebuah film pendek berjudul TILIK yang membuat heboh dan langsung viral di jagad maya.

Pasalnya, short movie garapan  sutradara Wahyu Agung Prasetyo ini menjadi sorotan publik dan langsung melejit dengan cepat dalam beberapa hari usai diunggah di YouTube.

Bacaan Lainnya

Dari pantaauan redaksi recode.ID, hingga saat ini film dengan jalan cerita yang cukup menarik tersebut beraih meraih penonton dengan mencatat lebih dari 4 juta views dan terus bertambah.

Viralnya film pendek TILIK ini tidak terlepas dari Bu Tedjo salah satu pemeran dalam film tersebut yang jadi tokoh sentral dalam film berdurasi 30 menitan ini.

Karakter Ibu Tedjo jadi bahan permbincangan para warga net, sebab karakter ini dinilai mencerminkan karakter masyarakat saat ini.

Bu Tedjo digambarkan sebagai sosok yang suka memperbicangkan orang lain, meski belum diketahui kebenarannya. Hal inilah yang menjadi “nyawa” dari film ini sehingga lebih menarik dan terkesan natural karena merefleksikan kehidupan nyata sehari-hari.

Sinopsis Film Pendek TILIK

Film ini sendiri mengisahkan perjalanan serombongan ibu-ibu dari sebuah desa yang ada di Jogjakarta dengan menaiki truk untuk tilik (bahasa jawa yang artinya menjenguk) Bu Lurah di Rumah Sakit di Kota.

Baca Juga :  Viral, Pria Ini Ingin Namai Putranya "Goku", Syaratnya Harus Dapat 1 Juta Like

Di sepanjang perjalanan tersebut, banyak celotehan khas ibu-ibu ketika sedang ngumpul yang kebanyakan bergosip  pada tokoh Dian, seorang kembang desa di tempat mereka berasal.

Bu Tedjo yang diperankan oleh Siti Fauziah, mengangkat obrolan dalam bak truck dalam perjalanan menjenguk Bu Lurah dengan mulai bercerita mengenai Dian yang hidup melajang, padahal teman-teman seusianya sudah menikah.

Pembicaraan di kalangan ibu-ibu tersebut mengenai tokoh Dian inipun makin ‘panas’ kala Bu Tejo menyinggung bahwa perempuan itu baru bekerja, tapi sudah mampu membeli barang-barang mahal.

Bu Tedjo curiga Dian adalah perempuan ‘nakal’, yang kerjanya gak bener.

Menariknya, film ini tidak hanya menampilkan sisi khas emak-emak yang memang gemar bergosip ketika sedang berkumpul. Namun, jika ditelisik lebih dalam dan dicermati lebih jauh ada aneka sindiran terhadap fenomena-fenomena yang kerap ditemui di masyarakat saat ini.

Baca Juga :  Siapa Kimi Hime, YouTuber Seksi yang Kena Tegur Kemkominfo

Misalnya, cerita ini menggambarkan mengnai hoaks yang bisa menyebar dengan mudah bahkan dari mulut ke mulut, ada juga pesan mengenai salah satu praktik suap saat orang ingin menduduki sebuah jabatan penting.

Para penonton juga akan disuguhkan gambaran warganet atau netizen tanah air saat ini melalui tokoh Yu Ning yang diperankan oleh Brilliana Desy. Ia digambarkan memiliki hubungan saudara dengan Dian sehingga berusaha netral dalam merespons informasi dari Bu Tejo.

Ada juga tokoh Yu Sam (Dyah Mulani) yang kerap mencari aman di tengah situasi konflik.

Cerita ini semakin menarik, ketika dalam perjalanan meraka sempat dihadang polisi karena melanggar. Namun, seperti halnya dalam realita sehari-hari dengan kekuatan ‘the power of emak-emak‘ berhasil membuat mereka lolos dari ancaman tilang Polisi.

Untuk Anda yang penasaran dengan aksi Bu Tejo dan kawan-kawan dalam film Tilik ini bisa disaksikan secara legal di Youtube melalui akun Ravacana Films atau bisa langsung menontonnya disini.

Tilik sendiri sudah berhasil meraih beberapa penghargaan, seperti Film Pendek Terpilih dalam Piala Maya 2018, Official Selection Jogja-Netpac Asian Film Festival 2018, dan Official Selection World Cinema Amsterdam 2019.

Baca Juga :  Di Jahili Hacker, Video Despacito Sempat Hilang Dari Youtube

Bu Tedjo Viral di Media Sosial

Film ini jadi viral dan menjadi trending topic di media sosial berkat karakter Bu Tedjo. Film buatan rumah produksi Ravacana Films bekerjasama dengan Dinas Kebudayaan DIY menjadi bahan perbincangan netizen tanah air berkat karakter yang satu ini.

Sampai saat ini, sudah ada lebih dari 4 ribu tweets yang menggaungkan tagar #BuTedjo. Karakter Bu Tedjo ini di anggap para warga net, merupakan cerminan asli dari sebagain masyarakat Indonesia saat ini.

Mulai dari tukang nyinyir, suka menyebar hoaks dan lain sebagainya yang dianggap merupakan realita saat ini.

Hadirnya film TILIK ini bisa menjadi sedikit hiburan ditengah pandemi yang saat ini sedang mewabah di Negara tercinta ini

Editor   : Andra
Penulis : Firdhia Azzahra

Pos terkait