oleh

Segera Hapus, 5 Aplikasi Ini Bisa Bikin Lemot Smartphone

recode.ID – Sejatinya aplikasi pada sebuah telepon pintar atau smartphone memiliki peranan yang cukup penting dalam memudahkan aktifitas penggunanya di kehidupan sehari-hari.

Namun, dengan semakin berjubelnya berbagai macam aplikasi yang diinstall pada perangkat anda, hal itu akan berdampak pada kinerja smartphone yang mungkin akan terasa lambat saat di operasikan, selain itu juga akan membuat baterai cepat terkuras habis serta bikin penuh memori penyimpanan internal.

Di Sponsori Oleh:

Kendati saat ini banyak varian smartphone terbaru yang menawarkan spesifikasi dan dukungan RAM yang cukup besar, namun hal tersebut hanya terdapat pada type smartphone high-end alias smartphone premium dengan banderol harga yang yang cukup mahal yang tak semua orang mampu untuk memilikinya.

Nah, bagi anda yang saat ini masih setia dengan smartphone keluaraan lama atau smartphone dengan spesifikasi yang pas-pasan, salah satu cara untuk mensiasati agar smartphone anda tetap lancar saat di gunakan adalah dengan menghapus berbagai macam aplikasi yang tak begitu penting.

Berikut ini adalah daftar 5 aplikasi yang sebaiknya dihapus dari perangkat anda, dan dijamin akan membuat performa dan kinerja smartphone kesayangan meningkat drastis.

  • Aplikasi Ramalan Cuaca

Dari sejumlah laporan yang dikeluarkan oleh beberapa ahli keamanan internet, sejumlah aplikasi ramalan cuaca yang ada di Play Store maupun AppStore diketahui mengandung virus dan malware yang cukup berbahaya.

Bahkan, dalam sebuah laporan terakhir disebutkan ada satu aplikasi cuaca yang diketahui mampu mencuri informasi kartu kredit pengguna saat aplikasi tersebut diunduh dan diinstall dalam perangkat korban.

Sebagai penggantinya, bisa menggunaakan fitur bawaan berupa widget cuaca yang sebagian besar perangkat smartphone sudah dilengkapi dengan fitur ini.

  • Aplikasi Sosial Media

Aplikasi media sosial seperti Facebook, Instagram, dan Twitter diketahui sangat boros dalam hal penggunaan ruang di memori penyimpanan internal, serta sering kali menjadi biang kerok dan penyebab utama baterai smartphone cepat habis.

Anda bisa mempertimbangkanĀ  untuk menghapus ketiga aplikasi tersebut, untuk meningkatkan kinerja smartphone anda.

Sebagai pengganti, anda dapat membuka ketiga media sosial tersebut melalui browser atau peramban, misalnya Google Chrome. Karena selain lebih menghemat ruang penyimpanan, akses dan juga kecepatan saat membuka media sosial tersebut juga tak jauh berbeda.

  • Aplikasi Penghemat RAM

Alih alih menjadi solusi untuk menghemat penggunaan RAM dalam smartphone, aplikai jenis ini justru dinilai sebagai aplikasi yang bisa membuat smartphone manjadi tambah lemot.

Sekedar untuk anda ketahui, aplikasi penghemat RAM ini cara kerjanya adalah dengan menutup proses kerja aplikasi-aplikasi lain yang sedang berjalan.

Hal ini justru dianggap bisa memperparah masalah, sebab ketika aplikasi tersebut melakukan proses penutupan aplikasi lain secara paksa, berbagai aplikasi yang berjalan di background justru harus memulai kembali prosesnya dari awal.

Padahal, untuk membuka kembali sebuah aplikasi, dibutuhkan ruang di RAM dan juga konsumsi baterai. Oleh karena itu, pertimbangkan untukĀ  menghapus dan tak menginstall aplikasi jenis ini.

  • Aplikasi Anti Virus

Sebenarnya, semua tipe smartphone baik dengan sistem operasi Android maupun iOS sudah memiliki sistem keamanan mereka sendiri.

Sebagai contoh, misalnya untuk perlindungan dari kehilangan smartphone anda bisa menggunakan Android Device Manager tanpa perlu menggunakan aplikasi tambahan.

Sementara, untuk perlindungan virus, malware maupaun trojan pihak Google sudah lebih dahulu mengeceknya secara otomatis di Play Store sebelaum aplikasi tersebut di unduh.

Oleh karena itu, aplikasi antivirus sebenarnya tak begitu penting apabila anda mengunduh dan menginstall semua aplikasi dari sumber resma dan terpercaya.

Aplikasi antivirus ini hanya berguna jika anda sering mengunduh aplikasi yang sumbernya bukan dari Play Store (berbentuk file APK), namun mengunduh aplikasi dari sumber tak dikenal sangat tidak direkomendasikan.

  • Aplikasi Pembersih Smartphone

Memang benar, aplikasi pembersih smartphone seperti Clean Master dan beberapa aplikasi lainnya dapat memebersikan smartphone dan meningkatkan kinerjanya.

Namun, mengapa harus menginstall aplikasi jika fitur tersebut sudah ada dalam smartphone anda. Untuk membersihkan cache ketika anda selesai menghapus sebuah aplikasi anda tak perlu menggunakan aplikasi tambahan.

Untuk membersihkan data yang tertinggal itu pun cukup mudah dilakukan. Silahkan membuka menu “Setting” kemudian pilih menu “Storage” dan pilih “Clear cache” lalu OK, dan semua sisa cache data yang tak penting yang masih tersisa akan terhapus semuanya.

Selain itu, anda juga bisa menghapus cache masing-masing aplikasi dengan cara masuk ke menu “Setting”, lalu pilih “Apps” dan kemudian “Downloaded” dan tap pada salah satu aplikasi, kemudian di halaman selanjutnya, anda tinggal memilih “Clear Cache”.

Dengan melakukan cara-cara di atas, serta menghapus aplikasi lain yang sekiranya tak cukup penting akan membuat kinerja dan performa smartphone anda jauh lebih baik. Pertimbangkan kembali untuk menginstall aplikasi yang hanya benar-benar di butuhkan.

(azzahra)

Silahkan Download Aplikasi Baca Berita recodeApps Melalui Google Play Store Untuk Akses Berita Lebih Cepat Di Smartphone Android Anda.


Topik Menarik Lainnya