Kamu Harus Tahu: 5 Fitur Ponsel Jadul Ini Masih Eksis Dan Tetap Di Gunakan Pada Smartphone Modern

  • Whatsapp
5 Fitur Ponsel Jadul Ini Masih Eksis

recode.ID – Sejak pertama kali di perkenalkan kepada publik pada September 1983, ponsel atau telepon seluler telah mengubah tren gaya hidup sebagian besar orang.

Seiring dengan berkembangnya perubahan zaman, kini ponsel telah berevolusi menjadi salah satu benda yang paling banyak di gunakan umat manusia di muka bumi.

Bacaan Lainnya




Dulu, sebelum era smartphone hadir, ponsel jadul menjadi barang premium yang tak semua orang bisa memilikinya. Namun kini di era modern keberadaan ponsel bukanlah menjadi barang langka karena bisa di pastikan hampir semua orang memiliki ponsel.

Hadirnya teknologi baru yang terdapat ponsel modern atau smartphone, ternyata tidak menghilangkan beberapa teknologi bawaan pada ponsel jaman dahulu.

Ternyata ada beberapa fitur yang ada pada ponsel jadul yang masih ada dan tetap eksis hingga sekarang yang masih di gunakan pada ponsel keluaran terbaru.

Bahkan bisa jadi fitur-fitur ini akan tetap ada dan di pertahankan pada masa-masa yang akan datang.

Baca Juga :  Agar Tak Kena Tipu, Yuk Kenali 4 Ciri-Ciri Toko Online Palsu Berikut Ini

Penasaran, fitur apa saja yang ada pada ponsel jadul yang masih di pertahankan hingga sekarang ? Berikut 5 Fitur Ponsel Jadul Ini Masih Eksis Dan Tetap Di Gunakan Pada Smartphone Modern.

1. Layanan Pesan Singkat atau SMS

Sebelum era layanan instant messaging atau aplikasi chatting hadir pada ponsel modern seperti WhatsApp, BBM atau layanan sejenis, SMS merupakan salah satu fitur ponsel jadul yang lebih dahulu populer.

Meski keberadaannya mulai tergeser dengan penggunaan aplikasi chatting modern namun fitur ini masih ada tetap di gunakan pada smartphone modern keluaran terbaru.

Hal ini di karenakan fitur layanan sms ini tetap menjadi alternatif ketika ingin menguhubungi seseorang namun di saat yang bersamaan fitur messanger pada smartphone kita tidak berfungsi, entah karena tak ada koneksi internet atau karena hal lainnya.

2.  Fitur InfraRed

Jika anda adalah generasi 90’an pernah memiliki ponsel pasti ada pernah melakukan ini. Mendekatkan ponsel anda berhadap hadapan untuk saling mengirim file, entah lagu atau gambar.

Dulu fitur ini begitu populer dan banyak di gunakan pada beberapa produsen ponsel jaman dahulu. Meski kini keberadaan Infrared sudah tergantikan oleh teknologi yang lebih modern seperti Bluetooth dan koneksi internet, namun beberapa merk smartphone masih tetap mempertahankan fitur Infrared dalam smartphone buatannya.

Baca Juga :  Cara Mengatasi Hp Oppo Lemot Untuk Semua Tipe

Salah satunya adalah vendor asal negeri tirai bambu, Xiaomi yang masih menggunakan fitur Infrared yang digunakan sebagai fitur remote control smartphone besutannya.

3. Bluetooth

Fitur ini mulai di perkenalkan pada sekitar tahun 2000an. Fitur yang memungkinkan untuk bertukar file lagu maupun gambar ini mulai di gunakan pada ponsel ponsel keluaran Nokia seperti seri 6600 dan 7610, kemudian di ikuti oleh beberapa vendor ponsel lainnya.

Meskipun masuk dalam kategori fitur jadul, namun teknologi bluetooth masih di gunakan hingga sekarang. Beberpa smartphone modern tetap mengunakan fitur ini, tak hanya sebagai sarana bertukar file namun smartphone terbaru memanfaatkan koneksi Bluetooth untuk menghubungkan smartphone dengan aksesori pintar, seperti smartwatch, headphone nirkabel, dan speaker portable.

4. Radio FM.

Radio FM merupakan salah satu fitur lawas yang tetap di pertahankan keberadaanya pada beberapa smartphone anyar.

Baca Juga :  Tips Dengarkan Musik Di Spotify Lewat Browser

Meski kini telah tersedia layanan hiburan music streaming seperti misalnya spotify atau iTunes atau layanan radio online, namun keberadaan fitur Radio FM tetap mendapat tempat di beberapa pengguna smartphone terbaru.

Bahkan vendor kenamaan seperti Samsung maupun Sony tetap menyertakan fitur Radio FM dalam setiap smartphone buatan mereka.

5. Voice Recorder

Fitur lawas ini merupakan salah fitur favorit jaman dahulu pada beberapa jenis ponsel. FItur yang memungkinkan seseorang untuk merekam suara ini menjadi alternatif ketika seseorang yang mendengarkan alunan musik atau lagu lewat radio, kemudian merekamnya untuk kemudian bisa di putar kembali di lain kesempatan.

Bahkan beberapa pengguna ponsel juga menggunakan fitur ini untuk merekam percakapan telepon dengan seseorang yang dekat dengan kita.

[artikel number=3 tag=”informasi” ]

Meskipun terlihat sederhana ternyata fitur ini tetap ada pada smartphone baru dengan di tingkatkan kemampunya sebagai alat perekam profesional. bahkan tak jarang beberapa pekerja media seperti reporter dan pencari berita memanfaatkan fitur voice recorder ini untuk merekam wawancara dari nara sumbernya.

(andra/rcd)

Pos terkait