Fitur Baru WhatsApp, Admin Grup Bisa Hapus Pesan Anggota

Mengembalikan Chat WA yang Tak Sengaja Terhapus

recode.ID – Pengembang aplikasi perpesanan singkat paling opuler saat ini, WhatsApp dikabarkan sedang menguji coba fitur baru dimana nantinya admin grup memiliki kuasa untuk bisa hapus pesan yang dikirim oleh anggota grup.

Seperti yang Anda ketahui, sejauh ini untuk menghapus pesan yang sudah di kirim dalam grup WA hanya bisa dilakukan oleh si pengirim pesan tersebut saja.

Untuk anggota grup lain bahkan admin grup pun tak memiliki akes untuk menghapus pesan tersebut. Akan tetapi, seperti yang redaksi kutip dari WABetaInf, kemungkinan besar kedepannya khusus untuk Admin grup bakalan bisa menghapus pesan di dalam sebuah group chat.

“Hari ini WhatsApp merilis pembaruan 2.22.1.1, pembaruan beta pertama untuk tahun depan,” tulis WABetaInfo seperti yang redaksi kutip dari laman resmi mereka, pada Kamis (23/12/2021).

“Pembaruan ini mengungkapkan rencana baru tentang penghapusan pesan dalam grup, di pembaruan mendatang kemampuan untuk menghapus pesan masuk untuk semua orang jika Anda adalah admin grup,” tulis mereka lebih lanjut.

Fitur Baru WhatsApp, Admin Grup Bisa Hapus Pesan Anggota

Lebih lanjut, dalam laman WABetaInfo dikatakan bahwa kehadiran fitur yang satu ini merupakan sebuah kabar baik.

“Berkat fitur ini, admin grup juga akan memiliki kekuatan lebih untuk memoderasi grup WhatsApp, di pembaruan mendatang.” lanjut mereka.

Ketika fitur ini digunakan oleh Admin grup, maka nantinya apabila ada pesan yang di delete oleh admin maka akan tampil notifikasi atau pemberitahuan berupa “Pesan Ini telah dihapus oleh admin” lengkap dengan informasi mengenai nama admin yang mana yang menghapus pesan tersebut.

Meski menuai kontroversi, namun hadirnya fitur ini memang dirasa cukup perlu. Karena dalam beberapa kejadian, banyak anggota grup WA yang mengirim pesan yang tidak sesuai dengan aturan atau rules yang sudah disepakati, mengirim informasi palsu atau berita hoaks dan sebagainya.

Sehingga alih-alih meminta si pengirim untuk menghapus pesan tersebut, dengan kuasa yang dimiliki oleh admin pesan yang dianggap melanggar tersebut bisa langsung dihapus agar tidak membuat gaduh.

Namun yang dikawahatirkan, fitur ini bisa digunakan untuk Admin nakal yang memang dengan sengaja menghapus pesan yang dikirim karena alasan pribadi.

Sehingga, dengan adanya notifikasi terkait admin mana yang menghapus pesan ini akan membuat transparansi dan semua anggota bisa mengetahui siapa yang telah menghapus pesan tersebut.

Kendari demikian, sejauh ini belum ada informasi pasti kapan tanggal pasti fitur ini akan tersedia dan bisa digunakan oleh penggunannya.

Penulis: Firdhia Azzahra
Editor: Andra

Pos terkait