Signal, Aplikasi Chatting yang Kini Sedang Naik Daun

  • Whatsapp
Signal, Aplikasi Chatting yang Kini Sedang Naik Daun

recode.ID – Imbas dari kebijakan baru WhatsApp yang dinilai terlalu banyak menambang privasi pengguna, membuat  salah satu aplikasi chatting bernama Signal menjadi cukup populer karena banyaknya pengguna WA yang kini beralih ke aplikasi ini.

Ditambah lagi dengan cuitan Elon Musk sebagai salah satu orang terkaya didunia saat ini, membuat aplikasi yang diklaim anti sadap ini kian meroket popularitasnya.

Bacaan Lainnya




Kendati demikian, aplikasi yang satu ini kurang begitu familiar di pengguna tanah air. Karena di Indonesia sendiri pengguna lebih  banyak menggunakan aplikasi WA ataupun Telegram.

Oleh karena itu, untuk menambah wawasan Anda kali ini redaksi recode.ID akan mengulas secara lengkap mengenai aplikasi yang satu ini, serta alasan mengapa aplikasi ini cocok jadi alternatif pengganti aplikasi WA.

Apa Itu Signal ?

Signal merupakan sebuah aplikasi perpesanan (chatting) yang bisa digunakan dibeberapa platform OS seperti Android, iOS, macOS, Windows dan juga Linux.

Aplikasi ini dirilis pertama kali pada 29 Juli 2014 silam, yang di kembangkan oleh developer bernama Open Whisper Systems, dimana aplikasi ini menjamin komunikasi yang terenkripsi atau dengan penyandian untuk Android dan iOS.

Baca Juga :  Salam Browser, Peramban Web Yang Di Klaim Aman Dan Halal Untuk Umat Muslim

Yang membuat aplikasi ini berbeda dengan aplikasi lainnya adalah terkait keamanan penggunanya dimana pihak developer aplikasi menjadi jika Signal anti penyadapan.

Hal ini berkat sebuah teknologi enkripsi yang diterapkan pada aplikasi ini yang mereka namakan The Signal Protocol. Menariknya, ternyata teknologi penyandian ini juga digunakan di WhatsApp, Facebook Messenger, Skype dan lainnya.

Dengan adanya teknologi penyandian tersebut, kunci enkripsi disimpan di perangkat pengguna bukan di dalam server milik pengembang, sehingga hal itu dapat menjamin data pengguna dari risiko dari spoofing atau peretasan.

Jika, pengguna lain berganti dengan perangkat baru atau login di device baru, nantinya Anda akan diperingatkan jika kunci keamanan siapa pun yang ada di kontak pertemanan Anda akan berubah.

Kelebihan Aplikasi Signal

Setelah Anda memahami prinsip dari aplikasi perpesanan ini, selanjutnya Anda akan redaksi ajak untuk membahas beberapa kelebihan aplikasi ini yang mungkin bisa jadi pertimbangan jika ingin berganti aplikasi chatting.

  • Anti Sadap
Baca Juga :  Google Perkenalkan Gallery Go, Aplikasi Untuk Pengelola Foto

Ini merupakan kelebihan yang jadi poin penting pada aplikasi ini. Karena, berkat fitur enkripsi yang disematkan oleh pengembang dalam aplikasi ini, diklaim aplikasi ini sangat aman dari penyadapan.

  • Tersedia Untuk Cross Platform

Aplikasi Signal tersedia untuk banyak platform OS, mulai dari sistem operasi untuk smartphone misalnya Android dan iOS, juga tersedia untuk perangkat komputer atau laptop dengan operating system Windows, Linux, ataaupun MacOS.

  • Tanpa Iklan

Pihak pengembang menjamin jika aplikasi yang satu ini tidak akan disusupi oleh iklan jenis apapun, karena kenyamaman pengguna menjadi prioritas.

  • Dilengkapi Dengan Fitur Edit Foto

Ketika Anda ingin  mengirim pesan dengan aplikasi Signal, Anda bisa menggunakan editor foto bawaan aplikasi ini untuk membuat sketsa, memotong, dan membalikkan foto yang akan Anda kirimkan.

Hal ini membuat pengguna jadi lebih hemat waktu karena tak perlu membuka aplikasi edit foto yang lain jika ingin mengirim foto yang harus diedit lebih dahulu.

  • Sangat Cepat

Kelebihan lain aplikasi ini adalah kecepatan pengiriman pesan yang sangat cepat. Menurut pengembang, aplikasi ini bisa berjalan pada jaringan yang lambat.

Baca Juga :  Mau Tahu Rute Ganjil Genap Melalui Google Maps, Begini Caranya

Karena, Signal dioptimalkan untuk beroperasi di lingkungan yang paling terbatas sekalipun.

Download Aplikasi Signal

Jika Anda tertarik untuk beralih dan mencoba untuk menggunakan aplikasi Signal berikut redaksi sertakan link download resmi aplikasi ini, terutama untuk Anda pengguna perangkat dengan basis sistem operasi Android.

Kesimpulannya, dengan berbagai kelebihan yang ditawarkan oleh aplikasi ini, Signal bisa menjadi alternatif untuk digunakan dalam berkirim pesan instan sebagai pengganti WA yang kini menerapkan kebijakan baru yang dinilai terlalu melanggar privasi pengguna.

Karena seperti kita ketahui bersama, ketentuan terbaru dari pihak WhatsApp yang digabung dengan Facebook memungkinkan merekan untuk memiliki nomor telepon, IP Address, dan informasi perangkat mobile yang digunakan.

Dimana tentu saja aturan atau kebijakan baru tersebut sangat sensitif dan menuai banyak protes mengingat data adalah hal yang sangat penting di era sekarang.

Jika Anda termasuk salah satu pengguna yang concern terhadap kemanan data pribadi, maka Signal merupakan aplikasi yang wajib untuk Anda unduh dan install di perangkat yang Anda gunakan.

Pos terkait