Aplikasi Raqib Atib Ganti Nama Jadi Muhasabah, Ini Alasannya

  • Whatsapp
Aplikasi Raqib Atib Ganti Nama Jadi Muhasabah, Ini Alasannya

recode.ID – Beberapa waktu lalu viral di media sosial aplikasi yang bernama Raqib Atib yang menurut pembuatnya bisa dibuat untuk mencatat amal dan dosa kita sendiri secara manual.

Aplikasi ini membuat heboh warganet tanah air, karena dari nama yang digunakan menyerupai nama malaikat Raqib Atib, yang bertugas untuk mencatat amal kebaikan dan dosa yang dilakukan umat manusia.

Bacaan Lainnya

Namun belum ada satu bulan pasca dirilis dan kemudian menjadi viral, kabar terbaru menyebutkan jika aplikasi ini akhirnya berubah dan kini berganti nama dengan yang baru menjadi aplikasi Muhasabah.

Pergantian nama ini diketahui setelah dilakukannya rilis pembaruan untuk aplikasi tersebut pada Sabtu (16/5/2020).

Ini Alasan Nama Aplikasi Raqib Atib Berubah Jadi Muhasabah

Dari keterangan yang ditulis dalam kolom deskripsi aplikasi tersebut di layanan Google Play Store, perubahan nama ini dilakukan karena nama sebelumnya dianggap kontroversi.

“Mengganti nama aplikasi karena menimbulkan kontroversi, menambahkan pilihan reset database, tombol diubah jadi increment,” demikian keterangan dari pengembang Aplikasi Mahmud Fauzi yang tercantum dalam laman Google Play Store.

Sekedar informasi, sebelum berganti nama menjadi aplikasi Muhasabah, aplikasi ini sempat trending dan mengundang perhatian banyak pengguna internet di tanah air.

Hal ini tak lain karena disebabkan aplikasi ini menggunakan nama Malaikat Raqip dan Atid yang dipercaya oleh umat Muslim bertugas untuk mencatat pahala maupun dosa manusia di dunia ini.

Dalam keterangan resmi Mahmud Fauzi selaku pengembang aplikasi tersebut,  mengatakan jika memang aplikasi ini memiliki fungsi yang sama dengan tugas kedua malaikat tersebut, yakni mencata semua amal perbuatan dan dosa sendiri sehingga dapat membantu penggunanya menjadi orang lebih baik.

Pengguna aplikasi ini dapat mencatat kesalahan dan kebaikan dirinya sendiri setiap harinya, dimana nantinya akan terlihat ringkasan dan grafik kesalahan termasuk kebaikan setiap harinya, mana yang lebih dominan perbuatan dosa atau pahala kebaikan

Hingga saat ini, dari pantuan redaksi recode.ID dilaman Google Play Store, aplikasi Muhasabah ini sudah mencatat lebih dari 10 ribu unduhan.

Sementara untuk rating aplikasi ini adalah 3,8, yang berarti aplikasi ini dinilai cukup baik untuk sebagain pengguna.

Tertarik untuk mencobanya?

(azzahra)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.