Viral Aplikasi Raqib Atid, Pengguna Bisa Catat Dosa & Pahala Sendiri

  • Whatsapp
Aplikasi Raqib Atib Ganti Nama Jadi Muhasabah, Ini Alasannya

recode.ID – Dalam beberapa waktu terakhir di media sosial viral sebuah informasi mengenai adanya aplikasi untuk mencatat dosa dan pahala sendiri bernama Aplikasi Raqib Atid.

Jika dilihat dari namanya, memang serupa dengan nama malaikat dalam Agama Islam yakni malaikat Raqib yang bertugas untuk mencatat amal kebaikan manusia, dan malaikat Atid yang bertugas untuk mencatat semua dosa yang dilakukan umat manusia.

Bacaan Lainnya

Namun, dengan hadirnya aplikasi ini pengguna juga bisa mencatat sendiri semua dosa-dosa dan kebaikan yang dilakukan sepanjang hari. Cukup unik dan tidak biasa.

Aplikasi Raqib Atid Bantu Penggunanya Jadi Lebih Baik

Aplikasi yang viral ini dirilis pada 28 April 2020 dengan ukuran file yang cukup ringan, hanya sekitar 4,9MB dan tersedia untuk platform Android yang bisa diunduh di Google Play Store.

Menurut Mahmud Fauzi, nama yang tertera sebagai pengembang Aplikasi Raqib Atid ini disebutkan bahwa aplikasi yang bisa membantu penggunanya jadi orang yang lebih baik.

“Aplikasi yang dapat membantu Anda menjadi pribadi yang lebih baik, dengan mencatat kesalahan dan kebaikan Anda tiap hari serta memberi Anda ringkasan dan grafik kesalahan serta kebaikan Anda setiap hari,”  demikian deskripsi yang terdapat pada aplikasi tersebut.

Meski baru diluncurkan belum ada satu bulan, aplikasi ini sudah memperoleh unduhan sekitar  5.000 unduhan dan memperoleh bintang 4.1 yang berarti penilaian orang terhadap aplikasi ini cukup baik.

Fitur Aplikasi Ini

Sesuai dengan namanya yang berfungsi untuk mencatat amal kebaikan dan dosa, aplikasi ini juga menyediakan fitur serupa.

Ketika pengguna menginstall aplikasi ini, lalu membuka aplikasinya maka akan di perlihatkan interface atau antarmuka berupa laman untuk mencatat dosa dan pahala dengan cara geser layar ke kanan.

Pengguna bisa mencatat semua dosa maupun pahala yang dilakukannya di aplikasi ini. Misalnya jenis perbuatan yang digolongkan dalam kategori dosa, antara lain adalah ghibah, berbicara kotor, membantah orangtua, ingkar janji, mencuri, dan jenis dosa lainnya.

Sementara untuk kategori yang masuk dalah hitungan pahala dan amal kebaikan terdapat terdapat sejumlah aktifitas yang digolongkan kedalam ketegori pahala. Misalnya saja zikir, salat, sedekah, membantu orang, membaca Alquran, membantu orangtua, serta berpuasa.

Pengguna juga bisa menambahkan jenis dosa dan pahala mereka sendiri sesuai dengan apa yang mereka lakukan.

Nantinya, semua catatan dosa dan amal kebaikan dalam aplikasi ini akan dikumpulkan dalam database dan bisa dilihat jumlahnya dalam bentuk diagam lingkaran.

Nantinya, bisa dilihat dari diagram tersebut manakan aktifitas pengguna yang paling banyak, apakah perbuatan dosa atau amal kebaikan.

Tersedia pula menu untuk melihat kegiatan ata perilaku dosa apa yang sering dilakukan, serta amal kebaikan apa saja yang paling banyak dilakukan dalam kurun waktu tertentu.

Meski terdengar lucu dan aneh, namun nyatanya Aplikasi Raqib Atid ini cukup membantu pengguna untuk mengevaluasi diri.

Apakah selama ini cukup banyak kebaikan yang dilakukan? atau justru perbuatan dosa yang lebih banyak dilakukan? hanya Anda sendiri sebagai pengguna yang tahu.

Selain untuk mencatat semua dosa dan kebaikan yang sudah dilakukan, aplikasi ini juga mengajarkan penggunanya untuk berperilaku jujur.

Karena, butuh kejujuran pengguna untuk mengisi semua perbuatan dosa yang mungkin banyak orang yang enggan atau tak mau mengakui dosa dan kesalahanya.

Tertarik untuk mencobanya? silahkan unduh aplikasi sekarang juga. Tapi ingat!  harus jujur ya mengisinya.

(azzahra)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.