oleh

Aplikasi Yahoo Messenger Secara Resmi Ditutup Untuk Semua Platform

recode.ID – Sebelum ada Facebook Messenger, Whatsapp, BBM, dan beberapa platform lainnya, aplikasi Yahoo Messenger pernah menjadi raja aplikasi pesan instan secara online di seluruh dunia.

Sayangnya, setelah bertahan selama dua dekade, pihak perusahan yang berbasis di Sunnyvale, California, Amerika Serikat tersebut justru memutuskan untuk memberhentikan seluruh layanan Yahoo Messenger mulai 17 Juli 2018.


Hingga saat ini, belum ada kejelasan secara pasti mengapa IM yang ngetop di awal tahun 2000an tersebut harus gulung tikar dan menutup usaha mereka. Namun, sejumlah kalangan menduga bahwa aplikasi tersebut mulai sepi peminat.

Hal ini dikarenakan berbagai aplikasi pesan populer lainnya yang menggeser posisi aplikasi Yahoo Messenger di hati para penggunanya.

Ironisnya, aplikasi yang akrab dipanggil YM ini sudah berada di usia 20 tahun. Tentu bukan hal yang mudah untuk mengembangkannya.

Aplikasi pesan yang diluncurkan pada tahun 1998 dengan nama awal Yahoo Pager ini pernah populer sebagai aplikasi untuk komputer yang menggantikan kebutuhan email serta SMS. Aplikasi ini begitu mendunia sebab tidak terikat dengan provider apapun.

Tanpa disadari atau tidak, aplikasi yahoo mesengger ini sebenarnya sudah mulai nampak memudar sejak beberapa tahun lalu. Bahkan, perusahaan sudah mulai menutup layanan aplikasi mereka dari tahun sejak 2016 lalu untuk platform Windows dan MAc dan hanya bisa diakses para pengguna gadget berbasis Android serta iOS.

Hal ini mungkin terdengar menyedihkan, terutama mereka generasi 90-an yang pernah menghabiskan waktu mereka bercanda di room chat layanan yahoo mesengger ini.

Untuk anda yang menggunakan layanan dari aplikasi Yahoo Messenger,dan ingin menyimpan seluruh chat dan obrolan kenangan anda, pihak yahoo memberi kesempatan untuk mengunduh seluruh archive percakapan anda dalam kurun waktu 6 bulan terakhir.

Untuk melakukannya, anda hanya perlu login ke layanan email milik Yahoo, kemudian mengakses laman Downloader Request Site, ikuti semua sistem verifikasi yang disediakan, selanjutnya anda akan diberi akses untuk mendownload seluruh archive percakapanmu 6 bulan kebelakang.

Sementara itu, melansir dari laman Digital Trends pihak Yahoo sendiri kini tengah mengembangkan aplikasi lainnya yang lebih baik sebagai pengganti YM yang mereka namakan Yahoo Squirrel, tentu dengan inovasi dan layanan yang lebih baru.

Aplikasi ini mengijinkan penggunanya untuk masuk dalam chatroom atau grup tertentu ketika menerima undangan. Artinya, secara umum Yahoo Squirrel memiliki fungsi yang mirip dengan aplikasi Slack yang sudah lebih dahulu booming.

Kendati demikian, apapun keputusan Yahoo, memang tidak ada pilihan lain selain mematikan layanan yahoo mesengger. Pihak Yahoo sendiri mengakui bahwa lansekap komunikasi selalu berubah dan mereka harus menerima kenyataan pahit tersebut.

Itulah mengapa Yahoo kini fokus mengembangkan dan mengenalkan Yahoo Squirell sebagai alat komunikasi baru dengan cara yang lebih menyenangkan dan sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Selamat tinggal Yahoo Mesengger, terima kasih atas waktu 20 tahunnya menemani kami para generasi 90-an, karena bagaimanapun memang harus ada yang mati untuk menumbuhkan yang baru.

(aufa)

Silahkan Download Aplikasi Baca Berita recodeApps Melalui Google Play Store Untuk Akses Berita Lebih Cepat Di Smartphone Android Anda.


Topik Menarik Lainnya