Begini Cara Menampilkan Bluetooth di Laptop

Begini Cara Menampilkan Bluetooth di Laptop

recode.ID – Terdapat sejumlah pengguna yang masih belum paham bagaimana cara menampilkan Bluetooth di laptop yang mereka gunakan, terutama para pengguna dikalangan pemula.

Jika Anda termasuk salah satu pengguna yang juga masih belum paham melakukan hal tersebut, kali ini redaksi akan mengulas secara detail bagaimana langkah-langkah menampilkan fitur bluetooth pada perangkat laptop.

Seperti kita tahu, fitur bluetooth di laptop dapat digunakan untuk melakukan transfer data antar perangkat tanpa harus menggunakan kabel.

Ketika fitur berbagi file tersebut tidak aktif, berikut ini langkah-langkah yang harus Anda lakukan untuk menampilkan Bluetooth di laptop yang Anda gunakan

Cara Menampilkan Bluetooth di Laptop

Cara Mencerahkan Layar Laptop Dengan Mudah

Ternyata, ada banyak cara yang bisa digunakan untuk menampilkan bluetooth di laptop. Simak informasi lengkap cara menampilkan bluetooth di laptop berikut.

Instal Driver Bluetooth

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk menampilkan bluetooth di laptop, yaitu menginstal driver terlebih dahulu.

Langkah ini bisa dilakukan untuk laptop dengan sistem operasi yang belum pernah diinstal driver bluetooth sebelumnya.

Anda bisa menginstal driver bluetooth tersebut menggunakan CD bawaan agar lebih mudah. Apabila cara tersebut tidak berhasil, cobalah untuk mengunduh driver bluetooth di internet.

Sesuaikan driver bluetooth yang diinstal sesuai dengan tipe built in pada laptop Anda.

Menggunakan Device Manager

Alternatif selanjutnya untuk menampilkan bluetooth di laptop adalah menggunakan device manager. Hal yang harus dilakukan adalah membuka device manager bawaan pada laptop Anda.

Berikutnya, cari opsi network adapters dan pilih bluetooth device (personal area network).

Apabila ternyata bluetooth belum aktif, Anda bisa menampilkannya dengan cara klik kanan dan ketuk opsi enable. Setelah itu, bluetooth laptop bisa dicoba digunakan untuk transfer data.

Sementara opsi lainnya adalah disable untuk menonaktifkan bluetooth yang sebelumnya sudah menyala.

Mengaktifkan Bluetooth di Bagian Setting

Cara mengaktifkan bluetooth di laptop selanjutnya adalah menggunakan menu setting yang sudah menjadi bawaan di setiap perangkat.

Pertama, klik menu windows untuk masuk ke menu setting atau mengaksesnya melalui pencarian.

Selanjutnya, cari fitur devices untuk menemukan opsi pengaturan bluetooth yang lebih lengkap.

Pada bagian bluetooth & other device terdapat tombol on dan off yang bisa digeser untuk menyalakan atau menonaktifkan.

Anda bisa menggeser tombol tersebut ke keterangan on untuk menampilkan bluetooth laptop. Lalu, hubungkan bluetooth di perangkat lain dengan paired terlebih dahulu melalui tombol connect.

Setelah perangkat terhubung, Anda bisa melakukan transfer file.

Apabila ingin menambahkan perangkat lain yang belum terhubung, pengguna bisa ketuk opsi add bluetooth or other devices.

Tampilan layar bagian bawah laptop akan muncul ikon bluetooth apabila sudah aktif.

Menggunakan Tombol Fn+Ikon Bluetooth

Menggunakan tombol Fn+ikon bluetooth merupakan cara paling mudah untuk menampilkan perangkat tersebut karena umumnya laptop sudah memiliki built in.

Pada tipe laptop tersebut, Anda bisa mencoba mengaktifkannya dengan cara menekan tombol Fn plus salah satu dari F1 hingga F12.

Apabila ingin lebih sederhana, Anda bisa melihat dimanakah letak ikon bluetooth di antara tombol F1 hingga F12. Hal ini karena tata letak dan ikon yang ada di keyboard di tiap merek laptop berbeda, sehingga Anda harus mengeceknya terlebih dahulu.

Setelah berhasil menemukannya, langsung saja tekan tombol Fn+ikon bluetooth secara bersamaan.

Berikutnya, akan muncul akan di system tray di bagian taskbar di bagian paling kanan. Apabila ikon bluetooth sudah muncul, berarti fitur tersebut sudah menyala.

Menggunakan Dongle USB Bluetooth

Satu lagi cara memunculkan bluetooth di laptop, yaitu menggunakan alat tambahan berupa dongle USB. Alat tambahan ini dibutuhkan pada laptop yang tidak dilengkapi dengan bluetooth built in.

Selain itu, dongle USB juga bisa digunakan apabila di tombol F1 hingga F12 tidak terdapat kon bluetooth.

Alat tambahan ini bisa dicolokkan ke laptop e port USB karena bentuknya menyerupai flashdisk, tetapi terdapat tambahan antena receiver.

Setelah dongle USB terpasang, maka secara otomatis bluetooth akan aktif dan ditampilkan di laptop. Selanjutnya, Anda bisa langsung mencoba untuk transfer data.

Penulis: Ikhsan Aufa
Editor: Andra

Pos terkait