Yuk Cari Tahu Cara Hack Akun Instagram dan Cara Pencegahannya

Yuk Cari Tahu Cara Hack Akun Instagram dan Cara Pencegahannya

recode.ID – Sebagai salah satu media sosial yang cukup populer, tak heran jika banyak pejahat cyber berupaya untuk mengambil alih akun IG milik orang lain. Banyak cara hack akun Instagram yang bisa mereka lakukan untuk men-take over akun dengan pengikut yang cukup banyak.

Karena itu, mengenali modus operandi para hacker ini cukup penting kalian ketahui agar kalia bisa terhindar dari aksi peretasan akun Instagram yang saat ini kian marak.

Bacaan Lainnya

Pada kesempatan kali ini redaksi recode.ID akan memberikan penjelasan bagimana cara hack akun Instagram yang biasa di lakukan oleh penjahat cyber.

Namun ingat, ini hanya sebagai pengetahuan yang akan menambah wawasan anda, bukan untuk mengajari atau menginspirasi anda untuk melakukan kejahatan digital ini.

Bagaimana Cara Hack Akun Instagram ?

Ada beberapa metode yang kerap di gunakan penjahat cyber ini untuk membobol akun IG milik kalian, beberapa diantarnya adalah:

  • Metode Password Guessing
Baca Juga :  Pelajar SMA Ini Dapat Hadiah Rp 133 Juta Dari Google Karena Temukan Celah Keamanan

Password guessing atau menebak password merupakan cara jadul namun cukup efektif. Hal ini tidak terlepas dari keteledoran pengguna yang kerap menggunakan password yang mudah ditebak, seperti tangggal lahir, nama diri, atau bahkan password standar 123456.

Biasanya metode ini akan dibarengi dengan teknik brute force, yakni hacker akan mencoba berulang kali untuk menjebol akun milik pengguna dengan menggunakan program untuk menebak password dengan kombinasi list password yang sudah disiapkan.

  • Metode Phising

Cara hack akun Instagram ini juga masih menjadi favorit bagi hacker untuk mengambil alih akun IG target. Old but Gold, sebutan ini cocok untuk metode ini karena merupakan metode jadul namun masih cukup ampuh mengelabui korban.

Cara kerjanya, hacker akan mengirimkan tautan atau link palsu ke email anda. Dimana umumnya, anda akan di minta untuk memasukan ID pengguna dan juga password.

Jika tidak waspada bisa saja anda tertipu, karena begitu anda memasukan detail username dan password maka secara otomasits hacker akan mengetahuinya.

  • Iming-iming Auto Likes dan Nambah Follower
Baca Juga :  Menurut CEO Reddit TikTok itu Parasit dan Alat Pengintai

Ini juga sering digunakan oleh hacker untuk menjerat korbannya. Dengan iming-iming bisa menambah pengikut serta mendapat like yag banyak hacker akan menjebak anda untuk mengambil alih akun IG anda.

Pasalnya, untuk menggunakan aplikasi auto likes dan auto followers, kalian diharuskan memasukan detail username dan password dimana nantinya informasi tersebut akan dikirimkan ke hacker.

  • Human Error

Terakhir sebenarnya lebih karena kecerobohan kita sendiri. Jika hacker mengetahui detail informasi terkait salah satu akun milik anda, misal hacker tahu alamat email dan password anda yang lain, maka biasanya dia akan mencoba untuk menggunakan password yang sama untuk mencoba login di akun IG anda.

Hal ini karena, umumnya kita sering menggunakan password yang sama untuk semua jenis akun. Jadi, ini merupakan keuntungan buat hacker karena bisa masuk ke akun IG anda tanpa susah payah.

Baca Juga :  Tak Sepenuhnya Sidik Jari Itu Aman, Ini Alasannya

Cara Pencegahannya

Setelah kalian mengetahui bagaimana metode cara hack akun Instagram yang sering digunakan oleh hacker maka langkah berikutnya adalah berupaya mencegah hal itu terjadi pada diri anda.

Ada beberapa langkah pengamanan yang bisa anda coba, seperti:

  • Jangan gunakan password yang mudah ditebak
  • Gunakan password yang berbeda untuk setiap akun
  • Jangan tergoda dengan iming-iming auto like dan sejenisnya. Carilah follower dengan cara yang aman
  • Jangan membuka kiriman link atau tautan yang tidak jelas. Jangan pula memasukan informasi penting terkait akun milik anda.
  • Aktifkan autentikasi dua faktor.
  • Selalu perbaharui aplikasi instagram anda
  • Jangan menggunakan aplikasi Instagram Mod atau aplikasi instagram yang sudah di modifikasi

Demikian informasi mengenai bagaimana cara hack akun Instagram yang kerap digunakan oleh hacker serta cara mencegahnya.

Sekali lagi, informasi ini hanya sebagai pengetahuan buat anda bukan untuk menginspirasi untuk anda berbuat jahat dengan mengambil alih akun IG milik orang lain.

(ikhsan)

Pos terkait