Cara Mengatasi Aplikasi PeduliLindingi Tidak Bisa Scan Barcode

Cara Mengatasi Aplikasi PeduliLindingi Tidak Bisa Scan Barcode

recode.ID – Sejumlah pengguna aplikasi PeduliLindungi mengeluhkan jika mereka tidak bisa scan barcode pada aplikasi yang mereka gunakan. Jika Anda termasuk yang mengalaminya, berikut akan redaksi jelaskan bagaimana cara mengatasi aplikasi PeduliLindingi tidak bisa scan barcode tersebut.

Seperti yang telah Anda tahu, aturan pemerintah terkait penanganan covid-19, mewajibkan seluruh masyarakat untuk menggunakan aplikasi PeduliLindungi untuk berbagai keperluan.

Penggunaan aplikasi ini sebagai salah satu syarat menikmati sarana publik, melakukan perjalanan dengan transportasi umum (darat, laut, udara), bahkan menjadi syarat untuk masuk ke pusat perbelanjaan.

Nantinya, masyarakat diminta untuk menunjukan sertifikat vaksin melalui aplikasi PeduliLindungi kemudian melakukan scan barcode untuk mengetahui informasi terkait pengguna agar bisa masuk di fasilitas umum seperti mall, halte, maupun supermarket.

Tujuan Scan Barcode Aplikasi PeduliLindungi

Tujuan di berlakukannya aturan seperti ini, menurut penjelasan pemerintah untuk dilakukan filterisasi atau penyaringan terhadap masyarakat yang beraktifitas di luar rumah.

Selain itu, cara ini untuk mengetahui apakah pengunjung memiliki kondisi yang membahayakan sehingga akan ditentukan apakah pengguna tersebut diizinkan untuk masuk suatu tempat atau tidak.

Kendati demikian, di lapangan terjadi permasalahan yang banyak dikeluhkan oleh pengguna aplikasi PenduliLindungi tersebut.

Dimana pada saat di gunakan ternyata aplikasi tersebut mengalami error yakni tidak bisa scan barcode di PeduliLindungi, tidak bisa log in, kesalahan data yang tercantum serta beberapa masalah lainnya.

Oleh karena itu, sesuai dengan judul artikel ini, berikut tim redaksi recode.ID sudah menyiapkan artikel khusus yang akan membahas bagaimana mengatai masalah-masalah yang muncul tersebut, terutama masalah tidak bisa scan barcode.

Mengatasi Aplikasi PeduliLindingi Tidak Bisa Scan Barcode

Untuk memperbaiki error yang muncul terkait pengguna yang tidak bisa scan barcode pada aplikasi peduliLindungi, ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk mengatasi masalah tersebut.

Untuk lebih jelasnya, berikut penjelasan cara mengatasi error aplikasi PeduliLindungi, apabila tidak bisa scan barcode PeduliLindungi:

  • Pastikan Internet Tersedia dan Stabil di Perangkat

Tipa pertama yang bisa Anda lakuka apabila Anda tidak bisa scan barcode PeduliLindungi, adalah dengan memastikan bahwa perangkat yang kalian gunakan terkoneksi dengan internet.

Pasalnya, aplikasi ini membutuhkan internet untuk mengakses data yang ada didalamnya. Sehingga apabil koneksi internet yang Anda gunakan yang tidak stabil atau bahkan tidak terkoneksi, akan membuat proses pemindaian QR Code (scan QR) melalui aplikasi PeduliLindungi tidak berhasil.

Solusinya, pastikan bahwa Anda telah memiliki paket data internet di perangkat yang kalian gunakan.

  • Tutup Aplikasi Lainya

Penggunaan aplikasi yang berjalan di latar belakang sistem (background) secara bersamaan pada perangkat yang Anda gunakan, hal tersebut juga bisa membuat prosesa scan barcode dengan aplikasi PeduliLindungi menjadi terganggu.

Apalagi jika perangkat yang kalian gunakan memiliki spesifikasi yang pas-pasan, ketika ada cukup banyak aplikais yang berjalan bersamaan hal itu akan berpengaruh pada proses scan QR di aplikasi PeduliLindungi.

Karena itu, sebelum Anda melakukan scan barcode PeduliLindungi, pastikan kalian tidak sedang membuka aplikasi lain selain dari aplikasi PeduliLindungi tersebut.

  • Lakukan Update Aplikasi

Bukan hanya untuk mengatasi masalah terkait tidak bisa scan barcode, proses update pada aplikasi juga berfungsi untuk mengatasi semua persoalan dan masalah-maslaah yang muncul.

Karenanya, ketika ada notifikasi untuk melakukan update aplikasi PeduliLindungi, segera perbarui aplikasi tersebut.

Bukanya hanya update aplikasinya saja, namun sistem operasi (OS) pada perangkat yang digunakan apabila tersedia update sebaiknya langsung segera di perbarui.

Proses update OS ini apabila sudah tersedia berfungsi untuk menyesuaikan spesifikasi serta sistem yang berjalan di aplikasi PeduliLindungi..

  • Hapus Cache dan File Sampah

Berjubelnya file dan juga data aplikasi yang terpasang pada perangkat yang digunakan juga bisa  menjadi pemicu aplikasi PeduliLindungi mengalami error serta tidak bisa scan barcode dikarenakan ruang penyimpanan pada perangkat semakin terbatas.

Salah satu tips yang bisa dilakukan guna melegakan kembali memori penyimpanan adalah menghapus cache serta file-file sampah yang menumpuk tersbeut..

Data cache sendiri merupakan data sementara pada sebuah aplikasi yang terinstall di perangkay dan tersimpan di memori perangkat.

Dengan semakin sering aplikasi digunakan, maka data cache otomatis akan semakin menumpuk. Karena itu, lakukan pembersihan data cache ini untuk mengembalikan kinerja dari aplikasi PeduliLindingi tersebut.

  • Keluar dan Login Kembali

Meski terlihat simple, namun faktanya tips ini cukup ampuh untuk mengatsi sejumlah masalah terkait penggunaan sebuah aplikasi pada perangkat smartphone.

Silahkan Anda logout atau keluar dari aplikasi, kemudian login kembali. Dengan cara ini biasanya aplikasi akan langsung memberi respons secara otomatis, sehingga fitur QR Code di dalamnya akan berfungsi seperti semula.

Demikian beberapa tips yang bisa Anda terapkan ketika mengalami masalah aplikasi PeduliLindingi tidak bisa scan barcode.

Semoga membantu!

Pos terkait