Begini Cara Menghitung Jarak Di Google Maps

Begini Cara Menghitung Jarak Di Google Maps

recode.ID – Salah satu fungsi Google Maps yang cukup membantu penggunanya adalah, kita bisa memperkirakan berapa jarak yang akan ditempuh sehingga bisa diketahui berapa lama waktu yang dibutuhkan. Untuk cara menghitung jarak di Google Maps, Anda bisa simak langkah-langkahnya lewat artikel yang sudah redaksi siapkan dibawah ini.

Dengan menerapkan cara ini, Anda mengetahui berapa jarak dari satu titik ke titik lain. Atau, jarak dari rumah Anda ke titik tertentu. Atau, dari kota satu ke kota lain, dan lainnya.

Tapi, pernahkah Anda menghitung jarak antar objek melalui Google Maps? Jika belum pernah dan ingin tahu bagaimana cara melakukannya, silahkan simak ulasan redaksi berikut ini untuk cara melakukannya:

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan

Panduan Cara Cek Tarif Tol Lewat Google Maps

Sebelum Anda mempelajari langkah-langkah menghitung jarak di Google Maps, ada baiknya untuk menyimak beberapa aspek penting yang perlu diperhatikan.

Hal ini bersifat dasar dan berfungsi sebagai pondasi Anda dalam melaksanakan proses penghitungan dengan lebih lancar.

Koneksi Internet

Koneksi internet yang stabil menjadi salah satu hal pokok untuk diperhatikan. Walaupun tidak terlihat bentuk fisiknya, jaringan internet akan menentukan keberhasilan penghitungan jarak di Google Maps.

Gunakan wifi untuk koneksi serta jaringan yang lebih stabil, sehingga transmisi data lebih cepat.

Pada dasarnya, koneksi internet dibutuhkan untuk memuat peta dan lokasi yang akan dihitung jaraknya. Tidak hanya itu, proses penghitungan sepenuhnya juga dilakukan oleh aplikasi yang tentunya membutuhkan jaringan internet.

Sisa Penyimpanan Internal

Aspek kedua yang tak kalah penting untuk dipersiapkan dengan baik yaitu ruang penyimpanan internal di smartphone maupun PC.

Kondisi memori internal yang mendekati penuh dapat mengurangi performa perangkat yang digunakan, sehingga memperlambat pekerjaan.

Pemahaman Arah Mata Angin

Pemahaman terhadap arah mata angin lebih ditujukan untuk mempermudah dalam membaca navigasi serta menemukan objek yang akan diukur.

Anda tidak harus memahami secara detail, akan tetapi cukup tahu arah mata angin beserta aplikasinya.

Cara Menghitung Jarak di Google Maps

Ada dua metode yang bisa dilakukan, yakni lewat perangkat smasrtphone ataupun lewat laptop atau komputer. Untuk detailnya silahkan simak lanjutan artikel dibawah ini:

  • Menghitung Jarak di Google Maps lewat Hp

Menghitung jarak di Google Maps menggunakan smartphone lebih mudah dan sederhana. Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah menyiapkan koneksi stabil dan aplikasi Google Maps.

Masuk ke aplikasi tersebut, kemudian temukan peta sesuai lokasi yang akan dihitung jaraknya.

Setelah Anda menyesuaikan peta, lanjutkan dengan menahan pada lokasi pertama yang akan diukur jaraknya. Saat menekan bagian lokasi tersebut biasanya akan muncul ikon pin merah.

Pilih menu Measures atau ukur jarak, lalu pindahkan titik hitam di peta ke lokasi selanjutnya.

Apabila lokasi kedua juga sudah ditentukan sesuai dengan keinginan, tekan tombol ‘+’ di bagian kanan bawah sebagai pengunci objek. Anda dapat mengubah jarak total sesuai dengan satuan yang diinginkan.

  • Cara Mengukur Jarak di Google Maps Via Laptop/PC

Mengukur jarak di Google Maps melalui Laptop atau PC juga cukup mudah dijalankan. Anda tidak perlu menginstal aplikasi tambahan apapun. Masuk ke dalam browser, lalu ketik https://www.google.com/maps/ di kolom pencarian.

Pada bagian kotak ‘getting around’ pilih ‘directions’ di bagian kanan kolom. Lanjutkan dengan menentukan titik awal objek atau lokasi yang akan diukur. Anda bisa mengetik di kolom pencarian atau menggeser peta.

Setelah titik ditemukan, tekan klik kanan kemudian pilih menu ‘measure distance’. Lanjutkan dengan memindahkan titik lingkaran berwarna putih ke lokasi kedua atau tujuan.

Secara otomatis, jarak akan terlihat, Anda cukup mengubah satuan ukuran jika dirasa bingung.

  • Cara menghitung Jarak di Google Maps Via Aplikasi Pihak Ketiga

Alternatif ketiga ini juga berbasis situs atau website dalam mengukur jarak antar objek tertentu. Cari situs Maps.ie pada kolom pencarian browser Anda.

Setelah berhasil masuk di dalam situs tersebut, pilih menu ‘map my route’, kemudian tentukan titik awal dengan menekan sekali pada objeknya.

Setelah titik awal terkonfirmasi, lanjutkan dengan menentukan lokasi kedua. Anda bisa menekan mouse bagian kiri sekali kemudian pindahkan ke objek kedua. Hasil pengukuran akan ditampilkan secara otomatis.

Pos terkait