Ternyata Ini Adalah Penyebab Baterai iPhone Cepat Habis

Ternyata Ini Adalah Penyebab Baterai iPhone Cepat Habis

recode.ID – Perangkat iPhone sebenarnya sudah dilengkapi dengan baterai bawaan yang tahan lama. Tetapi, karena penggunaan, terkadang tanpa disadari baterai iPhone sangat boros dan cepat habis. Apa saja penyebab baterai iPhone cepat habis ini? Berikut ini beberapa di antaranya.

Seperti kita ketahui, salah satu bagian penting dari sebuah perangkat smartphone yang jadi tolak ukur bagus atau tidaknya sebuah smarpthone adalah kemampuan daya baterainya.

Semakin awet dan tahan lama, maka membuat perangkat tersebut memiliki kualitas yang semakin bagus, termasuk pada perangkat iPhone.

Kendati demikian, faktor penguna juga terkadang mempengaruhi boros atau tidaknnya daya baterai sebuah smartphone. Kali ini, aka redaksi berikan informasi mengenai penyebab kenapa betarai hp iPhone bisa cepat habis.

Penyebab Baterai iPhone Cepat Habis

Apple Ingatkan Pengguna Jangan Isi Baterai iPhone Hingga 100%

Seperti yang redaksi kutip dari sejumlah sumber, ternyata ada beberapa penyebab yang membuat sebuah perangkat iPhone menjadi boros baterai.

Untuk lebih jelasnya, silahkan simak detail penjelasan dari masing-masing penyebab pada lanjutan artikel dibawah ini.

  • Pemberitahuan Email

Email adalah salah satu fitur yang sering digunakan oleh semua pengguna iPhone, karena fungsinya yang penting dan kompleks.

Untuk itu, mengaktifkan notifikasi email, sangat penting agar mengetahui ketika ada email baru yang masuk.

Tanpa disadari, ternyata mengaktifkan notifikasi push email ini juga menyita cukup banyak energi dari baterai iPhone.

Pada akhirnya, hal ini akan menyebabkan penurunan kinerja pada baterai, sehingga baterai menjadi cepat habis saat digunakan.

  • Layanan Lokasi

IPhone juga memiliki fitur Layanan Lokasi, yaitu fitur yang digunakan untuk mengetahui keberadaan ponsel setiap saat.

Fitur ini memang sangat berguna, karena dengan fitur ini bisa diketahui lokasi iPhone ketika sedang dibutuhkan.

Tetapi sayangnya, fitur yang satu ini juga membutuhkan energi baterai secara terus menerus. Karena fitur ini juga menggunakan layanan teknologi GPS yang nantinya diteruskan ke aplikasi dan web tertentu.

Akibatnya, iPhone akan terus bekerja, dan menyebabkan baterai cepat habis.

  • Informasi Diagnostik dan Penggunaan

Penyebab baterai iPhone cepat habis yang lainnya adalah adanya fitur Informasi Diagnostik dan Penggunaan.

Ini adalah sebuah fitur yang dimiliki iPhone berupa informasi mengenai bagaimana pengguna iPhone bisa memanfaatkan teknologi yang sudah disediakan pada perangkat iPhone.

Fitur ini juga menyerap energi yang cukup signifikan dari baterai iPhone. Ini membuat baterai iPhone menjadi sangat boros dan cepat habis.

Tetapi, fitur ini bisa dinonaktifkan dengan melakukan pengaturan pada perangkat pada penyiapan awal penggunaan iPhone.

  • Aplikasi yang Ditangguhkan

Aplikasi yang ditangguhkan lebih familiar dengan sebutan aplikasi pada layar background atau latar belakang.

Hal ini biasanya terjadi ketika pengguna menggunakan aplikasi tersebut, lalu meninggalkan atau pindah ke aplikasi lainnya tanpa menutup aplikasi terlebih dahulu.

Hal tersebut mengakibatkan latar belakang tetap berjalan dan terap dimuat dalam memori perangkat.

Keadaan ini juga membutuhkan energi baterai, yang akhirnya membuat baterai terus bekerja meskipun sebenarnya aplikasi tidak digunakan. Akibatnya, baterai menjadi cepat habis.

Koneksi Aplikasi di Background

Penggunaan satu aplikasi pada layar belakang membutuhkan energi dari baterai. Bisa dibayangkan apabila ada beberapa aplikasi yang digunakan pada saat yang bersamaan, maka membutuhkan energi dari baterai yang semakin besar pula.

Dalam keadaan ini, perangkat akan membutuhkan koneksi data untuk memperbarui informasi dan mengunduh konten-konten terbaru.

Aktivitas tersebut, mau tidak mau juga membutuhkan baterai, dan apabila terjadi terus menerus, akan menguras habis baterai.

Pemberitahuan Konstan

Hampir semua aplikasi memiliki fitur untuk mengaktifkan notifikasi atau pemberitahuan.

Fitur ini memang diperlukan, karena selain bisa memberi informasi terbaru kepada pengguna, juga untuk memberiĀ  informasi ketika terjadi sesuatu pada aplikasi.

Tetapi, fitur ini juga bisa membuat baterai iPhone menjadi cepat habis, karena perangkat akan terus bekerja, yang otomatis juga membutuhkan energi dari baterai.

Telepon Dalam Keadaan Selalu Aktif

Aktivitas yang berhubungan dengan iPhone yang tidak pernah berhenti, membuat pengguna seringkali membiarkan ponsel tetap dalam keadaan menyala.

Apalagi karena perangkat ini memang dibutuhkan setiap saat untuk menunjang kegiatan yang dilakukan.

Membiarkan iPhone terus menyala tanpa henti, juga bisa menjadi penyebab baterai iPhone cepat habis. Karena pada saat iPhone menyala, maka secara otomatis baterai tetap bekerja, meskipun ponsel tidak digunakan.

Membuat baterai iPhone bisa awet dalam penggunaan, bisa dilakukan dengan cara mengistirahatkan atau mematikan ponsel beberapa saat.

Selain itu, sebaiknya aplikasi yang tidak terlalu penting lebih baik dihapus, sehingga baterai bisa berumur panjang.

Demikian informasi dari redaksi mengenai beberapa penyebab kenapa iPhone bisa boros baterai. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda semuanya.

Pos terkait