Perbedaan VPS dan Cloud dan Mana yang Lebih Baik

  • Whatsapp
Perbedaan VPS dan Cloud dan Mana yang Lebih Baik

recode.ID – Cloud hosting dan VPS mungkin sudah tidak asing lagi. Keduanya diketahui menjadi pilihan terbaik bila ingin berpindah dari shared hosting. Setelah memahami perbedaan VPS dan Cloud maka akan lebih mudah memilih mana yang lebih baik.

Saat dihadapkan untuk memilih layanan hosting antara Cloud Hosting dan VPS Indonesia, masih banyak yang kebingungan. Kedua layanan hosting ini diketahui memiliki fitur, keunggulan, hingga fungsi yang berbeda.

Bacaan Lainnya

Lalu, mana yang sebaiknya digunakan sebagai layanan hosting Anda?

Perbedaan Pengertian VPS dan Cloud

VPS atau Virtual Private Server yang merupakan salah satu tipe lain dari web hosting adalah sebuah server virtual yang bersumber data dari satu server fisik. Nantinya masing-masing server virtual ini berjalan secara private, dengan akun yang tidak digunakan bersama pengguna lain.

Dalam pengertiannya, VPS memang mirip dengan shared hosting. Hanya saja pengguna akan mendapatkan server private tersendiri, yang didedikasikan untuk satu akun virtual. Sehingga faktor keamanan VPS lebih tinggi.

Baca Juga :  iPhone X Resmi Di Pasarkan, Habis Terjual Hanya Dalam waktu 10 Menit

Adanya server yang didedikasikan pada satu pengguna ini memungkinkan pengaturan sesuai kebutuhan. Tanpa ada keterkaitan dengan user lain. VPS bisa menggunakan sistem operasi sendiri. Sampai juga panel hosting dan apa saja aplikasi yang akan digunakan di dalam space server.

Di sisi lain, Cloud Hosting adalah hosting yang menggunakan sumber daya dari server fisik berbeda. Kluster server fisik ini terpusat dan bekerja bersama-sama.

Adanya kluster membantu ketika salah satu server bermasalah, down, maupun mati. Saat ini terjadi, server lain akan mengambil alih tugas dari server yang mati tersebut. Sehingga uptime layanan benar-benar akan maksimal.

Sistem kerja dari Cloud sebenarnya nyaris sama dengan VPS. Perbedaan VPS dan Cloud yang terbesar terletak pada penggunaan server fisik. Bila VPS memaksimalkan resource dari satu server fisik.

Sumber daya Cloud Hosting menggunakan beberapa server fisik sekaligus. Ini menjadikan Cloud bisa memiliki server virtual tidak terhingga.

Baca Juga :  Cara Daftar Indihome Lite, Satu Router untuk Dua Rumah

5 Perbedaan VPS dan Cloud Hosting

Berikut ini adalah beberapa perbedaan dari layanan VPS dan Cloud Hosting yang sebaiknya Anda ketahui sebelum memutuskan untuk memilih salah satu diantaranya:

Kebebasan Kustomisasi

Perbedaan antara keduanya yang paling menonjol merupakan kustomisasi. Salah satu karakter VPS adalah dedicated private server, maka bisa dikustomisasi sesuai kebutuhan dan keinginan. Pengguna bebas memasang dan menginstall apapun ke dalam server.

Sebaliknya Cloud Hosting tidak memiliki kebebasan dalam pengaturan kustomisasi. Konfigurasi server untuk Cloud Hosting bersifat fully managed oleh penyedia layanan.

Kemudahan Dalam Pengaturan

Kebebasan dalam kustomisasi untuk VPS menuntut user memiliki pengetahuan mengenai sistem operasi Linux dan server. Pengaturan tidak bisa dengan mudah dilakukan oleh user yang awam.

Sedangkan pengaturan Cloud justru lebih mudah. User tidak perlu memiliki kemampuan teknis khusus dalam mengoperasikan server dengan layanan ini.

Uptime Layanan Server

Karena mengambil sumber daya dari satu server fisik saja, VPS akan lebih mudah down. Terutama bisa server tersebut mengalami gangguan atau masalah. Cloud Hosting justru mengantisipasi hal ini dengan menggunakan beberapa server fisik sekaligus. Memastikan uptime layanan selalu maksimal.

Baca Juga :  Samsung Akan Buat Chips Khusus Untuk Mining Bitcoin
Performa Server

Adanya beberapa server fisik yang digunakan untuk Cloud juga memastikan performa selalu tinggi. Belum lagi user tidak perlu mencemaskan bagaimana performa server karena sudah diatur penyedia layanan.

Sedangkan secara teori, performa VPS memang tidak akan kalah. Hanya saja pada akhirnya performa server VPS tergantung pada konfigurasi yang diberikan user.

Faktor Keamanan

Sebagai private server, keamanan VPS tidak perlu diragukan. Walau bagaimana meningkatkan keamanan server VPS kembali kepada pengaturan dari user. User dapat memodifikasi sistem keamanan yang digunakan dalam server.

Keamanan Cloud hosting akan tergantung pada ketentuan dan konfigurasi dari penyedia layanan. User tidak ikut andil dalam memastikan keamanan server yang digunakan.

Memahami perbedaan VPS dan Cloud tentunya akan membantu ketika memilih yang terbaik. Kedua layanan hosting ini dianjurkan digunakan jika ingin berganti dari shared hosting.

Semoga informasi dan pembahasan di atas berguna untuk Anda dalam memilih layanan hosting terbaik.

Pos terkait