Syarat Utama Jika Ingin Install Windows 11 di Komputer/Laptop

Syarat Utama Jika Ingin Install Windows 11 di Komputer/Laptop

recode.ID – Microsoft akhirnya secara resmi merilis sistem operasi Windows 11 mereka pada Jumat (25/6/2021) kemarin. Untuk Anda yang ingin mencicipi sistem operasi ini, ada beberapa persyaratan khusus terkait perangkat komputer atau laptop yang ingin di instal dengan OS Win 11 tersebut.

Menurut penjelasan resmi dari pihak Microsoft sendiri, sebenarnya OS Windows 11 ini bisa dipasang pada perangkat dengan spesifikasi prosesor (CPU) dual core atau lebih, dengan kecepatan minimal 1 GHz. Windows 11 membutuhkan minimal RAM 4 GB, dan sisa media penyimpanan (storage) minimal sebesar 64 GB.

Meski demikian, pihak Microsoft mengisyaratkan jika untuk bisa menginstall sistem operasi besutan mereka ini perangkat tersebut harus memiliki Trusted Platform Module (TPM) versi 2.0.

Apa Itu Trusted Platform Module (TPM) ?

Menurut penejelasan yang dimuat dalam  laman website Windowsku, TPM atau Trusted Platform Module adalah modul chip dalam sebuah perangkat PC yang bertugas untuk melindungi berbagai data yang tersimpan di dalam komputer atau laptop dengan sistem enkripsi.

 

Dengan adanya fitur ini,  apabila suatu saat perangkat yang sudah menggunakan Windows 11 tersebut dicuri, maka pelaku yang tidak bertanggung jawab tersebut harus membobol sistem TPM terlebih dahulu apabila ingin membajak beragam file yang ada di dalam perangkat berbasis Windows 11 ini.

Lebih lanjut menurut penjelasan dari pihak Microsoft, fitur TPM yang terdapat pada sebuah perangkat yang akan menginstall sistem operasi Windows 11 ini diperlukan untuk melindungi komputer atau laptop pengguna dengan sistem keamanan mumpuni berbasis hardware.

“Komputer masa depan membutuhkan teknologi semacam ini untuk melindungi perangkat dari berbagai serangan siber, baik itu skala kecil maupun skala besar,” demikian penjelasan dari pihak Microsoft, sebagaimana yang redaksi kutip dari laman TomsHardware, pada Minggu (27/6/2021).

Lantas yang jadi pertanyaan banyak pengguna komputer yang ingin menjajal OS Windows 11 ini, bagaimana cara mengetahui jika perangkat mereka sudah terpasang TPM atau Trusted Platform Module?

Secara umum, perangkat komputer atau laptop dengan CPU yangdibuat pada sekitar tiga hingga lima tahun lalu, konon sudah banyak yang dibekali dengan chip tersebut.

Itu berarti jika perangkat komputer atau laptop kalian masih baru dibeli 2 atau tiga tahun lalu, dipastikan bisa menggunakan OS Windows 11 karena sudah pasti terpasang TPM atau Trusted Platform Module.

Namun demikian, guna memastikan lebih detail, para pemilik komputer atau perangkat laptop bisa mengecek sendiri apakah perangkat PC mereka dibekali TPM atau tidak.

Cara Cek TPM atau Trusted Platform Module

Untuk cara mengeceknya sendiri sebenarnya cukup mudah, silahkan ikuti panduan berikut:

  1. Seilahkan tekan kombinasi tombol “Windows” dan “R” secara bersamaan pada keyboard
  2. Atau bisa juga dengan mengetikkan kata kunci “Run” di menu Start.
  3. Selanjutnya ketik “tpm.msc” tanpa tanda petik dan klik tombol “OK”.

Nantinya akan muncul tampilan aplikasi sistem TPM Management. Selanjutnya silahkan Anda perhatikan baik-baik kolom bertajuk “Status”.

Jika pada kolom yang ditampilkan pada layar kompter kalian tersebut mengatakan “The TPM is ready for use”, maka komputer pengguna dipastikan memiliki TPM.

Namun, apabila kolom Status tadi mengatakan “Compatible TPM cannot be found”, maka perangkat komputer atau laptop yang Anda gunakan tidak dibekali dengan TPM atau chip tersebut dinonaktifkan, sehingga Windows 11 tidak akan bisa diinstall.

Penulis: Ikhsan Aufa
Editor: Andra

Pos terkait