Mangatasi Masalah di HP Vivo dengan System Repair Mode

Mangatasi Masalah di HP Vivo dengan System Repair Mode

recode.ID – Ketika ada kerusakan atau tidak bekerjanya suatu sistem/software/aplikasi pada HP Vivo, ternyata kita bisa memperbakinya sendiri secara otomatis menggunakan software bawaan dari pabrikan Vivo bernama System Repair Mode.

Ini bisa menjadi langkah awal sebelum kalian sebagai pengguna smartphone Vivo untuk membawanya ke tukang servis ketika perangkat yang kalian gunakan mengalami masalah atau error.

System Repair Mode pada smartphone besutan brand asal Tiongkok ini, memungkinkan pengguna untuk mendeteksi dan memperbaiki kerusakan pada software hanya dengan beberapa klik saja.

Dengan kata lain, cara ini berfungsi layaknya proses flashing HP, namun dengan cara yang paling aman dan juga lebih mudah.

Karena tidak semua pengguna bisa melakukan flashsing sendiri, sehingga pengguna tidak perlu lagi khawatir apabila terjadi kesalahan, seperti halnya kesalahan firmware.

Nah, pada kesempatan kali ini redaksi akan memberikan tutorial bagaimana menggunakan fitur System Repair Mode ini untuk digunakan dalam mengatasi error pada Hp Vivo milik kalian.

Jenis Error yang Bisa diatasi dengan System Repair Mode

Sebelum kita beranjak pada cara menggunakan fitur yang sangat berguna ini, sebaiknya kita kenali lebih dahulu jenis masalah atau error apa saj ayang bisa dipulihkan dengan fitur tersebut.

Beberapa jenis masalah yang kerap muncul seperti kamera smartphone tak mau terbuka krtika digunakan atau masalah yang muncul pasca melakukan update sistem pembaharuan.

Selain itu, permasalahan lainnya yang juga dapat dipulihkan dengan memanfaatkan fitur System Repair Mode ini adalah munculnya notifikasi pada kamera berupa keterangan kamera galat, dan juga masalah muncul keterangan Google Play tidak merespon.

Namun salah satu jenis masalah atau kejadian yang paling sering terjadi dan dialami oleh pengguna HP Vivo kebanyakan adalah masalah HP Vivo sering restart sendiri, bisa di atasi dengan menggunakan System Repair Mode Vivo ini, maka ponsel kalian dipastikan akan normal kembali.

Cara Menggunakan System Repair Mode

Setelah kita mengetahui manfaat atau kegunaaan dari fitur ini, serta beberapa jenis error yang bisa disembuhkan, kini kita masuk ke cara menggunakan fitur Sistem Repair Mode ini.

Cara ini bisa digunakan disemua seri Vivo, mulai dari Vivo Y53, Y91, Y81, V5, V7 plus dan beberapa tipe ponsel Vivo lainnya.

  1. Pertama, pastikan kalian memiliki koneksi Wi-Fi.
  2. Selanjutnya, silahkan matikan HP Vivo Anda
  3. Setelah perangkat benar-benar nonaktif, silahkan kalian tekan “Volume Up” dan tombol “Power” secara bersamaan, selama beberapa detik
  4. Nantinya akan muncul dilayar beberapa menu, ini dinamakan “Fastboot Mode Vivo”.
  5. Kemudian silahkan pilih pada “Recovery Mode”
  6. Kemudian pilih “System Repair”.
  7. Gunakan tombol “Volume up/down” untuk scroll dan tombol “Power” untuk enter konfirmasi pilihan
  8. Kemudian pilih opsi “Download & Install Package”
  9. Selanjutnya, perangkat akan mendeteksi jaringan internet Wi-Fi kalian dengan  “Scanning WiFi”
  10. Setelah terdetaksi, silahkan masukkan password WiFi apabila jaringan WiFi terpassword
  11. Lalu pilih “Download” dan kemudian “Install”
  12. Silahkan konfirmasi untuk mengunduh firmware
  13. Tunggulah beberapa waktu hingga proses unduhan firmware Vivo selesai
  14. Silahkan anda install dan HP Vivo akan melakukan reboot sendiri
  15. Selesai.

Bagaimana cukup mudah kan? cara ini terbukti cukup ampuh untuk mengatasi berbagai masalah yang kerap timbul di perangkat Vivo yang kalian gunakan.

Sebagai catatan, pastikan kondisi daya baterai kalian dalam kondisi terisi penuh atau setidaknya sekitar 80% ketika akan melakukan proses perbaikan dengan System Repair Mode ini.

Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Penulis: Ikhsan Aufa
Editor: Andra

Pos terkait