oleh

Tips Amankan Akun WhatsApp Dari Peretasan Yang Sedang Marak

recode.IDTips Amankan Akun WhatsApp Dari Peretasan Yang Sedang Marak – Dalam beberapa waktu belakangan ini, pengguna WhatsApp di tanah air di hebohkan dengan berita maraknya aksi peretasan yang memanfaatkan fitur ganti nomor di platform Instant Mesengger terpopuler itu.

Nomor ponsel yang didaftarkan dan dipakai sebagai identitas dalam aplikasi WhatsApp diketahui bisa diambil alih oleh orang lain. Tak seperti kasus peretasan yang menggunakan metode atau teknik canggih, para penipu ini cukup memanfaatkan fitur ganti nomor atau change number yang tersedia di layanan WhatsApp.

Di Sponsori Oleh:

Ketika seseorang me-request untuk pergantian nomor ke nomor baru, maka secara otomatis sistem di WA akan mengirim link atau tautan ke nomor lawas untuk konfirmasi.

Begitu link atau tautan yang masuk ke akun no lawas itu diklik, maka otomatis korban pengguna nomor lama tersebut bakal kehilangan akses WhatsApp, seperti akses grup, admin grup, profil, hingga kontak teman-teman korban secara otomatis beralih ke nomor baru yang sudah di kuasai oleh penipu.

Lalu, bagaimana menghindarkan diri dari aksi peretasan dan penipuan semacam ini ?, Pakar Keamanan Cyber Alfons Tanujaya dari VaksinCom berbagi beberapa tips agar pengguna terhindar dari aksi pencurian akun WhatsApp ini.

Tips Amankan Akun WhatsApp Dari Peretasan Yang Sedang Marak

Untuk tips amankan akun whatsapp, Alfons menyarankan agar pengguna layanan tersebut untuk selalu waspada jika WhatsApp mengirimkan link atau tautan verifikasi yang masuk ke akun WA tanpa adanya permintaan ganti nomor dari anda sendiri.

“User jangan mudah mengeklik link verifikasi ganti nomor. Karena sekali klik, artinya pengguna sudah setuju untuk mengubah nomor WhatsApp mereka ke nomor baru,” Jelas Alfons.

Jika anda tidak merasa telah mengganti nomor telepon ke nomor baru, maka sebaiknya abaikan saja berbagai sms, tautan atau pemberitahuan yang masuk ke akun anda, meskipun pesan ini berasal dari pihak WhatsApp.

Selain itu, pengguna juga di minta untuk tak mudah percaya terhadap kiriman pesan yang mencurigakan yang masuk masuk ke akun anda, bahkan jika pesan itu berasal dari teman atau keluarga anda.  Misalnya ada yang mengirimi anda pesan untuk meminjam uang, atau hal lainnya. Jika ragu, pastikan anda menelpon teman anda untuk memastikan.

“Pengguna WhatsApp lain jangan mudah percaya kalau ada yang minta dikirimi uang. Jangan sampai yang niatnya membantu malah jadi korban juga,” kata Alfons mewanti-wanti.

Aktifkan Fitur Two-Factor-Authentication

Sedangkan pengamanan dari sisi perangkat, Alfons juga menyarankan agar pengguna mengaktifkan fitur keamanan bernama Two-Factor-Authentication guna mengamankan akun whatsapp anda dari aksi peretasan.

“Di WhatsApp ada fitur Two-Factor-Authentication. Artinya, setiap ganti nomor, untuk masuk ke nomor baru pengguna harus memasukkan PIN. Nah, kalau lupa PIN itu, akun WhatsApp-nya hilang,” jelas Alfons.

Dengan mengaktifkan fitur keamanan tersebut, ketika ada pihak tak bertanggung jawab mencoba mengambil alih nomor telepon, mereka akan kerepotan, karena pengguna baru diharuskan untuk memasukan PIN yang hanya anda sendiri yang tahu kombinasi PINnya.

Untuk tips amankan akun whatsapp dengan mengaktifkan fitur Two-Factor-Authentication ini, berikut panduannya:

  • Silahkan masuk ke aplikasi whatsapp anda
  • Kemudian klik 3 titik yang ada sudut kanan atas
  • Lalu pilih menu settings/setelan.
  • Kemudian pilih menu Akun, lalu klik menu Verifikasi dua langkah lalu aktifkan
  • Masukan 6 digit angka untuk PIN anda dan pastikan anda mengingatnya dengan baik.
  • Masukan kembali 6 digit angka untuk konfirmasi.
  • Tambahkan alamat email anda yang aktif dan bisa di akses guna membackup data, siapa tau anda lupa dengan PIN anda di kemudia hari.
  • Masukan sekali lagi email anda untuk konfirmasi.
  • Akun anda kini sudah aman karena terlindungi dengan fitur Two-Factor-Authentication

Dengan aktifnya fitur Two-Factor-Authentication tersebut, maka akun whatsapp anda dijamin akan aman dari aksi peretasan yang memanfaatkan fitur ganti nomor atau change number tersebut. Selamat Mencoba !.

(azzahra)

Silahkan Download Aplikasi Baca Berita recodeApps Melalui Google Play Store Untuk Akses Berita Lebih Cepat Di Smartphone Android Anda.


Topik Menarik Lainnya